Sukses

Chip Tercepat Intel Akan Hadir di Superkomputer Tahun Depan

Xeon Phi Chip, dengan kode nama Knights Landing, menawarkan berbagai teknologi baru dan peningkatan performa.

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada sedikit keterlambatan, versi terbaru dari prosesor tercepat Intel yang pernah ada akhirnya akan mendarat di superkomputer pada awal tahun depan.

Adalah Xeon Phi Chip, dengan kode nama Knights Landing, menawarkan berbagai teknologi baru yang memberikan terobosan dan peningkatan performa. Chip tersebut juga menjadi batu loncatan untuk memori baru, I/O dan teknologi penyimpanan, yang dirancang untuk terpasang di desktop dan laptop di tahun-tahun mendatang.

Intel tidak memberikan detail tentang superkomputer pertama yang dibekali Knights Landing. Namun Departemen Energi Amerika Serikat mengatakan, pihaknya akan memasang chip tersebut ke Cori, superkomputer 9300 inti, yang akan dipamerkan di paruh kedua 2016, di National Energy Research Scientific Computing Center di Berkeley, California.

Menurut informasi yang dikutip dari CIO, Selasa (17/11/2015), Charlie Wuischpard, wakil presiden Data Center Group dan general manager kelompok HPC di Intel mengungkapkan, lebih dari 50 produsen akan mengirimkan sistem yang menggunakan Knights Landing.

Xeon Phi Chip digunakan di superkomputer tercepat di dunia, dengan kode nama Tianhe-2, yang dipasang di Cina. Knights Landing akan menjadi suksesor versi terbaru dari Xeon Phi, dengan kode nama Knights Corner, yang memiliki 61 inti.

Seperti pendahulunya, Knights Landing akan menjadi co-processor bersama CPU dan membantu dalam perhitungan yang rumit. Namun, Knights Landing berbeda dalam desain dari prosesor grafis seperti Nvidia Tesla, yang digunakan untuk tujuan yang sama.

Tujuan penggunaan superkomputer semacam itu telah berubah selama bertahun-tahun, dan itu merupakan salah satu dari banyak cara baru untuk mendapatkan yang terbaik dari mesin dengan performa tinggi. Dikatakan Wuischpard, Intel menyediakan perangkat lunak dan alat-alat jaringan lainnya untuk membantu dalam beban kerja tersebut.

(why/dew)