Sukses

Untuk Meloloskan Diri, Cacing Laut Lepaskan "Bom"

Untuk meloloskan diri dari ancaman, beberapa hewan memiliki metode unik. Dalam kasus cacing laut swima bombiviridis, sebuah "bom" bercahaya dalam gelap akan lepas dari tubuh untuk mengecoh sang pemangsa.

Liputan6.com, California: Berbagai cara dilakukan hewan agar dapat keluar dari situasi berbahaya. Dalam beberapa kasus, sejumlah satwa memiliki metode unik untuk meloloskan diri dari ancaman, seperti contohnya spesies baru cacing laut, swima bombiviridis. Cacing yang hidup di laut dalam ini akan mengeluarkan sejenis "bom" yang menyala dalam gelap untuk mengecoh pemangsa.

"Kami pikir cacing-cacing itu menggunakan bom kecil untuk lolos dari pemangsanya," ujar Karen Osborn, kepala peneliti Institut Oseanografi Scripps di La Jolla, California, Amerika Serikat.

Ia menduga bom bercahaya tersebut adalah bagian dari sejenis insang pada cacing. Osborn menambahkan taktik melarikan diri seperti ini mirip dengan salah satu jenis cumi-cumi dan bintang laut. Dalam keadaan terdesak, kedua spesies itu akan melepas satu lengannya untuk menghindari bahaya.

Seperti diwartakan Livescience, Osborn dan timnya menemukan swima bombiviridis di lepas pantai Filipina, belum lama ini. Dalam jurnalnya Osborn menjelaskan bahwa cacing tersebut bergerak dengan menggunakan bulu-bulu halus mirip sisir di tubuhnya. Kebanyakan spesies ini hidup di kedalaman 3.000 meter. Namun ada pula yang berenang di kedalaman 1.900 meter.

"Kami percaya masih banyak lagi spesies seperti ini jika kami menyelam lebih dalam," kata Osborn. Lewat penemuan ini ia mengatakan bahwa misteri spesies laut dalam perlu lebih banyak dipelajari.(AND)