Sukses

Orang Indonesia Makin Doyan Pakai Smartphone Selfie

Momen ini dimanfaatkan sejumlah vendor untuk merilis smartphone dengan kamera selfie khusus, seperti Oppo dan Vivo.

Liputan6.com, Jakarta - Kamera kini dianggap sebagai salah satu fitur utama smartphone yang masuk ke dalam prioritas penggunanya. Maka tak heran, banyak vendor meluncurkan smartphone dengan kamera beresolusi ciamik.

Sebut saja Oppo dan Vivo, yang mana keduanya tengah gencar merilis smartphone khusus untuk pecinta selfie.

Lini smartphone selfie-nya, F1s dan V5, memiliki kamera depan dengan resolusi tak tanggung-tanggung. Oppo membenamkan kamera depan dengan resolusi 16MP untuk F1s, sedangkan Vivo memiliki kamera depan beresolusi 20 MP.

Indonesia pun dinilai cukup agresif di mana mayoritas pengguna ternyata suka memakai smartphone selfie. Hal tersebut diakui oleh Kenny Chandra, Product Manager Vivo Indonesia.

Ia mengatakan, selfie memang tengah menjadi tren yang tak terelakan. Karena itu, ini merupakan momentum yang tepat bagi Vivo untuk mendobrak pasar dengan meluncurkan smartphone yang dibutuhkan konsumen kebanyakan.

Selfie kini digandrungi masyarakat Indonesia. Cuma kita belum tahu kapan tren ini akan terus bertahan. Namun sampai detik ini, berdasarkan survei kami, smartphone dengan kamera selfie masih diminati di Indonesia,” ujar Kenny saat ditemui Tekno Liputan6.com di sela-sela acara peluncuran Vivo V5 Edisi Space Grey dan Rose Gold di Glass House Ritz Carlton Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Kenny pun tak menampik jika permintaan untuk smartphone selfie semakin meningkat. Pihaknya mengaku akan terus berinovasi pada hal tersebut.

“Untuk saat ini, Vivo memang berfokus pada dua fitur unggulan: musik dan kamera, demand kedua itu masih sangat tinggi,” ia melanjutkan.



Ketika ditanya apakah Vivo memiliki rencana untuk menggandeng vendor kamera seperti yang dilakukan Huawei dengan menggandeng Leica untuk P9, ia menjawab bisa saja ada kemungkinan tersebut, meski ia masih mengatakan jauh dari kata siap.

“Bisa saja kami menggandeng vendor kamera untuk smartphone selfie Vivo berikutnya, tapi kami belum bisa bilang apa-apa dulu,” pungkasnya.

Sekadar informasi, selain hadir dengan kamera depan 20MP, V5 juga memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi HD 720p serta memiliki desain kaca 2,5D.

Untuk dapur pacu, smartphone ini disokong Qualcomm Snapdragon 652 dengan octa-core 64 bit 1,8 GHz, RAM 4GB, dan kapasitas penyimpanan internal 32GB yang bisa diekspansi ke microSD hingga 128GB.

Smartphone dengan berat 154 gram ini juga telah dibekali baterai berkapasitas 3000mAh, berjalan dengan OS Android Marshmallow, dan sistem antarmuka FunTouch OS 2.6. Soal harga, V5 dilego Rp 3,5 juta.

(Jek/Isk)