Sukses

Xiaomi Mi MIX 2S Ikut Program Android P Developer Preview

Xiaomi mengumumkan smartphone flagship terbarunya, Mi MIX 2S, sebagai bagian dari program Android P Developer Preview.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi mengumumkan smartphone flagship terbarunya, Mi MIX 2S, sebagai bagian dari program Android P Developer Preview.

Mulai Selasa (8/5/2018), developer bisa mengunduh Android P versi preview yang dibuat khusus untuk diuji pada Xiaomi Mi MIX 2S.

Hal ini bisa dilakukan berkat Project Treble, yang benar-benar memisahkan partisi ROM dari modifikasi OEM, sehingga mempersingkat waktu untuk pembaruan OTA (Over The Air). Android P versi developer preview ini ditujukan bagi para developer agar dapat menguji dan mengembangkan aplikasi untuk Android P.

"Xiaomi hari ini mengumumkan partisipasinya dalam program Android P Developer Preview. Ini memberikan kesempatan bagi developer dan pengguna awal untuk mencoba versi terbaru Android pada Mi MIX 2S, sehingga mereka bisa mencoba fitur baru, menguji aplikasi yang dikembangkan, serta memastikannya berfungsi di Android P," ungkap Xiaomi, seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (9/5/2018).

Bagi pengguna Mi MIX 2S, bisa mengunduh versi developer preview itu di sini. Software ini memakan ruang penyimpanan sebesar 1,4GB.

Sebaiknya pengguna biasa Mi MIX 2S tidak bisa mengunduh versi Android P ini, karena masih ada beberapa isu pada versi preview. Selain itu, juga ada sejumlah hal teknis yang harus dilakukan dan tidak diketahui pengguna biasa.

Sejumlah masalah atau bug, antara lain Play Music mengalami crash ketika mencoba mengakses musik, video tidak responsif, UI untuk mode landscape bermasalah, serta fitur Phone hang ketika mencoba mengakses voicemail.

Xiaomi Mi MIX 2S merupakan salah satu perangkat yang memenuhi syarat untuk versi developer preview dari Android P. Smartphone ini sudah tersedia di Tiongkok dengan harga berkisar US$ 520 dan akan segera dijual di sejumlah pasar lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Android P Beta

Android P merupakan versi terbaru Android, tapi saat ini masih dalam versi beta. Menurut VP Engineering Android, Dave Burke, Android P mengusung tiga tema utama, yakni cerdas, sederhana dan sangat digital.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa fitur anyar Androd P, berikut beberapa rangkumannya seperti dikutip dari Venture Beat, Rabu (9/5/2018):

Salah satu fitur yang diperkenalkan Google untuk Android P adalah App Actions. Fitur ini memungkinkan Android memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh pengguna.

Tak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan developer meningkatkan kemampuan aplikasinya, termasuk membuat konten lebih mudah diakses. Hal ini membuat pengguna dapat melakukan sejumlah tindakan lebih cepat.

Fitur ini berlaku di sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, dan launcher Android. Nantinya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan pengguna.

Android P juga hadir dengan fitur bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search, termasuk Google Assistant.

Rencananya, fitur ini akan rilis di Google Search pada pertengahan tahun, sedangkan di Google Assistant pada akhir 2018.

Android P kini juga tampil dengan sistem navigasi baru. Burke menyebut sistem ini menawarkan cara lebih cepat untuk mengakses Android. Dalam sistem anyar ini, Android P tampil dengan satu tombol Home dan mengandalkan navigasi berbasis gerakan, mirip pada iPhone X.

Google memang masih menyertakan tombol Back, tapi dalam pengaturan bawaan, tombol tersebut disembunyikan. Untuk membuka multitasking, misalnya, pengguna cukup menggeser tombol Home ke bagian samping.

Kali ini, Google juga menghadirkan Android Dashboard, alat yang memungkinkan pengguna mengelola waktu yang dihabiskan saat menggunakan aplikasi.

Fitur ini akan menampilkan waktu yang dihabiskan pengguna, selama mengakses ponsel dan memberikan notifikasi ketika dirasa sudah terlalu lama.

3 dari 3 halaman

Xiaomi Mi MIX 2S

Adapun Mi MIX 2S merupakan smartphone flagship baru Xiaomi yang dirilis di Shanghai, Tiongkok, pada Maret 2018. Smartphone ini hadir dengan tiga varian RAM dan memori internal, yakni 8GB/256, 6GB/128GB dan 6GB/64GB. Penjualan perdana di gelar di Tiongkok pada awal April 2018.

Smartphone ini memiliki layar FHD+ 5,99 inci dengan rasio aspek 18:9, yang disebut oleh Xiaomi sebagai "Full Screen Design 3.0". Spesifikasi lainnya termasuk prosesor andalan terbaru Qualcomm, Snapdragon 845, GPU Adreno 630, dan MIUI 9 berbasis pada Android Oreo 8.1.

Xiaomi dilaporkan akan merilis Mi MIX 2S di luar pasar Negeri Tirai Bambu dalam waktu dekat ini. Namun, belum ada informasi tentang rencana kehadirannya di pasar Indonesia.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.