Sukses

Cara Ubah Video ke Format GIF secara Online, Mudah dan Praktis

Berikut cara convert video ke format GIF secara online. Hasil video makin keren.

Liputan6.com, Jakarta - GIF atau Graphics Interchange Format atau yang biasa dikenal orang dengan gambar animasi telah banyak digunakan di situs web dan jejaring sosial selama bertahun-tahun. GIF merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. 

GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana

Saat ini GIF juga bisa menjadi alat yang sangat berguna ketika ingin menunjukkan suatu ekspresi secara visual. GIF dapat menjadi pengganti stiker atau emotikon saat berkirim pesan atau berjejaring sosial.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan yang memungkinkan Anda mengirim GIF pada pesan Anda. GIF biasanya berupa semacam gambar lucu atau potongan video bergerak yang telah dikonversi menjadi format GIF.

WhatsApp mungkin menyediakan banyak pilihan GIF untuk membuat aktivitas berkirim pesanmu lebih seru dan menyenangkan. Namun sebenarnya kamu dapat membuat GIF sendiri dari video-video yang kamu miliki di galeri penyimpananmu.

Kamu hanya perlu mengonversi format videomu ke format GIF. Tak perlu menggunakan software atau aplikasi di komputer maupun ponsel. Kamu dapat mengkonversi video ke format GIF secara online melalui berbagai situs. Situs-situs ini dapat di akses secara gratis dan kamu akan dengan mudah mengonversi video ke format GIF.

Berikut cara convert video ke format GIF secara online dilansir Liputan6.com dari Tech Viral  Senin(18/2/2019) :

2 dari 3 halaman

Melalui situs Giphy

Giphy adalah salah satu situs terkenal dan paling populer di mana pengguna dapat memperoleh banyak GIF animasi. Tidak hanya itu layanan pada Giphy telah diintegrasikan ke dalam aplikasi WhatsApp untuk berbagi GIF dengan keluarga dan teman-teman.

Tetapi di samping itu, Giphy juga menawarkan alat konversi online gratis.  Dengan Giphy kamu dapat dengan mudah mengkonversi video menjadi GIF secara instan tanpa menginstal apa pun di komputer atau ponselmu.

-  Pertama-tama untuk melakukan ini, kamu hanya perlu pergi ke situs Giphy https://giphy.com/create/gifmaker

- Lalu kamu cukup drag atau masukkan video yang ingin dikonversi menjadi GIF.

- Setelah itu kamu dapat mengatur durasi dan kecepatan GIF sesuai keinginanmu. Kamu juga dapat menambahakan tulisan atau hiasan lain pada GIF buatanmu.

- Setelah itu klik tombol Upload to GIPHY maka GIF buatanmu akan dibuat.

3 dari 3 halaman

Melaui Situs EZGIF

EZGIF adalah salah satu situs web terkenal yang pada dasarnya dirancang untuk mengubah video menjadi GIF dan sebaliknya. Karenanya, selain mengubah video menjadi GIF, situs ini juga dapat mengedit secara sederhana sebuah video seperti mengatur ulang ukuran video, memotong atau mengatur kecepatan video.

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke situs web ezgif.com

- Di sini terdapat dua pilihan konversi seperti mengonversi Video ke GIF atau GIF ke Mp4. Pilih opsi Video to GIF.

- Setelah itu secara otomatis kamu akan melihat tampilan layar di mana kamu dapat memilih video yang akan dikonversi menjadi GIF atau menempelkan URL video jika video tersebut berasal dari platform online.

- Masukkan video yang akan kamu konversi ke format GIF lalu klik tombol Upload Video. Secara otomatis video akan terkonversi.

- Kamu dapat atur sendiri ukuran GIF yang kamu buat.

Perlu diketahui platform pembuat GIF yang terkenal seperti Giphy dan EZGif juga memiliki batasan ukuran video yang di unggah. Pastikan video yang kamu unggah tidak lebih dari 100 MB ukurannya. Jika melebihi 100 MB kamu bisa mengecilkan atau memotongnya terlebih dahulu agar dapat di upload ke dalam situs ini.

Video Terkini