Sukses

Membedah Kamera Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus

Berikut ini adalah beragam kemampuan dan fitur terbaru dari kamera Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus.

Liputan6.com, San Fransisco - Sama seperti sebelumnya, Samsung kembali menawarkan kemampuan kamera yang mumpuni di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus. Oleh sebab itu, perusahaan asal Korea Selatan tersebut melakukan sejumlah pembaruan di smartphone anyar ini.

Salah satunya adalah untuk kali pertama Samsung menghadirkan tiga kamera belakang untuk Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus. Menurut Mobile Product Strategy and Marketing Samsung, Suzanne De Silva, kamera smartphone ini menawarkan kemampuan setingkat profesional.

Sekadar informasi, tiga kamera belakang yang ada di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus adalah lensa ultra wide beresolusi 16MP yang mampu menangkap hingga 123 derajat, lensa wide-angle beresolusi 12MP, dan lensa telephoto beresolusi 12MP.

"Lensa Ultra Wide begitu mengagumkan. Dengan lensa ini, apa yang dilihat mata manusia sama dengan hasil foto yang ditampilkan. Hadirnya lensa ini mengubah fotografi landscape," tuturnya saat peluncuran Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus di San Fransisco, Amerika Serikat (21/2/2019).

Sementara untuk lensa Telephoto mendukung kemampuan 2x optical zoom dan 10x digital zoom. Untuk lensa 12MP wide angle, Samsung kembali menghadirkan kemampuan dual aperture dengan lensa bukaan f/1.5 dan f/2.4 yang dapat berubah secara otomatis sesuai kebutuhan.

Peningkatan juga dilakukan dari sisi fitur untuk mendukung hasil pengambilan gambar. Hal ini tidak lepas dari dukungan hardware Galaxy S10 yang kini dipersenjatai Neural Processing Unit (NPU) generasi terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Scene Optimize

Suzanne menuturkan fitur scene optimizer di Galaxy S10 kini bisa mengenali dan memproses pengaturan secara lebih akurat. Saat ini, scene optimizer bisa mengenali 30 scene berbeda, naik dari 20 scene di Galaxy Note 9.

Tidak hanya itu, kemampuan Live Focus juga ditingkatkan untuk memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi hasil foto dengan efek artistik. Perlu diketahui, Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus menggunakan metode berbeda untuk menjalankan fitur ini.

Khusus untuk Galaxy S10 Plus, fitur ini didukung dengan kehadiran dua kamera depan. Sementara Galaxy S10 memanfaatkan kemampuan NPU untuk menjalankan fitur ini.

Dari sisi perekaman video, Samsung juga melakukan perbaikan dengan kehadiran fitur Super Steady yang pertama di smartphone. Kehadiran fitur ini menawarkan stabilisasi video tiga kali lebih baik dari teknologi konvesional.

"Baik kamera depan dan belakang dapat merekam video berkualitas UHD, sedangkan kamera belakang mampu merekam video hingga HDR 10+, menjadi yang pertama di industri," tutur Suzanne menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Samsung Galaxy S10, S10 Plus, dan S10e Resmi Meluncur di San Francisco

Samsung akhirnya mengumumkan seri flagship Galaxy S10 di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada Rabu (20/2/2019) atau Kamis (21/2/2019) dini hari, waktu Indonesia.

Perusahaan memyuguhkan serangkaian peningkatan performa untuk lini Galaxy S10, yang kehadirannya sekaligus menandai 10 tahun seri flagship tersebut.

Samsung untuk pertama kalinya, menghadirkan tiga varian dari seri flagship Galaxy. Ketiganya adalah Galaxy S10 Plus, Galaxy S10, dan Galaxy S10e.

Dari ketiganya, hanya Galaxy S10 Plus dan S10 yang memiliki fitur pemindai sidik jari di dalam layar. Fitur keamanan baru ini menggunakan sensor sidik jari ultrasonic. Samsung mengklaim teknologi baru ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

"Samsung selalu berupaya mendorong inovasi melampaui batas. Karenanya, kami menghadirkan smartphone dengan user interface yang lebih intuitif, keamanan yang lebih baik, performa lebih cepat, layar lebih besar. Ladies and Gentleman, perkenalkan Galaxy S10 Plus," tutur President of Samsung Electronics DJ Koh saat peluncuran Galaxy S10. 

(Din/Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.