Sukses

Cara Mengedit Video di Laptop yang Mudah, Cocok Buat Pemula

Untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat video yang menarik diperlakukan proses editing.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini video menjadi sebuah media yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan bermedia sosial. Video menjadi salah satu konten yang paling digemari warganet secara global, termasuk Indonesia. Video bahkan menjadi mata pencaharian baru bagi kaum milenial untuk meraup untung dari konten video garapan mereka.

Video juga telah menjadi senjata baru untuk marketing sebagai brand communication strategy. Untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat video yang menarik, banyak pengembang berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi edit video.

Kalau kamu berpikir mengedit video seperti itu merupakan hal yang susah, kali ini buang jauh-jauh pikiran itu. Berikut cara mengedit video di laptop yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengedit Video di Laptop dengan Adobe Premier Pro

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi pengedit video yang tersedia bagi pengguna OS, Windows dan Linux. Jika kamu ingin memulai karir sebagai video editor atau mungkin Vlogger yang menuntut kemampuan untuk menyunting video maka kamu perlu mempertimbangkan menggunakan aplikasi ini untuk pekerjaan sehari-hari. Cara mengedit video di laptop ini tidak terlalu sulit, berikut caranya :

1. Buka Software dan Atur Project

Cara mengedit video di laptop untuk memulai penyuntingan video kamu terlebih dahulu harus menentukan output atau jenis video apa yang ingin dihasilkan.

· Pertama, buka Adobe Premiere Pro lalu klik ‘Create New Project’.

· Cara mengedit video di laptop selanjutnya pop up jendela baru muncul dan digunakan untuk memberikan nama file dan memilih lokasi penyimpanan. Lalu pop up jendela baru akan muncul yang berisikan jenis video yang akan kamu hasilkan. Kamu dapat memilih beragam jenis, misalnya khusus untuk mengunggah di YouTube akan tersedia beragam format khusus YouTube. Paling standar disarankan memilih ‘DSLR 1080p’ bila kamu merekam menggunakan DSLR. Dengan resolusi ini kamu dapat menghasilkan video yang bagus.

· Beri nama sequence. Terakhir klik ‘OK’.

2. Memindahkan File

Langkah berikutnya dari cara mengedit video di laptop adalah kamu perlu memindahkan file video dan audio pada panel “Project” dengan cara menggeser file dari komputer ke kolom tersebut. Setelah semua file ada di panel tersebut kini kamu bisa melakukan proses penyuntingan. Sebelumnya, sangat menyarankan kamu untuk memberikan nomor atau tanda susunan video dan audio. Ini sangat membantu kamu dalam proses penyuntingan. Karenanya buatlah storyboard atau outline cerita yang jelas.

 

3 dari 4 halaman

Proses mengedit video

3. Proses Penyuntingan

Untuk melakukan proses penyuntingan, geser file dari panel ‘Project’ ke panel ‘Sequence’. File video yang diletakkan di panel tersebut akan mengandung dua format, yaitu video dan audio. Bila kamu menggunakan audio eksternal maka bisa pindahkan audio di kolom audio 1 dengan menghapus audio bawaan. Caranya:

· Klik kanan pada file di ‘Sequence’ lalu pilih ‘Unlink’. Otomatis file video dan audio akan terpisah dan dapat kamu delete dengan klik audio 1 dan tekan ‘delete’ di keyboard.

Di bagian squence ini, kamu bisa memotong adegan demi adegan. Caranya:

· Klik ‘C’ di keyboard dan lalu tekan enter di keyboard pada adegan yang ingin kamu potong.

· Hapus bagian yang tidak ingin digunakan.

· Lakukan ini terus menerus lalu satukan adegan demi adegan. Hal ini berlaku pula pada file audio. Pastikan kamu memutar preview terus menerus agar menghindari ada video atau audio yang belum masuk atau tidak sinkron satu sama lain.

4. Rendering

Jika video telah kamu sunting dan menjadi cerita yang utuh. Maka saatnya melakukan proses rendering. Berbeda dengan file edit foto yang hanya tinggal ‘Save As’ saja, untuk menghasilkan video panjang diperlukan proses penyatuan yang dikenal dengan istilah render. Proses ini memakan waktu cukup panjang tergantung dari durasi dan kualitas konten yang ingin dihasilkan. Semakin rumit proses pengeditan niscaya proses rendering akan bisa berjam-jam. Pastikan komputer atau laptop kamu memadai juga. Cara rendering:

· Klik ‘File’ yang terletak di pojok kiri atas.

· Selanjutnya pilih ‘Export’ dan ‘Media’.

· Pop up jendela pengaturan akan muncul. Kamu akan diminta mengatur format video (.mp4, .avi, .3gp, dsb). Jika ingin menghasilkan kualitas terbaik centang pilihan ‘Use Maximum Render Quality’.

· Bila sudah yakin dengan pengaturan silahkan klik ‘Export’. Maka proses rendering akan berjalan. Tunggu sampai 100%.

4 dari 4 halaman

Keyboard Shortcuts Adobe Premier Pro

Cara mengedit video di laptop untuk mempermudah dalam mengedit. Berikut ini beberapa keyboard shortcuts yang dapat kamu digunakan:

· Project: CTRL+ALT+N (Windows) ; Opt+Cmd+N (Mac)

· Sequence: CTRL+N (Windows) ; Cmd+N (Mac)

· Open Project: CTRL+O (Windows) ; Cmd+O (Mac)

· Close Project: CTRL+SHIFT+W (Windows) ; Control+Cmd+W (Mac)

· Save: CTRL+S (Windows) ; Cmd+S (Mac)

· Save as: CTRL+SHIFT+S (Windows) ; Control+Cmd+S (Mac)

· Undo: CTRL+Z (Windows) ; Cmd+Z (Mac)

· Redo: CTRL+SHIFT+Z (Windows) ; Shift+Cmd+Z (Mac)

· Cut: CTRL+C(Windows) ; Cmd+C (Mac)

· Paste: CTRL+V(Windows) ; Cmd+V (Mac)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini