Sukses

Ditemukan, Spesies Baru Kepiting Berwarna Ungu

Empat spesies baru ditemukan di Pulau Palawan, Filipina. Salah satu spesies yang paling unik adalah kepiting berwarna ungu cerah.

Liputan6.com, Manila: Empat spesies baru ditemukan di Pulau Palawan, Filipina. Salah satu spesies yang paling unik adalah kepiting berwarna ungu cerah. Selama ini, dalam dunia fauna belum pernah ditemukan kepiting berwarna glamor seperti hewan penjepit itu. 
 
National Geographic melaporkan, kepiting dengan nama latin Palawanese Insulamon itu menggunakan warna unik untuk mengidentifikasi komunitasnya. Senada dengan hal itu, Ilmuwan Museum Zoologi Dresden, Jerman yaitu Hendrik Freitag menambahkan, warna adalah cara bagi kepiting untuk menjalin hubungan sosial. Menurut Freitag, warna ungu kemungkinan adalah hasil dari sebuah evolusi yang tak disengaja.
 
"Kini, kami telah menemukan bahwa kepiting dapat membedakan warna sebagai perilaku sosial. Seperti misalnya untuk menjalin suatu hubungan, kepiting harus melihat terlebih dahulu warna pasangannya," kata Freitag.(TheSideShow/AIS)