Sukses

File Foto dan Video dari WhatsApp Habiskan Memori di Smartphone? Ini Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah tips agar ruang memori smartphone tak penuh dengan foto dan file dari WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kini jadi bagian penting dari kehidupan penggunanya.

Bagaimana tidak, WhatsApp dipakai oleh miliaran orang di dunia karena aplikasinya sederhana dan menghadirkan tampilan antarmuka yang mudah dipakai untuk berkomunikasi.

WhatsApp pun terus menghadirkan berbagai fitur baru guna meningkatkan pengalaman pengguna. Pengguna juga tetap bisa menonton video YouTube saat sedang chatting dengan pengguna lain.

WhatsApp juga memiliki kemampuan berbagi gambar, video, dan file audio. Pengguna juga bisa memilih untuk menyimpan segala file foto dan video yang diterima ke galeri smartphone.

Seringkali, WhatsApp juga dipakai untuk bahan guyonan antara pengguna dengan teman-teman dengan mengirim meme atau foto lucu. Semuanya langsung tersimpan ke memori smartphone.

Nah, kalau hal ini terjadi berulang-ulang, ruang penyimpanan smartphone pun jadi penuh dan pada galeri, tampilan foto-foto tersebut bisa terlihat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Begini Caranya

Lantas bagaimana agar galeri tak memperlihatkan foto-foto yang dikirimkan dari WhatsApp?

1. Buka Menu Setting

Cara pertama yang dapat dilakukan membuka aplikasi WhatsApp.

Kemudian setelah membuka aplikasi WhatsApp kamu bisa memilih ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp.

2. Pilih Chat di Menu Setting

Setelah memilih opsi Setting, kamu bisa memilih menu Chats.

3. Matikan Pilihan Simpan Otomatis

Langkah ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan melihat pilihan visibilitas media dari WhatsApp pada galeri di menu Chats.

Opsi tersebut ada di pilihan kedua di bawah menu "Enter is send". Kamu bisa memilih untuk mematikan opsi visibilitas media.

3 dari 3 halaman

Matikan Visibilitas Galeri Per Obrolan

Lebih lanjut, jika tidak ingin mematikan opsi ini untuk seluruh chat, pengguna bisa mematikan opsi visibilitas media hanya untuk kontak chat tertentu.

Caranya, kamu bisa membuka jendela chat dari kontak yang ingin dimatikan visibilitas medianya.

Langkah kedua adalah tap ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas dari jendela obrolan kemudian pilih opsi "View contact".

Langkah ketiga, kamu bisa melihat opsi visibilitas media. Tap pada opsi tersebut dan pilih "No" agar pada saat membuka galeri tak langsung terlihat gambar yang dikirimkan via WhatsApp.

(Tin/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.