Sukses

Akses Data Tak Cuma Harus Mudah dan Nyaman, Tapi Juga Mesti Aman

Akses terhadap data dan aplikasi tak cuma harus mudah dan nyaman, tetapi juga mesti mementingkan faktor keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi para profesional dengan mobilitas tinggi, akses terhadap data dan aplikasi tak cuma harus mudah dan nyaman, tetapi juga mesti mementingkan faktor keamanan.

Agar produktivitas terus terjaga, aktivitas tersebut harus bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan melalui perangkat apa saja.

“Tampilan aplikasi yang sama, baik itu saat diakses melalui desktop maupun perangkat mobile sangat memudahkan pengguna dan memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Tapi keamanannya juga harus dipikirkan, apalagi saat mengakses data perusahaan yang bersifat sensitif," kata Jip Ivan Sutanto, Direktur Solution & Infrastructure Business Multipolar Technology di seminar 'Empower Employees with an Intelligent-Driven Digital Workspace' di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Melalui keterangan tertulisnya, ia menambahkan, platform VMware Workspace ONE bisa men-deploy aplikasi kapan pun dan di mana pun dengan mudah sesuai pengaturan keamanan yang berlaku untuk aplikasi tersebut, tanpa memandang perangkat dan sistem operasi maupun versi aplikasi yang digunakan.

"Solusi ini berfungsi sebagai ‘perantara’ yang menjembatani aplikasi dengan perangkat atau sistem yang digunakan," ucap Ivan menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layaknya Web Browser

Konsep di atas seperti membuka web browser untuk mengakses aplikasi kantor. Pengguna dapat login seperti layaknya bekerja dari kantor dan bisa mengakses semua aplikasi yang biasa digunakannya dari mana saja dan kapan saja dengan aman, sesuai pengaturan otorisasinya.

Bahkan jika pengguna memiliki banyak aplikasi internal, tidak perlu login satu per satu ke masing-masing aplikasi dan mengingat login ID serta password-nya.

"Cukup masuk ke VMware Workspace ONE yang dilengkapi dengan SSO (Single Sign On), maka pengguna bisa langsung masuk ke semua aplikasi tersebut sesuai otorisasinya," papar Ivan menjelaskan.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.