Sukses

Co-Founder OnePlus Akuisisi Smartphone Buatan Bapak Android

Mantan eksekutif dan co-founder OnePlus, Carl Pei, mengakuisisi perusahaan smartphone Essential besutan Bapak Android, Andy Rubin.

Liputan6.com, Jakarta - Co-founder sekaligus mantan eksekutif OnePlus, Carl Pei mengakuisisi perusahaan smartphone Essential. Langkah ini dilakukan Pei melalui perusahaan startup nya, Nothing Company.

Seperti diketahui, Essential adalah merek smartphone yang dibangun oleh Bapak Android, Andy Rubin, setelah ia meninggalkan Google.

Mengutip pengajuan kantor kekayaan intelektual Inggris melalui The Verge, Selasa (16/2/2021), tampaknya Pei memiliki semua merek dagang, logo, dan merek Essential lainnya.

Akusisi Nothing Company ini dikabarkan selesai pada 6 Januari 2021 lalu. Namun belum ada keterangan resmi lebih lanjut dari Pei.

 

2 dari 3 halaman

Rencana Perusahaan

Belum jelas rencana yang akan dilakukan perusahaan baru Pei dengan merek Essential.

Sebelumnya, Essential telah berencana untuk merilis penerus dari satu smartphone yang dibawanya ke pasar, serta meluncurkan platform rumah pintar baru yang ambisius. Sayangnya, keduanya telah dibatalkan.

Diketahui, Essential merilis satu smartphone sebelum perusahaan tutup karena kinerja penjualan yang buruk.

Tidak ada banyak informasi tentang produk yang akan datang dalam beberapa waktu mendatang melalui situs resmi mereka.

Orang dapat berspekulasi bahwa ini adalah permainan Nothing untuk mengakses katalog paten Essential, dengan banyak paten yang berkaitan dengan ‘instruksi penyiapan suara’ dan ‘penyiapan rumah yang mendukung suara.’

 

3 dari 3 halaman

Perusahaan Baru

Sebelumnya, Carl Pei mengumumkan perusahaan baru yang dibentuknya setelah memutuskan meninggalkan OnePlus (perusahaan yang ikut didirikannya tersebut).

Dikutip dari The Verge, Kamis (28/1/2021), perusahaan baru yang didirikan Carl Pei ini diberi nama Nothing. Dalam keterangannya, Nothing merupakan perusahaan teknologi untuk konsumen yang berbasis di London.

Meski sudah diumumkan, Nothing sendiri belum terang-terangan mengungkap produk yang akan dibuatnya. Perusaahaan itu hanya menyebut berencana untuk merilis smart device pertama mereka di pertengahan tahun ini.

Carl Pei juga sempat mengatakan nantinya Nothing akan menggarap sejumlah produk dari beberapa kategori. Dan rencananya, produk itu dapat saling terhubung untuk membentuk sebuah ekosistem.

Nothing juga mendapat sokongan dari sejumlah investor kenamaan, seperti penemu iPod Tony Fadell, Co-Founder Twitch Kevin Lin, CEO Reddit Steve Huffman, hingga YouTuber Casey Neistat.