Sukses

Begini Cara Pakai Fitur Panggilan Video dan Suara di WhatsApp Desktop

Berikut ini adalah penjelasan cara pakai fitur panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop lewat laptop atau PC kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama ditunggu-tunggu, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur panggilan suara (voice call) dan panggilan video (video call) untuk aplikasi WhatsApp Desktop-nya.

Kehadiran fitur ini tidak lepas dari peningkatan jumlah pengguna yang melakukan panggilan di WhatsApp sepanjang 2020, terutama panggilan berdurasi panjang.

"Panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop juga terenkripsi secara end-to-end," tutur perusahaan dalam keterangan resminya.

"Karena itu, WhatsApp tidak dapat mendengar atau melihat panggilan Anda, baik yang dilakukan melalui ponsel maupun komputer," ujar WhatsApp.

Lalu bagaimana caranya melakukan panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop ini? Sebelum melakukan panggilan suara dan video, pastikan kamu sudah men-download atau memperbarui aplikasi tersebut di Microsoft Store.

Bila sudah download dan update aplikasi WhatsApp Desktop di Microsoft Store (Windows 10 64-bit) atau App Store (Mac OS X 10.10 ke atas), berikut ini adalah penjelasan cara pakai fitur panggilan suara dan video ini.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Nelepon pakai WhatsApp Desktop:

Fitur panggilan telepon di WhatsApp Desktop lewat pembaruan terkini. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sebelum mulai, pastikan laptop/PC dan ponsel kamu terkoneksi dengan jaringan internet.

Tergantung ingin pakai WhatsApp Desktop untuk melakukan panggilan suara atau video, kamu harus memberikan akses ke microphone atau webcam di PC/laptop.

Bila semua hal di atas sudah dilakukan dan dipersiapkan, kamu kini bisa langsung melakukan panggilan suara via WhatsApp Desktop.

Buka chat atau lawan bicara yang ingin kamu hubungi, lalu klik ikon voice call (berbentuk telepon) di kanan atas.

3 dari 3 halaman

Lakukan Panggilan Video di WhatsApp

Fitur panggilan video (video call) di update-an WhatsApp Desktop. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lalu bagaimana caranya melakukan video call atau panggilan video di WhatsApp Desktop? Gampang banget kok. Pastikan webcam dan microphone di laptop/PC menyala dan terhubung dengan baik.

Setelah hal tersebut, buka chat lawan bicara yang ingin kamu hubungi. Klik ikon video call di kanan atas layar berdampingan dengan ikon voice call.

Gimana, mudah bukan? Perlu diingat, fitur voice call atau video call di WhatsApp Desktop ini masih belum dipakai di group chat.

Rencananya, WhatsApp memang sedang mempersiapkan update untuk WhatsApp Desktop ini agar bisa dipakai voice call atau video call lebih dari satu lawan bicara.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini