Liputan6.com, Jakarta - Developer Genshin Impact, miHoYo, akhirnya mengumumkan kehadiran versi native gim tersebut ke konsol PS5. Bersama dengan ini, jelas ada beberapa peningkatan yang dihadirkan.
Dikutip dari IGN, Minggu (18/4/2021), sejumlah peningkatan yang dihadirkan untuk Genshin Impact versi PS5 adalah dukungan resolusi 4K, tekstur animasi yang lebih halus, dan waktu muat yang lebih cepat.
Untuk diketahui, Genshin Impact sendiri saat ini sebenarnya sudah dapat dimainkan di PS5. Namun memang gim tersebut belum menerapkan dukungan native dari PS5, sehingga peningkatan ini jelas membawa perubahan.
Advertisement
Baca Juga
Bersama dengan kehadiran versi native untuk PS5, miHoYo juga akan menghadirkan update 1.5. Dalam update ini, Genshin Impact akan kedatangan dua karakter anyar, yakni Eula dan Yanfei.
Musuh baru juga akan dihadirkan bersama dengan update 1.5 ini. Lewat update ini, pemain dapat mulai menerima Character Level-Up Material, termasuk mendekorasi dunia mereka sendiri.
Genshin Impact Versi Mobile Raih Rp 14,4 Triliun dalam Waktu Kurang dari Enam Bulan
Di sisi lain, Genshin Impact versi mobile telah meraih pendapatan lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun.
Pendapatan tersebut diraih oleh gim yang dikembangkan miHoYo itu dalam waktu kurang dari enam bulan sejak peluncuran resminya pada 28 September 2020. Demikian menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower.
Gim tersebut telah menjadi blockbuster global sejak ia dirlis. Sebelumnya, ia menghasilkan USD 874 juta hanya dalam lima bulan.
Selama sebulan terakhir, Genshin Impact menempati daftar gim dengan pendapatan No. 3 di App Store dan Google Play, di belakang PUBG Mobile dan Honor of Kings dari Tencent.
"Genshin Impact adalah gim mobile tercepat yang meraih pendapatan USD 1 miliar di App Store dan Google Play, hanya dalam waktu kurang dari enam bulan," ujar Craig Chapple, Mobile Insights Strategist, EMEA dikutip dari keterangan perusahaan, Kamis (25/3/2021).
Pendapatan itu, kata Chapple, "lebih cepat dari Pokémon GO yang membutuhkan waktu sembilan bulan, dan Lineage M yang membutuhkan waktu 10 bulan."
Advertisement
Karakter baru dorong belanja pemain
Genshin Impact secara konsisten menggelar event, fitur, dan karakter baru. Upaya ini, terutama karakter baru, menghasilkan lonjakan signifikan dalam hal pengeluaran pemain.
Karakter Hu Tao, misalnya, diperkirakan telah menghasilkan pendapatan yang mendekati USD 13 juta dalam satu hari pada tanggal 2 Maret. Sementara Xiao mendorong pengeluaran pemain mencapai lebih dari USD 15 juta pada tanggal 3 Februari.
Sebagai perbandingan, Genshin Impact telah menghasilkan rata-rata USDÂ 5,8 juta per hari sejak ia diluncurkan.
China menempati peringkat pasar No. 1 untuk pengeluaran Genshin Impact versi seluler, denga perkiraan USD 302 juta di ekosistem iOS saja. Angka itu kurang lebih sekitar 29,5 persen dari pengeluaran pemain secara global.
Di tempat kedua para pemain Genshin Impact di Jepang menghasilkan USD 278,3 juta atau 27,2 persen, sementara Amerika Serikat menempati peringkat ketiga dengan nilai belanja pemain USD 189 juta atau 18,5 persen.
App Store menyumbang bagian terbesar dari pengeluaran pemain global, mengumpulkan USD 615 juta atau 60 persen dari total pendapatan.
Google Play, sementara itu, menyumbang USD 409,4 juta, atau 40 persen dari pengeluaran pemain.
(Dam/Isk)