Sukses

Aplikasi BiP Perkenalkan Deretan Fitur Baru, Apa Saja?

Aplikasi pesaing WhatsApp itu mengklaim prioritas keamanan data pengguna jadi landasan adanya fitur baru tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi perpesanan pesaing WhatsApp asal Turki, BiP menambah fitur baru yang diklaim untuk melindungi data pengguna. Adapun fitur tersebut adalah Migrasi Chat lintas aplikasi yang bisa mengakomodir perpindahan chat individu maupun grup.

CEO BiP, Burak Akinci mengatakan, landasan adanya fitur baru ini adalah perhatian perusahaan terhadap privasi dan keamanan data 80 juta pengguna aktifnya.

Ia menilai Indonesia adalah sasaran pasar yang strategis untuk perluasan aplikasi perpesanannya. Sebagai penggerak ekonomi terbesar di Asia Tenggara, penduduk Indonesia disebut-sebut sudah terbiasa dengan teknologi digital.

“Saat ini, kami sedang membuat rencana untuk bekerjasama dengan operator dan penyedia konten lokal, lebih mengembangkan fitur BiP yang relevan dengan Indonesia,” tuturnya.

Mengingat, pada tiga bulan pertama rilis di Indonesia, BiP telah diunduh lebih dari 3 juta pengguna.

 

2 dari 3 halaman

Unggul di Video Call dan Group Chat

Pengguna BiP di Indonesia menempati urutan pertama dalam penggunaan video call dan grup chat di antara pasar internasional BiP.

Mengenai data pengunduhan aplikasi, Burak Akinci mengatakan Senin adalah hari tertinggi seseorang mengunduhnya. Dengan Jakarta menempati posisi pertama sebagai lokasi pengguna mengunduh BiP.

 

3 dari 3 halaman

Fitur Lainnya

Selain video call, fitur lainnya yang cukup sering digunakan pengguna Indonesia adalah fitur terjemahan instan dan pesan tersembunyi. Fitur terjemahan instan ini tersedia dalam 106 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Melayu, Jawa dan Sunda.

Melalui fitur ini, teknologi yang dimiliki BiP bisa langsung menerjemahkan kata dan frasa secara tertulis. Dengan teknologi terjemahan real-time ini, BiP berhasil memenangkan penghargaan Most Innovative Mobile App di ajang Global Mobile Awards 2020.

Kemudian, fitur percakapan rahasia yang memungkinkan pengguna untuk bisa menghilangkan percakapan dari layar setelah jangka waktu tertentu. Fitur ini memberikan para pengguna perlindungan privasi yang kuat karena tidak ada data yang disimpan oleh BiP atau pun untuk yang diberikan kepada pihak ketiga.

Sebagai informasi, BiP telah menjangkau layanan di 192 negara dan mendukung hingga 1000 anggota grup, serta video call hingga 10 pengguna.

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store, App Store, dan Huawei App Gallery ini juga telah dilengkapi dengan penggunaan huruf Bold, Italic, hingga Underline.