Sukses

Begini Cara Bikin Tautan Linktree di Instagram

Linktree banyak digunakan oleh pelaku bisnis di berbagai platform seperti Instagram untuk merangkum berbagai akun, bagaimana cara membuatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan bisnis digital tengah mengalami peningkatan di berbagai platform. Misalnya, semakin banyaknya akun jualan yang menghiasi timeline Instagram dan Twitter.

Media sosial jadi satu garda terdepan untuk urusan media promosi. Tak jarang, para pelaku usaha menerima pesanan selain dari akun media sosial mereka.

Ada berbagai cara, dari mulai mengarahkannya ke obrolan WhatsApp hingga meminta calon pembeli untuk melihat katalog di e-commerce seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Banyak pelaku usaha tersebut atau bahkan konten kreator lainnya yang merangkum melalui tautan Linktree yang ada di bio Instagram-nya.

Berikut Tekno Liputan6.com rangkum cara membuat tautan Linktree.

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Tautan Linktree

Perlu diperhatikan, tidak ada batasan untuk membuat tautan Linktree. Kamu bisa membuatnya dari smartphone maupun browser laptop atau PC.

Langkah pertama, kamu ketik website linktr.ee/ di omnibox browser kamu.

Selanjutnya, kamu memerlukan akun yang bisa kamu buat secara gratis. Meski ada fitur tambahan dalam akun Pro, akun gratis sudah cukup untuk merangkum berbagai akun dan menjadikannyan tautan singkat.

Setelah memiliki akun, kamu perlu Login menggunakan akun tersebut. Lalu masuk ke menu Link.

Itu akan membuka tampilan sederhana untuk menambahkan link. Kemudian, tekan Add New Link.

Sebuah kolom muncul, kamu bisa memasukkan nama akun. Misalnya kamu masukkan nama WhatsApp. Kemudian, ketikan wa.me/62[nomor WhatsApp] pada kolom URL.

Itu akan mengarahkan orang yang menekan tombol untuk langsung ke ruang obrolan WhatsApp.

Untuk menambahkan akun lainnya, kamu bisa mengulangi dari langkah Add New Link dan dilanjutkan dengan langkah yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Mengarahkan ke Akun Lain

Perlu diperhatikan, kolom URL pada Linktree bisa kamu isi dengan tautan yang mengarahkan ke akun kamu, seperti akun Shopee, Facebook, atau bahkan akun Medium kamu.

Setelah selesai memasukkan berbagai akun, kamu bisa membagikan akun Linktree tersebut. Cukup salin tautan Linktree kamu dan masukkan pada bilah website di profil Instagram kamu.

Siapa pun yang mengetuknya akan diarahkan ke sederet tombol dengan nama sesuai dengan akun yang kamu masukkan sebelumnya.

Secara otomatis, orang tersebut akan diarahkan ke akun tertentu yang ia tekan.

(Rif/Isk)