Sukses

UI Bikin Medsos Pansos untuk Pembinaan Mahasiswa Baru

Fasilkom UI memperkenalkan aplikasi media sosial Pansos, sebagai wadah perkenalan bagi mahasiswa baru dan kakak tingkat dalam rangka kegiatan Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB)

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengembangkan sebuah aplikasi media sosial (medsos) bernama Panda Social Support (Pansos).

Aplikasi media sosial tersebut merupakan wadah perkenalan bagi mahasiswa baru dan kakak tingkat dalam rangka kegiatan Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB) Fasilkom UI 2021.

Dalam siaran persnya, ditulis Rabu (29/9/2021), aplikasi berbasis web tersebut dikembangkan oleh mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi independen mahasiswa Fasilkom UI yakni Ristek.

"Aplikasi ini mampu mencocokkan pengguna yang memiliki minat yang sama dan menjadi sentra informasi serta media penugasan mahasiswa baru selama kegiatan PMB Fasilkom UI 2021," kata Jonathan Filbert, Ketua Ristek Fasilkom UI.

Pansos dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial dan model machine learning, sehingga pengguna bisa terhubung satu sama lain melalui matchmaking system berdasarkan minat yang ada di Fasilkom UI.

Nantinya, mahasiswa baru atau maba, bisa mengisi pertanyaan-pertanyaan yang muncul untuk membantu perkenalan antar maba, serta mengisi deskripsi dari kakak tingkat yang ingin mereka ajak berkenalan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wadah Perkenalan Maba dan Kakak Tingkat

Muhammad Naufal Nabiel, Ketua PMB Fasilkom UI 2021 mengatakan, aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi maba Fasilkom UI untuk memperluas jaringan pertemanan mereka, meski saat ini masih masa perkuliahan jarak jauh.

"Pada kondisi ini, para maba tersebut belum memiliki kesempatan untuk berkenalan dan bertemu secara langsung dengan teman maupun kakak tingkat di Fasilkom UI," kata Nabiel.

Selain itu menurutnya, aplikasi Pansos ini juga menjadi wadah perkenalan antara maba dan kakak tingkat.

"Ia juga dapat dipergunakan oleh pengguna yang memiliki Single Sign On (SSO) aktif serta masih terdaftar sebagai mahasiswa Fasilkom UI," katanya.

Jonathan menjelaskan, pengguna bisa login dengan akun SSO untuk kemudian mengisi data diri dan interest, yang selanjutkan akan dicocokkan dengan algoritma dari tim data science Ristek.

Para maba Fasilkom UI tersebut akan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu mahasiwa yang memiliki kesamaan IT dan non-IT interest. Pengguna lalu bisa menuju halaman friends atau pansos, dan akan melihat daftar mahasiswa dengan minat yang sama.

3 dari 4 halaman

Dapat Saling Mengenal

Di situ, mereka dapat langsung memberikan like pada profil pengguna lainnya, serta dapat saling mengisi pertanyaan random di halaman puzzle sebagai syarat saling mengenal.

"Jika pengguna yang di-like sudah memberi like balik, maka di dalam profilnya akan muncul formulir pertanyaan yang bisa diisi," kata Jonathan.

Mahasiswa S1 program studi Sistem Informasi angkatan 2018 ini menambahkan, maba bisa berkenalan dengan kakak tingkatnya dengan memberikan like dan mengisi deskripsi melalui sesi mengobrol.

"Kakak tingkat juga dapat memberikan token untuk langsung menambahkan diri mereka pada list teman maba. Token ini di-generate secara random dan akan kadaluarsa dalam kurun waktu tertentu," tambahnya.

Dalam aplikasi yang dirilis 7 Agustus 2021 lalu ini, mahasiswa baru juga dapat melihat kegiatan yang sedang berjalan di PMB Fasilkom UI melalui menu utama dan menu khusus events.

Mereka juga dapat melihat leaderboard dari kelompok besar mereka di menu utama dan mengunggah tugas yang diberikan oleh panitia PMB Fasilkom UI di halaman tugas terkait.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Subsidi Pulsa untuk Pelajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.