Sukses

SpaceX Sukses Antar Pulang 4 Astronaut dari Stasiun Antariksa Internasional

Empat astronaut sukses pulang ke Bumi menggunakan kapsul Crew Dragon milik SpaceX.

Liputan6.com, Jakarta - Empat astronaut sukses pulang ke Bumi menggunakan kapsul Crew Dragon milik SpaceX. Keempat astronaut ini mendarat di Teluk Meksiko, lepas pantai Pensacola.

Kedatangan mereka kembali ke Bumi mengakhiri masa tugas lebih dari enam bulan di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Selanjutnya, empat astronaut lainnya akan diluncurkan ke ISS beberapa minggu mendatang.

Mengutip The Verge, Selasa (9/11/2021), para kru yang dimaksud adalah dua astronaut NASA Shane Kimbrough dan Megan McArthur. Ada pula astronaut Jepang Akihiko Hoshide dari Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang, dan astronaut Prancis Thomas Presquet dari Badan Antariksa Eropa.

Keempat kru astronaut ini menempuh perjalanan ke ISS pada 23 April lalu, menumpang roket Falcon 9, SpaceX, bagian dari misi bernama Crew-2.

"Atas nama SpaceX, selamat datang di planet Bumi," kata pengendali penerbangan SpaceX ketika para kru turun.

Personel SpaceX yang berada di kapal kini akan membantu mengangkat kapsul Crew Dragon akan membantu para astronaut keluar dari air dan meninggalkan kendaraan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program NASA

Sekadar informasi, penerbangan keempat astronaut ini menandai ketiga kalinya SpaceX meluncurkan orang ke stasiun antariksa internasional, kemudian membawa pulang dengan selamat ke Bumi.

Perjalanan semacam ini merupakan bagian dari kontrak SpaceX dengan NASA melalui Commercial Crew Program. Program ini merupakan inisiatif yang menugaskan perusahaan swasta mengangkut astronaut NASA dan mitra internasional dari dan ke ISS.

SpaceX diketahui meluncurkan awak pertamanya yang terdiri dari dua orang ke ISS pada Mei 2020. Saat itu merupakan bagian dari uji terbang untuk membuktikan keamanan kapsul Crew Dragon,yang dirancang untuk meluncur di atas roket Falcon 9.

Penerbangan tersebut diikuti oleh misi selanjutnya pada November 2020 yang mengirimkan empat kru ke ISS.

 

3 dari 3 halaman

Kru Ketiga

Kini, setelah Crew-2 kembali ke darat, SpaceX bakal segera beralih ke peluncuran berikutnya yang bernama Crew-3. Empat awak yang akan bertugas meliputi astronaut NASA Raja Chari, Thomas Marshburn, Kayla Barron, serta astronaut Jerman Mathias Maurer.

Kapsul ini dijadwalkan untuk meluncur dengan kapsul Crew Dragon pada Rabu, 10 November 2021 dari Cape Canaveral, Kennedy Space Center NASA.

Rencana awalnya, Crew-3 akan diluncurkan pada 31 Oktober 2021, sebelum astronaut Crew-2 meninggalkan ISS. Dengan demikian, kru yang keluar biasa menyapa pendatang baru dan menyerahkan tugas sebelum pulang.

Namun Crew-3 mengalami serangkaian penundaan, mulai dari cuaca buruk di salah satu lokasi peluncuran serta salah satu anggota masalah medis.

 (Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.