Sukses

Post Konten ke Facebook tapi Muncul di Instagram seperti Dr Richard Lee, Ini Penjelasannya

Mengunggah konten hanya di Facebook tetapi ternyata juga muncul di Instagram, kok bisa? Hal ini seperti yang dilakukan oleh Dr Richard Lee hingga membuatnya ditangkap karena tudingan melakukan ilegal akses pada akun Instagram yang tengah disita sebagai barang bukti

Liputan6.com, Jakarta - Nama Dr Richard Lee jadi perbincangan warganet di media sosial, pasalnya Dr Richard Lee ditangkap Polda Metro Jaya terkait kasus akses ilegal Instagram.

Dr Richard Lee disebut-sebut mengakses akun Instagram-nya yang telah disita kepolisian, karena akun tersebut menjadi barang bukti kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri pada Desember 2020.

Belakangan Dr Richard Lee mengaku tidak sengaja mengunggah konten pada akun Instagram miliknya. Padahal menurutnya, saat itu dia mengunggah ke Facebook, bukan ke Instagram. Kenapa hal semacam ini bisa terjadi?

Perlu kamu tahu, Instagram dan Facebook merupakan produk di bawah perusahaan yang sama yakni Meta (dahulu bernama Facebook Inc). Mulanya Instagram adalah sebuah startup mandiri, hingga kemudian pada awal April 2012, Facebook Inc mengakuisisi Instagram dengan nilai USD 1 miliar atau saat itu setara Rp 9,17 triliun.

Meski merupakan layanan yang terpisah, sejak akuisisi ini, Facebook Inc mengembangkan agar layanan Instagram dapat terintegrasi dengan aplikasi Facebook, guna memberikan pengalaman lebih bagi kedua layanan. 

Dalam hal ini, pengguna diberikan keleluasaan untuk menautkan atau menghubungkan akun Instagram ke akun Facebook. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur agar tiap unggahan feed Instagram juga nongol di feed Facebook, demikian pula sebaliknya.

Tidak hanya untuk unggahan feed, unggahan Stories Instagram juga bisa muncul di Facebook Story, demikian juga sebaliknya, Facebook Story muncul di Instagram Story.

Oleh karenanya, bisa jadi Dr Richard Lee tidak sadar akun Instagram dan Facebooknya saling terhubung. Niat hati hanya ingin mengunggah di Facebook ternyata unggahan tersebut juga muncul di akun Instagram yang tengah disita oleh pihak berwenang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Hubungkan Akun Facebook dan Instagram?

Nah bagi kamu yang tidak tahu cara menghubungkan akun Instagram ke Facebook atau sebaliknya, semua itu dijelaskan oleh Instagram di laman Instagram.

Untuk itu, kamu bisa membuka Instagram.com/accounts/edit/ melalui web browser.

Kemudian, gulirkan ke bagian bawah. Pada logo Meta, ada menu Account Center. Klik menu Account Center tersebut.

Membagikan unggahan Facebook ke Instagram (Foto: Screenshot Instagram).

Di situ jelas penjelasannya, di mana pengguna bisa mengontrol pengaturan untuk menghubungkan pengalaman antara Instagram, aplikasi Facebook, dan Messenger. Termasuk juga Story, berbagi unggahan, hingga upaya untuk login.

Setelah klik menu Account Center, kamu bisa lihat ada sesi bernama "Manage connected experience" ada sub menu "Story & Post Sharing", nah kamu bisa pilih sub menu Story & Post Sharing tersebut.

Untuk menghubungkan akun Instagram ke Facebook (baik feed maupun Story) kamu bisa klik pada ikon akun Instagram kamu.

Pada sesi yang di bagian bawah, kamu bisa melihat, mana yang mau dibagikan, apakah Instagram Story mau dibagikan hanya ke Facebook Story. Atau kamu juga bisa membagikan unggahan Instagram ke Unggahan Facebook.

3 dari 4 halaman

Hubungkan Unggahan Facebook ke Instagram

Pada sesi paling bawah, kamu bisa mengklik ikon Facebook, untuk menghubungkan unggahan Facebook baik Story atau Feed ke Instagram.

Kamu tinggal memencet tombol berbagi tersebut. Ketika dua-duanya diaktifkan, otomatis pengguna bisa membagikan Story atau unggahan feed mereka ke Instagram.

Jangan lupa, pengguna juga bisa mengubah pengaturan ini kapan pun mereka membuat Story atau unggahan feed.

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Video Terkini