Sukses

Hormati Timnas di Final Piala AFF, Penayangan Rewind Indonesia 2021 Diundur Besok

Rewind Indonesia 2021 sebenarnya direncanakan tayang hari ini, namun diundur karena bertabrakan dengan siaran leg 1 Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Kreator konten Chandra Liow mengumumkan bakal merilis Rewind Indonesia 2021 pada 30 Desember 2021 malam.

Hal ini diungkap oleh Chandra melalui akun Instagramnya. Sebelumnya, Rewind Indonesia 2021 direncanakan rilis pada hari ini, Rabu (29/12/2021).

Namun, video yang biasanya berisi kumpulan momen-momen dan tren di 2021 itu, diundur besok karena bertabrakan dengan jadwal pertandingan leg 1 Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand.

"Demi menghormati dan mendukung tim Nasional di AFF, Rewind Indonesia 2021 akan dirilis Kamis, 30 Desember pukul 19.45 WIB," tulis kreator yang terkenal lewat kanal Tim2one - ChandraLiow tersebut.

Dalam unggahan terbarunya, Chandra pun mengungkapkan bahwa video Rewind Indonesia 2021 sudah menyelesaikan tahap render pada pagi tadi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tim2one - Chandraliow (@chandraliow)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Chandra Liow Umumkan Rewind Indonesia 2021

Sebelumnya, Chandra Liow juga sudah sempat merilis poster dari Rewind Indonesia 2021.

Di poster tersebut, terungkap bahwa Rewind Indonesia 2021 diinisiasi oleh Chandra Liow, Aulion, Jovial Da Lopez, Natya Shina, Rendy Pritananda, serta Ferry Irwandi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tim2one - Chandraliow (@chandraliow)

"Tahun ini gue hampir gak bisa berkarya lagi gegara badai sitokin tapi Tuhan berkata lain 'Nanti dulu tugas lo belum selesai, bikin rewind dulu gih,'" tulis Chandra saat itu.

"Singkat cerita saya persembahkan karya saya di umur 28 tahun ini, A Performance Film by @chandraliow & @aulion REWIND INDONESIA 2021," kata dia mengumumkan.

Nantinya, video ini bakal ditayangkan di channel YouTube Indonesian YouTubers, yang sebelumnya juga menayangkan Rewind Indonesia 2020, 2018, 2016, dan 2015.

3 dari 4 halaman

YouTube Hentikan Tradisi Rewind

YouTube sendiri memastikan mereka tidak akan menggarap YouTube Rewind resmi tahun ini, serta menyatakan akan menghentikan tradisi tahunan itu.

Mereka mengatakan bahwa platformnya sudah menjadi begitu besar sehingga dirasa tidak mungkin merangkum keberagamannya dalam kompilasi video berdurasi beberapa menit saja.

Pihak perusahaan pun menyebut, mereka menyerahkan tongkat estafet kepada para pembuat konten, yang juga semakin banyak memproduksi YouTube Rewind versinya masing-masing dalam beberapa tahun terakhir.

"Akan terus menginspirasi ketika melihat segudang cara produsen konten paling kreatif di dunia - kreator YouTube kami - merangkum akhir tahun dalam rekap videonya, saat YouTube menghentikan video Rewind-nya sendiri."

YouTube mengatakan bahwa mereka tidak akan mendanai upaya tersebut, meskipun masih akan mempromosikannya di salurannya.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube