Sukses

Android 13 Bakal Hadirkan Peningkatan di Screen Saver

Android 13 digadang-gadang akan menghadirkan peningkatan di Screen Saver. Simak informasinya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Meski update terbaru Android 12, Android 12L, masih dalam proses, Google dikabarkan mulai membuat kemajuan dengan Android 13.

Pratinjau pengembang pertama Android 13 sudah keluar dan mengungkap sejumlah informasi tentang sistem operasi Android versi terbaru.

Mengutip Android Police, Rabu (16/2/2022), ada sejumlah fitur baru di Android 13 yang menarik. Mulai dari toggle ketuk cepat untuk mengaktifkan flashlight alias senter, overview per 7 hari atas setiap izin akses yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi pada perangkat, hingga fungsi pembersihan clipboard otomatis.

Tidak hanya itu, ketika melihat lebih jauh ke sistem operasi ini, Android 13 menawarkan tentang bagaimana Android akan mengelola screen saver perangkat.

Sekadar informasi, Google pertama kali memperkenalkan screen saver bersama dengan fitur gesture typing pada keyboard dan aplikasi jam dengan desain terbaru di Android 4.2 Jelly Bean.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

UI Baru Android 13

Kini, para pengembang di Esper mencatat, Google memperkenalkan banyak kode terkait Sistem UI di Android 13 yang kini digarap.

Menurut laporan tersebut, kode "dream" memungkinkan sejumlah complications berjalan di atas screen saver.

Complications adalah setiap fitur yang ditampilkan pada sebuah layar, dalam hal ini screen saver, selain yang sudah ada.

Sebelumnya, complications menjadi hal yang di-highlight pada Wear OS yang digunakan oleh tampilan jam dan aplikasi source code. Complications ini memperlihatkan informasi apa pun yang terdapat di layar selain informasi waktu, misalnya indikator baterai.

3 dari 4 halaman

Tampilkan Lebih Banyak Hal di Screen Saver

Sejauh ini, semuanya memperlihatkan bahwa Google jelas ingin memasukkan complications API ke Android 13.

Namun informasi ini masih sangat awal dan tim Android Police menyebut tidak mengetahui fitur seperti apa yang akan ditampilkan di screen saver selain indikator baterai.

Namun satu hal, Google diyakini tengah merencanakan peningkatan besar untuk pengalaman screen saver di Android.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini