Sukses

Amazon Resmi Akuisisi Studio Film James Bond MGM

Akuisisi MGM oleh Amazon sendiri pertama kali diungkap bulan Mei 2021 lalu dan telah melalui proses regulasi

Liputan6.com, Jakarta - Amazon mengumumkan mereka resmi mengakuisisi studio film di balik waralaba James Bond, Robocop, dan Tomb Raider, yaitu Metro-Goldwyn-Mayer Pictures alias MGM, dengan nilai USD 8,5 miliar.

Akuisisi perusahaan media Amerika Serikat ini sendiri pertama kali diumumkan bulan Mei 2021 lalu dan telah melalui proses regulasi.

Mengutip Variety, Sabtu (19/3/2022), akuisisi ini berarti seluruh konten-konten produksi MGM akan bisa mengisi Prime Video dan Amazon Studios.

Menurut perwakilan Amazon, dengan ditutupnya kesepakatan, tim manajemen MGM bergabung dengan grup yang dipimpin Mike Hopkins, VP senior Prime Video dan Amazon Studios.

Itu termasuk kepala film, Michael De Luca, dan kepala grup televisi, Mark Burnett. Hopkins, dalam pernyataannya mengatakan, MGM memiliki warisan selama hampir satu abad dalam menghasilkan hiburan yang luar biasa.

"Dan kami berbagi komitmen mereka untuk memberikan serangkaian luas film asli dan acara televisi kepada audiens global," ujarnya. "Kami menyambut karyawan, kreator, dan talenta MGM di Prime Video dan Amazon Studios."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disetujui Regulator Uni Eropa

Menurut Chris Brearton, Chief Operating Officer MGM, mereka telah berada di balik pembuatan beberapa film dan serial TV paling terkenal dan mendapat pujian selama seabad ke belakang.

"Kami berharap dapat melanjutkan tradisi itu saat kami menuju ke bab berikutnya bersama tim hebat di Prime Video dan Amazon Studios untuk memberikan hiburan terbaik kepada penonton di tahun-tahun mendatang."

Kesepakatan ini juga telah disetujui oleh regulator antitrust Uni Eropa, seperti dikutip dari Engadget.

Mereka memutuskan, tidak ada banyak tumpang tindih di antara kedua perusahaan, dan "konten MGM tidak dapat dianggap sebagai yang harus dimiliki" dibandingkan dengan studio lain.

3 dari 4 halaman

Creed hingga James Bond

Amazon dilaporkan telah memberikan Federal Trade Commission, yang dikatakan telah meninjau pembelian, batas waktu pertengahan Maret untuk menentang atau menyetujui akuisisi.

Jika agensi tidak mengajukan tantangan hukum pada saat itu, Amazon bebas untuk melanjutkan pembelian.

Dalam siaran persnya, Amazon mengklaim, MGM memiliki katalog berisi lebih dari empat ribu judul film, 17 ribu episode TV, serta meraih 180 Academy Award dan 100 Emmy Award.

MGM didirikan tahun 1924. Film-film mereka termasuk 12 Angry Men, Basic Instinct, Creed dan Rocky, Robocop, Tomb Raider, The Pink Panther, dan waralaba James Bond. Sementara beberapa serial TV mereka adalah Fargo, The Handmaid’s Tale dan Vikings.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.