Sukses

Platform Konten Audio Noice Dapat Suntikan Dana Rp 316 Miliar

Platform konten audio lokal Noice mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 316 miliar untuk mengembangkan bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Platform audio konten lokal Noice mendapatkan pendanaan senilai USD 22 juta atau setara Rp 316 miliar. Suntikan dana ini merupakan bagian dari putaran pendanaan seri-A.

Pendanaan dipimpin oleh Northstar dan para investor sebelumnya yakni Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.

Perolehan pendanaan terbaru ini bakal mendukung ambisi Noice untuk jadi platform audio terbesar di Indonesia. Caranya melalui percepatan akuisisi konten dan pengembangan platform teknologi audio bagi pengguna dan kreator.

Noice mengklaim telah mampu menjembatani kesenjangan antara supply konten audio lokal yang kini lebih didominasi konten musik. Kini, Noice punya lebih dari 2 juta pengguna, pertumbuhannya meningkat 4x lipat sejak tahun sebelumnya.

Di mana, waktu yang dihabiskan pendengar tiap harinya mencapai 80 menit.

Noice memfokuskan pada produksi dan kurasi konten audio lokal. Kini Noice memiliki 40.000 konten di aplikasinya.

Selain itu, Noice juga belum lama ini berkolaborasi dengan komunitas penulis lokal Indonesia, meluncurkan konten terbaru dalam format audio drama series.

CEO Noice Rado Ardian menyebut investasi ini merupakan tonggak pencapaian berikutnya bagi Noice. Ia berharap investasi ini bisa membuka kesempatan lebih besar dalam mendisrupsi konten audio Indonesia di masa depan.

"Investasi akan kami gunakan untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series," kata Rado, dikutip dari keterangan resmi Noice, Rabu (20/4/2022).

Lebih lanjut Rado mengatakan, pihaknya telah menguji coba format baru audio series bekerja sama dengan penulis atau storytellers lokal. Menurutnya, format audio series bisa sangat menjanjikan dan berpotensi untuk tumbuh.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perluas Ragam Podcast

Noice sejak awal tahun terus memperluas beragam konten podcast-nya. Salah satunya dengan kolaborasi bersama berbagai tokoh publik dan influencer ternama. Mulai dari Raffi Ahmad, Arief Muhammad, Jerome Polin, Vincent, Desta, Andre Taulany, dan lain-lain.

Para kreator terkemukan ini diikuti lebih dari 130 juta followers di media sosial. Kehadiran mereka diharapkan bisa menginspirasi lebih banyak kreator lokal untuk membangun konten di Noice.

Tidak hanya itu, Noice juga meluncurkan program pengembangan kreator untuk mendampingi mereka dalam perjalanan menjadi kreator konten audio dengan platform berbasis software as a service (SaaS).

Dengan begitu, bisa memberi kemudahan akses bagi para kreator lokal untuk menghadirkan dan mengembangkan konten di Noice secara langsung.

"Pengguna dan kreator terus menjadi prioritas utama kami. Untuk pengguna, kami ingin Noice hadir sebagai aplikasi yang menjadi teman dalam genggaman, yang menemani keseharian mereka," katanya.

3 dari 4 halaman

Dukungan untuk Kreator

Dari sisi kreator, Noice ingin berinvestasi dalam membangun infrastruktur untuk Noicemaker Studio.

Noicemaker Studio adalah platform yang baru diluncurkan dan menjadi ruang bagi kreator untuk mengembangkan kualitas konten sekaligus membuka potensi monetisasi melalui dukungan fans terhadap kreator.

Sementara itu, Co-founder & CBO Noice Niken Sasmaya menambahkan, Noice masih berkomitmen menumbuhkan dan mengembangkan ekosistem konten kreator audio di Indonesia.

"Agar tiap kreator bisa menjadi bagian dari ekosistem kami, kami meluncurkan Noicemaker Studio yang merupakan ruang digital untuk memudahkan kreator mendistribusikan karya podcast mereka di Noice hanya sekali klik," katanya.

Inovasi ini diharapkan dapat memberi dukungan bagi calon konten kreator di Indonesia untuk mulai membuat konten dan menumbuhkan audiens di Noice.

4 dari 4 halaman

Platform Audio Tumbuh Pesat

Co-founder & Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo menambahkan, konten digital audio jadi salah satu kategori yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan miliaran pendengar di dunia.

Northstar, kata Patrick, telah bekerja sama dengan Noice sejak 2019 dan hingga kini sangat tertarik dengan pertumbuhan bisnis Noice yang pesat.

"Noice telah berkembang menjadi platform teknologi yang memiliki dampak sosial dalam mendukung para konten kreator berbakar, storyteller, pembawa acara talk show, hingga artis untuk menghadirkan konten berkualitas," katanya.

Ia pun melihat komitmen Noice untuk tumbuh dengan agresif dan terus mendukung Noice melalui suntikan dana.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.