Sukses

Browser Apple Safari Tembus Angka 1 Miliar Pengguna

Ada 1,006,232,879 pengguna internet (19,16 persen seluruh pengguna internet di dunia) menggunakan browser Safari.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sebuah laporan menyebutkan pengguna browser Safari milik Apple tersebut sudah tembus angka 1 milliar.

Dengan ini, Safari secara resmi menjadi browser kedua yang dengan 1 milliar pengguna.

Mengutip laporan atlasVPN, Kamis (2/6/2022), 1,006,232,879 pengguna internet (19,16 persen seluruh pengguna internet) menggunakan browser Safari.

Walau sudah tembus angka 1 miliar, ternyata pengguna browser Google Chrome mencapai angka 3x lebih banyak dari pengguna Safari.

<p>Laporan tentang jumlah pengguna browser Apple Safari tembus angka 1 miliar secara global. (Doc: atlasVPN)</p>

Adapun Google Chrome memiliki total lebih dari 3,378,967,819 pengguna di dunia. Sementara itu Microsoft Edge, saat ini masih ada disekitaran 212 juta pengguna.

Laporan atlasVPN juga mencatat, browser Safari milik Appl eini sudah secara otomatis terinstal di setiap iPhone dan Mac, dimana hal ini memberikan kontribusi besar dalam pencapaian angka tersebut.

Selama setahun terakhir ini, Apple giat memperkenalkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam browser buatannnya ini.

Dalam acara WWDC 2021, perusahaan bermarkas di Cupertinoo itu memperlihatkan tampilan baru Safari yang dianggap oleh banyak pengguna sangat kontroversial.

Apple menyebutkan, ada dua tujuan baru dalam pengembangan Safari di iOS 15. Salah satunya adalah kemudahan untuk digunakan walau hanya dengan satu tangan.

Hal lainnya adalah dengan mengedepankan dan fokus terhadap konten web yang disajikan. Perusahaan juga menambahkan fitur privasi baru di Safari.

Saat dipakai, pengguna Safari kini dapat mengetahui laporan tentang berapa banyak pelacak lintas web yang dihentikan ITP sehingga tidak dapat mengakses informasi pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 14 Pro dan Pro Max Bakal Usung Fitur Always-On

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Di sisi lain, Apple sepertinya akan mengadopsi fitur always-on ke ponsel teranyarnya, yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, perusahaan asal Cupertino itu bakal memperkenalkan fitur itu bersamaan dengan peluncuran iOS 16.

Dengan fitur always-on, pengguna iPhone dapat meninjau informasi atau notifikasi meskipun ponsel yang digunakan terkunci.

Mengutip laporan Mark Gurman via The Verge, Senin (30/5/2022), fitur always-on versi iPhone akan berfungsi layaknya di Apple Watch Series 5 dan lebih baru.

Disebutkan, frame rate lock screen iPhone 14 Pro dan Pro Max akan diturunkan hingga paling rendah ketika fitur always-on diaktifkan.

Dengan cara ini, baterai ponsel pun akan lebih hemat energi meskipun lock screen sedang aktif.

Masih belum diketahui apakah Apple juga akan menggunakan layar low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) yang sama di perangkat jam pintar mereka.

Seperti diketahui, kabar Apple bakal mengadopsi fitur always-on ini ke iPhone memang sudah lama menjadi perbincangan di industri smartphone dunia.

3 dari 4 halaman

iPhone 14 Pro dan Pro Max

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Tahun lalu, beberapa analis memprediksi Apple bakal melengkapi lini iPhone 13 dengan layar LTPO sehingga dapat menggunakan fitur always-on.

Sementara, deretan HP Android sudah mendukung always-on mode--beberapa sudah pakai selama bertahun-tahun. Contohnya adalah Samsung.

Di HP Samung, pengguna dapat mengetahui waktu, level baterai, widget, dan lainnya meskipun kondisi ponsel saat itu sedang terkunci.

Mark Gurman juga menyebutkan, iOS 16 diharapkan akan hadir dengan fungsi serupa. Selain always-on mode, kedua ponsel ini juga akan hadir dengan hardware eksklusif.

Dari bocoran yang beredar saat ini, Apple hanya akan menyertakan chipset A16 terbarunya itu ke iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

4 dari 4 halaman

iPhone 14 Bakal Pakai Kamera Selfie Premium Buatan LG

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Lebih lanjut, Apple tampaknya sudah memutuskan perusahaan mana yang akan menjadi supplier kamera selfie untuk iPhone 14 mendatang.

Adapun perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu memilih LG Innotek sebagai supplier utama kamera selfie di iPhone terbaru tersebut.

Berdasarkan sumber anonim ke Korea IT News, Rabu (25/5/2022), kamera selfie buatan LG Innotek ini akan terpasang di seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Sumber anonim itu juga mengatakan, kamera depan di kedua seri iPhone 14 tersebut akan tampil dengan fitur auto-focus.

Apple disebut-sebut berencana menggunakan kamera buatan LG Innotek untuk seri iPhone 15, namun perusahaan memajukan jadwal karena masalah teknis dengan kamera selfie buatan Tiongkok saat pengujian.

Karena tidak sesuai dengan standar dari Apple, perusahaan bentukan Steve Jobs itupun memutuskan untuk memutus kontrak dan menggantinya dengan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.