Sukses

Arti Emoji-Emoji Baru di WhatsApp yang Bisa Dipakai untuk Reactions Pesan

Berikut adalah arti emoji-emoji baru di WhatsApp yang bisa dipakai untuk memberi Reactions pada pesan WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Meta, Facebook, dan WhatsApp Mark Zuckerberg mengumumkan fitur Reactions di WhatsApp kini diperbarui. Pembaruannya memungkinkan pengguna untuk mengirimkan reaction ke pesan WhatsApp dengan pilihan emoji lengkap.

"Kami meluncurkan fitur untuk menggunakan emoji apa pun sebagai reaksi di WhatsApp," kata Zuckerberg.

Sejalan dengan perayaan Hari Emoji Sedunia pada 17 Juli mendatang, semua pengguna WhatsApp kini bisa menggunakan emoji apa pun untuk membuat percakapan menjadi lebih menyenangkan dan ekspresif.

Namun, apa saja arti emoji yang nanti tersedia untuk untuk merespon pesan WhatsApp?

Untuk menjawabnya, WhatsApp bekerja sama dengan Emojipedia, inisiator Hari Emoji Sedunia untuk menjelaskan arti dari beberapa emoji yang sering digunakan, tetapi kerap disalahartikan karena multitafsir.

Pemimpin Redaksi Emojipedia Keith Broni mengatakan, penggunaan emoji makin populer di masa kini, dan perluasan fitur WhatsApp Reactions akan mendorong popularitas emoji.

"Dengan lebih dari 3.600 pilihan dan opsi emoji baru, kami dengan senang hati bekerja sama dengan WhatsApp untuk menjelaskan arti dari tiap emoji yang terkadang membingungkan pengguna," tutur Broni, dikutip dari keterangan WhatsApp, Rabu (13/7/2022).

1. Wajah Meleleh

Wajah Meleleh adalah emoji baru dan sangat populer yang mengarah pada sarkasme – ketika seseorang seperti terpaksa untuk mempertahankan senyumnya. Emoji ini dapat Anda gunakan ketika Anda benar-benar merasa letih, kepanasan, (seperti 🥵) atau ketika Anda merasa malu dan canggung.

Bagaimana pun Anda memilih untuk menggunakan emoji ini, wajah meleleh dipastikan menjadi salah satu reaksi populer di WhatsApp musim panas ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Emoji Lainnya

2. Topi Biru

🧢 Topi Biru: Dalam bahasa Inggris, emoji ini dibaca sebagai ungkapan ‘cap’ atau ‘capping’ dan digunakan ketika menanggapi seseorang yang berbohong atau tidak jujur.

Jika seseorang merespons pesan Anda dengan emoji ini, kemungkinan besar mereka merasa Anda sedang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya.

3. Tengkorak

💀 Tengkorak biasanya mengungkapkan kiasan kematian, dan kini sering digunakan untuk bereaksi terhadap pesan yang sangat lucu yaitu "mati karena tertawa".

Meskipun sekilas terlihat menyeramkan, emoji tengkorak sengaja digunakan sebagai alternatif dari 😂 Tertawa hingga menangis dan 🤣 Tertawa terpingkal-pingkal.

4. Menangis Hebat

😭 Menangis Hebat dan 🤮 Muntah mungkin terlihat berlebihan pada awalnya, tetapi emoji melodramatis ini dapat digunakan untuk mengekspresikan reaksi positif yang sangat ekspresif.

😭 Menangis hebat karena diliputi oleh haru dan kegembiraan, serta 🤮 Muntah karena rasa kewalahan yang berasal dari kegembiraan, keterkejutan, atau kekaguman.

3 dari 5 halaman

Arti Emoji Selanjutnya

5. Wajah Memelas Berkaca-kaca

🥺 Wajah Memelas Berkaca-kaca dapat digunakan dalam banyak cara karena emoji ini dapat memberikan kesan meminta tolong, memohon, atau meminta belas kasihan. Sering disalahartikan sebagai simbol malu, emoji ini juga dapat mewakili ungkapan terima kasih dan perasaan tersentuh oleh gerakan yang penuh kasih.

6. Sepasang Mata

👀 Sepasang Mata, emoji ini terkadang digunakan untuk menunjukkan makna tersembunyi di balik pesan/konten yang diunggah; atau 'mata licik' untuk menyampaikan kecurigaan atau keterkejutan.

7. Cahaya Gemerlap

✨ Cahaya Gemerlap, emoji ini sering digunakan untuk memberikan dukungan, cinta, dan kebahagiaan. Selain itu, cahaya gemerlap juga dipakai untuk menunjukkan sesuatu yang bersinar, berkilauan, atau benar-benar bersih. Namun, seringkali emoji ini juga dimanfaatkan untuk menampilkan sarkasme dan ironi – atau bahkan membesar-besarkan makna kata atau pesan.

8. Tangan yang Mencatat

✍️ Tangan yang ️Mencatat sering digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan seksama pesan seseorang atau "membuat catatan" atas pesan dan saran seseorang.

 

4 dari 5 halaman

Cara Pakai Reactions WhatsApp

Sebelumnya, Reaksi emoji atau fitur Reactions di WhatsApp resmi diluncurkan. Hal ini dikonfirmasi oleh kepala WhatsApp, Will Cathcart, dalam sebuah video di Twitter dan di blog WhatsApp.

"Kami senang mengumumkan bahwa reaksi akan datang ke WhatsApp dimulai dengan 👍❤️😂😮😢🙏 beserta semua emoji dan warna kulit yang akan datang," ujarnya saat pengumuman fitur tersebut.

Melalui fitur baru WhatsApp ini kamu akan menemukan sejumlah reaksi emoji yang intuitif. Namun sepertinya, fitur ini digulirkan secara bertahap karena tak semua pengguna langsung bisa menggunakannya.

Agar kamu tak penasaran, berikut cara menggunakan fitur Reactions atau reaksi emoji di WhatsApp.

  • Buka obrolan tempat pesan yang ingin kamu tanggapi.
  • Tekan dan tahan pada pesan yang kamu terima dan ingin kamu tanggapi.
  • Sebuah pop-up akan muncul dengan 6 emoji yang bisa kamu gunakan untuk bereaksi.
  • Pilih salah satu dari 6 emoji itu untuk menggunakannya sebagai reaksi.
  • Reaksi pesan kamu akan muncul di bawah pesan yang kamu pilih sebelumnya.

(Tin/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.