Sukses

Xiaomi Bakal Ungkap Purwarupa Mobil Listrik pada Agustus 2022?

Menurut laporan terbaru, Xiaomi diketahui akan memperkenalkan purwarupa mobil listrik besutannya pada Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dilaporkan akan mengungkap purwarupa mobil listrik besutannya dalam waktu dekat. Informasi ini diketahui dari laporan media Tiongkok, Sina Tech, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Tech Radar, Minggu (17/7/2022), purwarupa mobil listrik Xiaomi akan diungkap oleh Lei Jun sebagai CEO perusahaan pada Agustus tahun ini. Lalu, diikuti dengan sejumlah rangkaian uji coba.

Laporan itu juga menyebut Xiaomi Auto telah merekrut tim dari Shanghai HVST Automobile Design dalam pengembangan purwarupa ini. Rencananya, produksi massal mobil listrik akan dilakukan pada 2024.

Untuk diketahui, Xiaomi memang telah mengungkap rencananya dalam pengembangan kendaraan listrik. Pada November 2021, perusahaan telah merampungkan pendaftaran unit bisnis kendaraan listrik dengan nama Xiaomi EV.

Unit bisnis ini didaftarkan dengan modal investasi awal sebesar 10 miliar yuan. Langkah ini disebut menjadi tonggak penting realisasi inisiatif kendaraan listrik pintar Xiaomi yang sudah masuk fase pengembangan.

Sebelumnya, pada Maret 2021, Lei Jun menyatakan komitmen perusahaan untuk menginvestasikan sekitar 10 miliar USD (Rp 216 triliun) dalam 10 tahun mendatang untuk inisiatif bisnis ini.

Selain itu, sebagai bentuk kesiapan Xiaomi membangun teknologi otomotif, sejak tahun lalu perusahaan telah mengumumkan akusisi terhadap Deepmotion Tech, perusahaan teknologi kendaraan otonom. 

Lei Jun sendiri telah resmi menjadi kuasa hukum Xiaomi EV dan secara langsung memimpin tim produksi. Tim Xiaomi EV telah melakukan lebih dari 2.000 survei dan mengunjungi 10 pelaku industri untuk memahami rantai industri secara menyeluruh untuk merumuskan pengembangan produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Xiaomi Bakal Setop Produksi Mi 11 Lite

Di sisi lain, Xiaomi, tiap tahunnya merilis banyak smartphone untuk memenuhi kebutuhan pengguna, salah satunya adalah Mi 11 Lite, adik dari Mi 11.

Satu tahun setelah kehadirannya, penerus Mi 11 Lite dijadwalkan akan rilis pada Desember 2022. Menurut mySmartPrice, Xiaomi 12 Lite bakal hadir di India dalam waktu dekat.

Dengan kehadiran penerusnya dalam waktu dekat nanti, ada kemungkinan Xiaomi akan menghentikan produksi Xiaomi Mi 11 Lite.

Sekadar informasi, Xiaomi Mi 11 Lite merupakan salah satu ponsel Xiaomi yang tertipis dan teringan di 2021. Di Indonesia, perangkat ini dibanderol Rp 3 jutaan.

Xiaomi Mi 11 Lite hadir dengan bodi ringan dan tipis. Di mana, Mi 11 Lite hanya setebal 6,9 mm dan beratnya hanya 157 gram. Perangkat ini jauh lebih ringan daripada iPhone 13.

Mi 11 Lite didukung layar 6,5 inci dan diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 732G. Pada bagian depan, terdapat kamera 16MP dan kamera utama 64MP. Ada pula kamera 8MP dan 5MP di bodi belakangnya.

Perangkat ini didukung kapasitas baterai 4.250mAh dan fast charging 33W. Perlu dicatat, Mi 11 Lite hadir dengan dukungan konektivitas 4G.

3 dari 5 halaman

Xiaomi 12 Lite 5G Siap Rilis di Indonesia 19 Juli 2022

Selanjutnya, Xiaomi mengumumkan bakal memboyong smartphone terbaru mereka, Xiaomi 12 Lite 5G untuk dilepas ke pasar Tanah Air.

Adapun, tanggal peluncuran Xiaomi 12 Lite 5G di Indonesia adalah Selasa, 19 Juli 2022 mendatang. Soal harga dan spesifikasi lebih detail juga akan diungkap di tanggal tersebut

Di bagian desain, Xiaomi 12 Lite 5G membawa desain yang tipis dan ringan, yang diklaim bertujuan untuk kenyamanan dalam menangkap bidikan terbaik Anda melalui kamera studio-level serta meningkatkan penampilan fashion Anda.

Dalam acara Hands-On di Jakarta, Kamis (14/7/2022) Tekno Liputan6.com melihat bahwa smartphone ini memang sangat ringan dan tipis. Selain itu, bingkai kameranya juga bisa dibilang tidak terlalu menonjol ke luar, membuat bodi ponsel ini jadi terlihat lebih ramping.

Dari sektor fotografi, Xiaomi 12 Lite 5G akan membawa tiga kamera belakang 108MP studio-level, 32MP kamera selfie dengan dukungan pencahayaan dual LEDs selfie glow.

Sementara untuk bagian jeroannya, Xiaomi 12 Lite akan didukung prosesor Snapdragon 778G 5G. Pada sisi daya, terdapat kapasitas pengisian daya 67W turbo charge.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Untuk layar di smartphone ini adalah 120Hz AMOLED, dan mendapat dukungan Dolby VisionTM dan Dolby AtmosTM untuk pengalaman hiburan yang menyeluruh.

Kolaborasi dengan Dolby Laboratories juga dilakukan untuk menghadirkan pengalaman audio-visual yang imersif, dalam smartphone tipis dan ringan.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan Xiaomi Indonesia dalam menghadirkan HP Xiaomi 12 Lite 5G yang didukung oleh Dolby Vision dan Dolby Atmos," kata Ashim Mathur, Senior Regional Director, Japan and Emerging Markets Dolby Laboratories.

"Dolby Atmos memberikan pengalaman sesungguhnya melalui kedalaman, kejernihan, dan detail suara yang belum pernah ada sebelumnya," imbuhnya.

Sementara itu, Dolby Vision, menurut Ashim, "mentransformasikan kualitas gambar ultra vivid dengan tingkat kecerahan, kontras, warna, dan detail luar biasa yang membuat pengalaman hiburan menjadi lebih hidup."

Kehadiran Xiaomi 12 versi ramah kantung ini di Tanah Air sendiri sebelumnya sudah diketahui melalui situs Kementerian Perdagangan (Kemenperin), yang sudah merilis sertifikat TKDN untuk seri ponsel ini.

Pantauan Tekno Liputan6.com, perangkat dengan nomor model 2203129G ini sudah mengantongi sertifikat TKDN per 18 Maret 2022.

Dengan nomor sertifikat 602/SJ-IND.8/TKDN/3/2022, Xiaomi 12 Lite memiliki nilai TKDN sebesar 30.60 persen.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis: Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia