Sukses

10 Persen Pengguna Spotify di Perangkat Mobile Aktif Setiap Hari

Menurut laporan Sensor Tower, satu dari sepuluh pengguna Spotify di ekosistem mobile adalah pengguna aktif yang membuka aplikasi itu setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower menganalisis perbandingan keterlibatan pengguna layanan music streaming yang mencakup Spotify, YouTube Music, SoundCloud, dan Pandora untuk periode kuartal kedua 2022 (Q2 2022).

Menurut laporan Sensor Tower, satu dari sepuluh pengguna Spotify di ekosistem mobile adalah pengguna aktif yang membuka aplikasi itu setiap hari.

Membuntuti Spotify, YouTube Music berada di urutan kedua dengan 4 persen. Sementara SoundCloud dan Pandora masing-masing berbagi tempat ketiga dan keempat dengan 1 persen.

Selain itu, laporan Sensor Tower juga menyebutkan bahwa pengguna aktif bulanan Spotify di AS telah tumbuh secara konsisten, meskipun ada penurunan selama awal pandemi pada kuartal kedua 2020 (Q2 2020). Dibandingkan dengan kuartal kedua 2019 (Q2 2019), kuartal terakhir ini memiliki 20 persen lebih banyak pengguna aktif bulanan.

Pertumbuhan ini bahkan lebih terasa ketika melihat penggunaan Spotify secara global. Pengguna bulanan aktif Spotify naik 37 persen pada Q2 2022 jika dibandingkan dengan Q2 2019.

Meskipun Spotify telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin di kategori aplikasi music streaming, Spotify masih memiliki sejumlah pesaing baik lama maupun baru.

Selain platform seperti YouTube Music, ByteDance dilaporkan telah mengajukan merek dagang AS untuk "TikTok Music".

Mereka pun telah meluncurkan layanan music streaming Resso di sejumlah pasar secara pasar yang antara lain mencakup Brasil, India, dan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spotify Bakal Pisahkan Tombol Play dan Shuffle untuk Pelanggan Premium

Diwartakan sebelumnya, Spotify telah mengumumkan perubahan tampilan bagi mereka para pelanggan Premium. Lewat perubahan ini, Spotify memisahkan tombol play dan shuffle yang biasanya digabung berada di atas daftar putar atau laman seorang musisi.

Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (3/8/2022), tombol tersebut saat ini ditampilkan menjadi satu. Namun dalam beberapa minggu ke depan, pelanggan premium di Android dan iOS akan melihat tombol yang terpisah.

"Perubahan baru ini akan memungkinkan Anda memilih mode yang diinginkan di atas playlist dan album, lalu mendengarkannya sesuai keinginan," tulis Spotify dalam unggahan terbaru di blog perusahaan.

Keberadaan tombol shuffle yang ada di Spotify memang menjadi salah satu perhatian pengguna. Sebab, tombol yang ada sekarang kerap membingungkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Kemudahan untuk Pengguna

Saat ini, aplikasi Spotify di Android dan iOS menampilkan tombol Play besar yang digabung dengan tombol Shuffle kecil, sehingga pengguna kesulitan untuk memutar lagu dari urutan pertama.

Dengan adanya perubahan tampilan ini, pengguna dapat lebih mudah memilih untuk memutar lagu secara acak atau sesuai urutan. Hanya, fitur ini memang ditujukan bagi pelanggan Premium saja, sedangkan versi gratis tidak akan mendapatkannya.

Pada tahun lalu, Spotify juga berhenti mengacak pemutaran lagu-lagu album secara default. Menurut laporan BBC, keputusan Spotify menghilangkan tombol shuffle di album page ini dilakukan atas permintaan dari penyanyi Adele.

 

4 dari 5 halaman

Adele minta Spotify ubah fitur

Sebelumnya, ketika melihat album di Spotify, pengguna akan melihat ikon shuffle kecil di dalam tombol "Play". Hal ini memperlihatkan, aplikasi streaming musik ini mulai memutar lagu-lagu di album dalam urutan acak, padahal pemutaran lagu secara acak tidak selalu diinginkan oleh pengguna.

Untuk itu, dengan perubahan tersebut, ketika pengguna menekan tombol "Play" di tampilan album, lagu-lagu akan diputar secara berurutan sesuai treknya. Hal ini berlaku selama pengguna berlangganan layanan Premium Spotify.

Kendati demikian, pengguna masih bisa mengaktifkan mode acak dengan mengaktifkan ikon "Shuffle", saat melihat trek individual. Adele sendiri meminta Spotify untuk mengubah fitur ini dengan alasan, album harus didengarkan dalam urutan tertentu.

5 dari 5 halaman

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.