Sukses

KunciCoin Terbuka untuk Bersinergi dengan Ekosistem Web3, Blokchain, dan Kripto Global

KunciCoin sejak awal mengklaim memiliki visi menjadi Web3, blockchain, dan kripto developer anak bangsa yang siap menjadi bagian untuk memajukan ekosistem blockchain dan kripto dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pentingnya ekosistem sebagai bagian dari utilitas dan menjadikannya sebagai bukti use case project yang jelas, mendorong KunciCoin untuk terus mengembangkannya.

KunciCoin sejak awal mengklaim memiliki visi menjadi Web3, blockchain, dan kripto developer anak bangsa yang siap menjadi bagian untuk memajukan ekosistem blockchain dan kripto dunia.

Untuk memulai langkah tersebut, KunciCoin terus memperkenalkan $KUNCI salah satunya dengan listing di berbagai cryptocurrency exchange. Kini KunciCoin sudah listing di lebih dari 20 exchange dunia dan terbaru listing di Bybit, salah satu cryptocurrency exchange tier-1.

Joko Crypto selaku Co-Founder KunciCoin mengatakan, as a project yang bisa listing di Top Tier Exchange adalah prestasi dan salah satu milestone yang besar dalam dunia kripto yang dapat meningkatkan credential dan trust sebuah project kepada para investor baru.

"Juga membuka pintu baru terhadap sebuah ekosistem kripto untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan proyek kripto lain,” ujar sosok individu anonim ini.

Untuk diketahui, Joko Crypto memulai karirnya sebagai miners dan traders sejak 2015. Ia memiliki misi ingin mengenalkan dan mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih paham tentang kripto.

Selain sudah dipercaya listing di Bybit, KunciCoin juga sudah meluncurkan KunciNFT (platform NFT musik dan komedi), KunciGames (AAA Games berbasis blockchain dan bersifat Play-to-Earn), partnership dengan Artotel Group, staking platform, dan lainnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ingin Bawa Nama Indonesia Jadi yang Terdepan

Saat ini ada beragam blockchain di market kripto, seperti Ethereum, Solana, Polygon, Cardano, dan lain-lain.

KunciCoin bercita-cita menjadi salah satu pilihan para developer Dapps (Decentralized Applications) ekosistem Web3, blockchain, dan kripto dari lingkup Indonesia dan global sekaligus membawa nama Indonesia semakin diperhitungkan di ekosistem ini ke depannya.

KunciCoin melihat saat ini secara global, blockchain dan kripto masih berada di umur yang sangat muda dan masih sangat bisa berkembang lebih luas lagi ke depannya, bahkan tidak menutup kemungkinan berbagai macam industri sebenarnya bisa memanfaatkan blockchain untuk diintegrasikan sebagai upaya salah satunya memberikan keuntungan maksimal dan memberikan efisiensi.

Untuk Indonesia, Joko Crypto mengklaim saat ini belum ada developer yang mengembangkan ekosistem blockchain dan kriptonya seluas dan beraneka ragam seperti KunciCoin.

"Indonesia adalah negara yang potensial untuk bisa memadukan pemanfaatan blockchain ke dalam unit bisnisnya. Saat ini masih butuh waktu untuk bisa sampai ke tahap itu, namun sembari mencapai tahap tersebut KunciCoin terus mengembangkan dan mempersiapkan infrastruktur dan landasannya saat sudah berada di tahap tersebut," kata Joko.

KunciCoin sudah mempersiapkan berbagai infrastruktur dan landasannya, dengan dibantu oleh anak-anak bangsa yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang tidak kalah dari para developer-developer luar Indonesia.

"KunciCoin sangat terbuka dengan para anak muda yang bertekad dan berkeinginan kuat untuk semakin memperkenalkan dan membuktikan pengembangan teknologi blockchain dan kripto kepada berbagai pihak di Indonesia," ujarnya memungkaskan.

3 dari 5 halaman

Pekerja Industri Blockchain Tanah Air Tumbuh Positif

Di sisi lain, pertumbuhan industri blockchain di Indonesia tampaknya terus bergeliat dan menunjukkan peningkatan signifikan. Dampak positifnya, jumlah pertumbuhan pekerja di industri ini terus meningkat.

Menurut laporan LinkedIn dan bursa kripto, OKX, bertajuk “2022 Global Blockchain Talent Report” menyebutkan pekerja yang ada di industri blockchain secara global telah meningkat 76 persen dibanding tahun lalu. Menariknya, Indonesia masuk dalam daftar negara teratas yang memiliki pertumbuhan positif.

Dari segi pertumbuhan pekerja blockchain, Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 negara teratas. Indonesia menduduki peringkat ke-8 untuk kategori ini, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 43 persen. Posisi Indonesia tepat berada di bawah Bulgaria (52 persen) dan di atas Polandia (24 persen) serta China (12 persen).

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO), Teguh Kurniawan Harmanda, setuju dengan hasil riset yang dikeluarkan oleh LinkedIn dan OKX.

Menurut dia, meski saat ini dalam masa crypto winter, tapi pertumbuhan jumlah pekerja di industri aset digital dan blockchain tetap tumbuh, termasuk di Indonesia.

"Dalam situasi industri blockchain di Indonesia saat ini, sedang terjadi bottle neck, di mana secara pertumbuhan bisnis sangat pesat, tapi ketersedian talent terbatas. Banyak startup blockchain dalam negeri yang berlomba-lomba untuk hiring mencari talenta terbaik. Di sisi lain, menemukan bakat blockchain itu sulit," kata pria yang akrab disapa Manda, dalam siaran pers, dikutip Jumat (19/8/2022).

 

4 dari 5 halaman

Industri yang Rumit

Manda menambahkan blockchain adalah salah satu tren teknologi terpanas di dunia saat ini. Tetapi menemukan bakat yang tepat dengan keterampilan prasyarat yang diperlukan untuk menguasai tools dan regulasi baru dalam teknologi blockchain adalah tugas yang sulit.

Kripto dan Blockchain Industri yang Rumit

Kripto dan blockchain merupakan industri yang sangat rumit yang membutuhkan keahlian khusus. Tapi, itu tidak berarti perusahaan harus membatasi diri pada rekrutmen yang sudah akrab dengan kripto atau aktif di dalamnya. 

“Kami di asosiasi melihat siapa pun bisa memiliki kesempatan bekerja di industri ini. Artinya dia harus memiliki kemauan dan inovatif untuk mengimbangi perkembangan industri yang tumbuh pesat," jelas Manda.

Manda memberikan informasi mengenai posisi yang menjanjikan di industri blockchain untuk jangka waktu yang panjang. 

"Pekerjaan blockchain developer sangat diminati terlepas dari perubahan masa depan kripto. Sementara, perusahaan blockchain akan terus memanfaatkan keahlian mereka yang sekarang dapat diterapkan di berbagai industri," ujar dia.

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.