Sukses

Video Wawancara CEO Apple Dipakai untuk Tipu Puluhan Ribu Pengguna YouTube

Sebuah siaran palsu mengenai acara Apple dan Crypto ditonton oleh puluhan ribu orang di YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan pengumuman iPhone 14 pada 7 September 2022, puluhan ribu pengguna kena tipu dengan menonton live streaming palsu bertajuk "Apple Crypto Event 2022" di kanal YouTube bernama Apple Live.

Adapun pelaku kejahatan siber berupaya untuk mempromosikan mata uang kripto, dengan menampilkan potongan wawancara CEO Apple Tim Cook dengan media CNN pada tahun 2018.

Bagi kamu yang sudah tidak asing lagi dengan aksi penipuan crypto yang kerap terjadi di YouTube, maka ada beberapa tanda menunjukkan siara tersebut adalah palsu.

Pertama, live streaming palsu itu berusaha menarik perhatian pengguna dengan menggunakan deskirpsi dan judul dengan susunan keyword Apple.

Namun saat dibuka, hanya akan muncul pesan aneh yang mengarahkan penonton siaran di YouTube itu ke laman situs crypto mencurigakan.

Selain tanda di atas, tanda lain yang menyebutkan tayangan live streaming ini berusaha menipu penontonnya adalah dengan judul aneh bertuliskan "Apple Event Live. Ceo of Apple Tim Cook: Apple & Metaverse in 2022."

Pelaku menambahkan logo Bitcoin dan Etherum ke dalam video, menutupi logo CNN Money dengan teks "Apple Crypto Event 2022", dan menambahkan tulisan "URGENT NEWS" di bagian bawah video, sebagaimana dilansir The Verge, Jumat (9/9/2022).

Siaran ini dilakukan setelah Apple yang mengadakan perilisan seri iPhone 14, bersamaan ketika CEO Tim Cook sedang diwawancara oleh Vox Media.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juga Ada Kanal Lain dengan Aksi Penipuan Serupa

Aksi penayangan live streaming palsu ini merupakan upaya untuk menipu orang-orang yang tidak menyadari Apple sedang meluncurkan produk baru, tetapi tidak tahu persis apa yang sedang terjadi.

Tim dari The Verge juga menemukan, siaran langsung lainnya juga terjadi di saluran terpisah (dan mencurigakan) mengklaim itu adalah "Apple Inc" [sic].

Live streaming ini dimaksudkan sebagai acara yang menampilkan Cook dan CEO Tesla Elon Musk membahas tentang Apple dan metaverse.

Namun pada kenyataannya, itu adalah wawancara tentang Bitcoin dengan Musk dan pemimpin Blok Jack Dorsey.

Saat tayang, ada sekitar 10.000 penonton dan juga ditautkan ke situs crypto yang tampak samar dalam obrolan.

YouTube sendiri tidak langsung menghapus kanal tersebut dari platform secara langsung, akan tetapi baru beberapa kabar tentang live streaming palsu ini mulai ramai baru dihapus dari platform.

3 dari 3 halaman

YouTube Luncurkan Laman Khusus untuk Podcast

YouTube diketahui tengah memperkuat posisinya sebagai platform penyedia konten podcast. Hal ini diketahui dari laman khusus yang didedikasikan untuk konten podcast di platform tersebut.

Dikutip dari The Verge, Selasa (23/8/2022), laman khusus podcast ini memang baru bisa diakses untuk pengguna di Amerika Serikat. Namun berdasarkan laporan 9to5Google, laman ini sudah muncul sejak Juli 2022 dan digulirkan secara bertahap.

Laman khusus podcast ini bisa diakses langsung melalui YouTube.com/podcasts atau lewat laman Explore. Meski belum bisa diakses seluruh pengguna, laman ini menampilkan sejumlah acara atau kanal berisi podcast yang memiliki jutaan pelanggan.

Secara tampilan, laman ini tidak juga jauh berbeda dari informasi konten lain yang ada di YouTube. Namun, dengan laman khusus ini, pengguna diarahkan untuk lebih mudah mengakses konten podcast.

Terlebih, konten podcast di aplikasi YouTube ternyata memiliki banyak peminat. Kendati demikian, belum dapat dipastikan kapan laman khusus ini akan menyambangi pengguna global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.