Sukses

Simak Deretan Fitur iOS 16 yang Patut Kamu Coba

Deretan fitur baru di iOS 16 yang patut dicoba pengguna iPhone saat meluncur nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dipastikan akan menggulirkan iOS 16 untuk seluruh pengguna iPhone pada 12 September 2022 waktu Amerika Serikat. Dengan kata lain, kehadiran iOS terbaru ini tinggal menunggu hitungan jam.

Generasi terbaru dari sistem operasi untuk iPhone ini diumumkan ketika peluncuran lini iPhone 14. Hadir sebagai update besar-besaran untuk perangkat iPhone, Apple telah menyiapkan deretan fitur baru.

Sebagai informasi, iOS 16 dipastikan akan hadir mulai dari lini iPhone 8, iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, hingga iPhone SE (generasi kedua dan terbaru).

Sambil menanti kehadiran iOS terbaru ini, tak ada salahnya untuk mengetahui deretan fitur baru ditawarkan Apple. Apa saja fitur yang bisa langsung dicoba usai iOS 16 rilis nanti? Berikut ini beberapa di antaranya.

Lock Screen

Pada iOS 16, pengguna kini bisa mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Nantinya, pengguna tinggal menggeser layar untuk mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood. Apple juga menyediakan beberapa wallpaper baru untuk para pengguna iPhone.

Tampilan Notifikasi

Apple juga melakukan perombakan tampila notifikasi di lock screen. Sebelumnya, tampilan notifikasi akan tampil menumpuk di layar, tapi kini tampilan itu akan digulirkan di bagian bawah layar.

Edit or Unsend iMessage

iOS 16 juga memungkinkan pengguna untuk mengedit atau membatalkan pesan yang dikirimkan melalui iMessage. Nantinya, pengguna bisa mengedit pesannya paling lambat hingga 15 menit pesan tersebut dikirimkan.

Penerima pesan juga bisa mengetahui apabila pengirim melakukan edit pesan yang dikirimkan padanya. Sementara untuk membatalkan pesan, pengguna bisa melakukannya paling lambat dua menit setelah pesan dikirimkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur Lain

 

Live Text

Pada iOS 16, Apple juga menghadirkan kemampuan Live Text untuk format video. Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan saat pengguna memakai Live Text di foto atau video.

Apple Maps

Apple turut membawa banyak perubahan pada aplikasi Maps di iOS 16. Dalam update ini, aplikasi Maps akan menampilkan sejumlah parameter baru, termasuk kecepatan atau temperatur kendaraan.

Pembaruan lain yang juga dihadirkan adalah menambahkan beberapa perhentian saat melakukan navigasi perjalanan. Aplikasi ini turut mendukung visual seperti 3D dan integrasi lebih baik dengan Apple CarPlay.

Safety Check

Fitur anyar lain yang dibawa Apple adalah Safety Check. Sesuai namanya, fitur ini bertujuan untuk melindungi pengguna yang menjadi korban kekerasan.

Ketika fitur ini aktif, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti lokasi yang mungkin telah dibagikan ke orang lain sebelumnya.

 

3 dari 5 halaman

Apple Rilis iPhone 14 dan 14 Plus

Apple mengawali pengumumkan lini ponsel terbarunya dengan mengungkap iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dalam peluncuran Apple Event bertajuk "Far Out".

Melanjutkan tradisi dari seri iPhone sebelumnya, iPhone 14 tampil dengan layar berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci untuk model iPhone 14 Plus.

 Adapun Apple menggunakan panel OLED buatan khusus, yang mana telah dilindungi ceramic shield dan tentunya sudah mendukung Dolby Vision.

Sesuai dengan bocoran yang beredar, duet iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan chipset Apple 15 Bionic--yang terpasang di iPhone 13 series.

Meski menggunakan chipset dari generasi sebelumnya, perusahaan berbasis di Cupertino, California itu mengklaim telah meningkatkan kemampuannya untuk di iPhone 14 ini.

Saat iOS 16 digulirkan ke semua pengguna akhir tahun ini, pengguna tidak perlu berurusan lagi dengan kode Captcha yang merepotkan. Di mana, Captcha kerap meminta pengguna menggeser sekeping puzzle ke tempatnya.

Pengguna tak perlu lagi berurusan lagi dengan Captcha yang rumit, dan merepotkan lantaran Apple memperkenalkan fitur bernama Automatic Verification. Fitur ini memungkinkan sejumlah website dan aplikasi mengetahui bahwa si pengguna bukanlah bot, tanpa pengguna harus memverifikasi dirinya.

Mengutip The Verge, Rabu (22/6/2022), dalam menghadirkan fitur Automatic Verification ini, Apple bekerja sama dengan dua content delivery networks yakni Fastly dan Cloudfare untuk mengembangkan sistem tersebut.

4 dari 5 halaman

Harga iPhone 14

Perusahaan menjelaskan, kamera di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus ini sudah disematkan sensor berukuran 1,9 mikron dengan aperture 1,5.

Melengkapi kemampuan kamera di kedua iPhone baru tersebut, Apple juga telah menyertakan teknologi OIS yang diklaim memiliki peningkatan besar saat memotret di kondisi low light.

Lalu bagaimana dengan selfie-nya? Perusahaan bentukan Steve Jobs itu memasang kamera 12MP dan melengkapinya dengan teknologi TrueDepth baru dan autofocus.

Disebutkan, baik iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tampil dengan 5 pilihan warna yaitu midnight, starlight, blue, purple, dan Product Red.

Pre-order iPhone 14 akan dibuka pada 9 September dan mulai dijual pada 16 September, sementara itu iPhone 14 Plus baru akan tersedia pada 7 Oktober.

Apple memasang banderol harga iPhone 14 senilai USD 799 atau Rp 11,9 juta, dan iPhone 14 Plus dijual seharga USD 899 atau Rp 13,4 juta.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.