Sukses

Cerita Fotografer Nicoline Patricia Pakai Samsung Galaxy Z Fold4 5G untuk Fotografi

Fotografer Nicoline Patricia bercerita tentang bagaimana ia menggunakan Samsung Galaxy Z Fold4 5G untuk kebutuhan fotografi

Liputan6.com, Jakarta - Samsung tengah gencar memperkenalkan foldable smartphone atau HP layar lipat, khususnya setelah beberapa waktu lalu merilis Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G.

Di samping untuk multitasking dan produktivitas, beberapa fitur dan kemampuan juga dibawa Samsung di Galaxy Z Fold4 5G untuk menunjang keperluan fotografi.

Salah satunya seperti diungkap oleh fotografer dan desainer Nicoline Patricia Malina, yang mengaku juga menggunakan Samsung Galaxy Z Fold4 5G, untuk pekerjaan dan fotografi.

Dalam acara workshop di Seminyak, Bali, Senin (10/10/2022), Nicoline Patricia menceritakan, adaptasi untuk menggunakan smartphone layar lipat lebih mudah ketimbang adaptasi dari smartphone biasa ke kamera profesional.

Nicoline juga menceritakan, dirinya pun berani untuk melakukan travelling atau bepergian, hanya bermodalkan smartphone layar lipat untuk fotografi, alih-alih membawa kamera profesional besar.

Menurut pendiri dari Lanivatti dan NPM itu, momen sangat penting bagi fotografi. Maka dari itu, tidak mungkin menggunakan peralatan yang terlalu ribet.

"Saya masih ingat golden hour sudah bagus banget, jalanan sepi, ada orang lewat dengan shadow yang perfect banget. Saat itu terjadi saya punya waktu sepersekian detik, dan yang saya lakukan adalah ganti lensa," kata Nicoline.

Menurut Nicoline, kejadian yang ribet seperti itu membuatnya harus melewatkan momen fotografi yang padahal bagus untuk ditangkap ke dalam sebuah foto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Multi Window

Di samping itu, Nicoline juga mengaku memiliki masalah pada pundaknya, karena dia sering bepergian membawa tas yang berat berisi peralatan seperti laptop, kamera, dan lensa, selama bertahun-tahun.

Sehingga, penggunaan Samsung Galaxy Fold4 5G yang mumpuni untuk fotografi dirasa cukup membantu dirinya meringankan beban saat bepergian.

"Pemakaiannya juga sangat mudah, saya tidak perlu belajar banyak, justru saya lebih eksplorasi lagi, dan ternyata menggunakan semua fitur itu hasilnya tidak kalah sama kualitas gambar yang dihasilkan kamera profesional saya," imbuhnya.

Tak cuma fotografi, Nicoline juga menyebut Galaxy Z Fold4 5G juga sangat membantu dalam produktivitasnya yang menurutnya fast-paced, salah satunya adalah fitur Multi Window.

"Saat aku edit foto misalnya sebagai fotografer, aku bisa buka software editing foto dan aku bisa buka tiga aplikasi bersamaan. Aku bisa buka galeri juga, dan aku bisa buka Notes aku juga," kata Nicoline.

3 dari 4 halaman

Galaxy Z Fold4 5G dan Flip4 5G Terjual Lebih Banyak dari Pendahulunya

Sementara itu, Samsung mengungkapkan, smartphone foldable mereka yaitu Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G diterima dengan baik di Indonesia. Hal ini terlihat dari sisi penjualan, dua bulan setelah peluncurannya.

Informasi disebutkan oleh Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Electronics Indonesia, dalam workshop di Seminyak, Bali, Senin awal pekan ini (10/10/2022).

Verry mengklaim, dari sisi penjualan, kedua perangkat tersebut lebih besar dua kali lipat dibandingkan tahun lalu alias jika dibandingkan dengan smartphone pendahulunya, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip4.

"Hasil penjualan kami dua kali dibandingkan tahun lalu, dan memegang urutan nomor dua dunia," kata Verry, meski tidak merinci lebih lanjut mengenai data penjualan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Potensi HP Layar Lipat Masih Besar

Selain itu, disebutkan Samsung Galaxy Z Flip4 5G memiliki penjualan sedikit lebih besar ketimbang Galaxy Z Fold4 5G, di mana untuk Flip4 penjualannya sebesar 52 persen sementara Fold4 sebesar 48 persen.

Verry menambahkan, pasar untuk para pengguna HP layar lipat di Indonesia masih sangat luas, apalagi kebanyakan pengguna smartphone menggunakan ponsel yang berbentuk bar atau batangan.

Samsung sendiri mengatakan tidak menaikkan harga Galaxy Z Fold4 5G bila dibandingkan dengan pendahulunya, meski membawa beberapa peningkatan fitur yang signifikan.

Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga Rp 24.999.000 (12GB/256GB), Rp 26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp 30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.