Sukses

Mencetak Foto dari Ponsel Pakai Printer Canon PIXMA Ink Efficient G570, Begini Hasilnya

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba G570 selama sekitar dua minggu untuk mencetak foto. Begini hasil cetaknya...

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang sering mengabadikan momen penting, mungkin terbersit untuk mencetak foto agar memorinya terus abadi dan punya kesan tersendiri.

Jika sebelumnya kamu kerap mencetak foto di sebuah studio, tak ada salahnya bila saat ini kamu mulai mencoba untuk mencetak foto di rumah menggunakan printer.

Sejumlah produsen belakangan ini berlomba menawarkan printer khusus yang tak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan kerja, tetapi juga foto. Hasil cetaknya pun bisa dibilang tak kalah dengan studio foto.

Salah satu produsen yang kini fokus memasarkan printer adalah Canon, melalui distributor tunggal di Indonesia yaitu PT Datascrip.

Perusahaan belum lama ini merilis dua printer cetak foto PIXMA Ink Efficient G570 dan G670. Keduanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif seperti studio foto, studio desain, percetakan/ kebutuhan cetak bisnis, atau pengguna yang ingin mencetak foto pribadi di rumah.

Kedua printer ini memiliki desain modular dengan komponen yang dapat diganti dengan mudah oleh pengguna, seperti penggantian printhead dan absorber (maintenance cartridge) setelah penggunaan dalam jangka panjang.

Rancangan khusus ini diklaim akan sangat membantu dan menghemat waktu karena pengguna tidak perlu repot untuk membawa printer ke service center.

<p>Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba G570 selama sekitar dua minggu untuk mencetak foto. Dari segi tampang, PIXMA Ink Efficient G570 dibalut warna hitam doff khas printer Canon.

<p>Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Terdapat layar LCD monokrom kecil di bagian kanan atas untuk pengaturan dan menampilkan informasi, serta didukung beberapa tombol fisik. Di bagian belakang, ada port USB type B dan colokan daya.

<p>Port USB type B di Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Colokan daya di Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Lantas, bagaimana hasil cetak fotonya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Instalasi

Sebelum mencetak foto, kami melakukan instalasi dengan cara mengikuti buku manual yang ada di dalam paket penjualan. Instalasinya sangat mudah, bahkan bagi pemula sekali pun.

Untuk diketahui, di dalam boks kemasan, pembeli akan mendapatkan dua printhead atau kepala cetak serta enam tinta tabung: Black, Grey, Cyan, Magenta, Yellow, dan Red.

<p>Print head atau kepala cetak serta enam tinta tabung: Black, Grey, Cyan, Magenta, Yellow, dan Red dalam paket penjualan Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Langkah pertama, kamu akan diminta memasang dua printhead (kiri dan kanan) pada slot yang tersedia dengan membuka penutup atas. Jangan lupa untuk melepas dan membuang pita oranye dan material pelindung di dalamnya.

<p>Memasang print head Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Memasang print head Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

<p>Print head Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Lalu, hubungkan kabel listrik ke stop kontak, tekan tombol Power, dan pilih Bahasa pengoperasian. Setelahnya, masukkan enam botol tinta ke tabung yang tersedia.

<p>Proses instalasi printer Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Untuk mencegah risiko tertukar, masing-masing botol tinta harus dipasangkan ke dalam tangki tinta yang sesuai dengan petunjuk warna. Volume botol tintanya pun sudah disesuaikan dengan kapasitas tangki.

<p>Memasukkan enam botol tinta ke tabung Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Desain botol tinta baru ini hadir dengan bentuk nozzles unik, yang hanya pas di mulut tangki masing-masing warna. Selain untuk menghindari kesalahan saat pengisian tinta, juga membuat pengisian tinta lebih cepat dan anti tumpah.

<p>Memasukkan enam botol tinta ke tabung Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Tangki tinta yang sudah terintegrasi juga turut mempermudah pengguna untuk melihat level tinta yang tersisa pada muka tangki yang dibuat transparan.

<p>Tangki botol tinta Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Jika enam tangki sudah terisi tinta, tutup penutup atasnya dan tekan tombol 'Ya'. Kemudian, kamu diminta memasukkan kertas printer untuk melakukan pengaturan awal yang memakan waktu sekitar 9 menit.

3 dari 4 halaman

Hasil Cetak Foto

Setelah semua proses penyetalan di atas telah selesai, kamu siap untuk mencetak foto. Dalam uji kali ini, Tekno Liputan6.com menggunakan kerta foto glossy ukuran A4 dan 4R.

Untuk mulai mencetak foto, kamu harus menarik keluar penopang kertas yang ada di bagian belakang bodi, lalu masukkan kertas (minimal 2 lembar). Selanjutnya, geser pemandu kertas samping untuk mengepaskannya dengan sisi tumpukan kertas.

Setelah itu, tarik tatakan keluaran kertas yang ada di bagian depan bodi. Ikuti semua intruksi pada layar dan tekan tombol 'OK'.

Selain dengan kabel, Canon PIXMA Ink Efficient G570 bisa dioperasikan secara nirkabel. Kami mencetak foto secara nirkabel menggunakan smartphone via aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy.

<p>Aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy. Liputan6.com/Iskandar</p>

Aplikasi ini bisa terhubung dengan cepat ke printer menggunakan koneksi WiFi. Di aplikasi ini ada pengaturan untuk cetak dokumen, cetak foto, membuat item foto dengan desain sendiri, dan fungsi smartphone copy.

Proses cetaknya pun cukup cepat, di mana mencetak foto di kertas A4, misalnya, hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 20 detik (tergantung dari detail foto).

<p>Proses cetak foto menggunakan printer Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Soal hasil cetak foto, kualitasnya bisa dibilang hampir menyerupai studio foto, dengan warna yang kaya dan akurat serta kecerahan dan kontras yang tinggi. Berikut ini hasil cetaknya:

<p>Hasil cetak foto menggunakan printer Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Hasil cetak foto menggunakan printer Canon PIXMA Ink Efficient G570. Liputan6.com/Iskandar</p>

Untuk diketahui, kapasitas tinta PIXMA Ink Efficient G570 bisa mencetak hingga 3.800 lembar foto tanpa tepi ukuran 4x6 inci. Printer ini mendukung beberapa ukuran kertas, mulai dari 3,5x3,5 inci, 4R (4x6 inci), B5, A4 hingga pencetakan banner sepanjang 1,2 meter. Soal resolusi pencetakan, maksimum 4.800 x 1.200 dpi.

Bagi pengguna yang ingin berkreasi dengan hasil cetakan, seperti mencetak pas foto, mengatur tata letak foto, menghias kalender dengan foto dan pencetakan kartu pos, bisa menggunakan aplikasi Editor Easy-PhotoPrint untuk platform iOS, OS Android, Windows, dan Mac OS.

Canon PIXMA Ink Efficient G570 dijual di Indonesia dengan harga Rp 4.290.000, mencakup garansi produk selama tiga tahun. Jika tintanya habis, cukup merogoh Rp 200 ribu per botol untuk isi ulang.

 

4 dari 4 halaman

Infografis cara aman selfie saat gerhana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.