Sukses

Snapdragon 8 Gen 2 Jadi Standar Baru Motret Pakai HP Android

Lewat Snapdragon Sight baru, Qualcomm mampu mendefinisikan era baru memotret pakai HP Android layaknya menggunakan kamera profesional.

Liputan6.com, Hawaii - Qualcomm sudah mengumumkan kehadiran Snapdragon 8 Gen 2 sebagai chipset terbarunya, dan akan siap terpasang di seluruh merek HP Android flagship tahun depan.

Dengan perkenalan chipset baru ini, perusahaan asal Amerika Serikat ini juga membawa sejumlah peningkatan khususnya dalam prosesor AI Hexagon di Snapdragon 8 Gen 2.

Dipadukan dengan Sensing Hub yang berisikan prosesor AI audio dan medukung fitur always-sensing camera, Snapdragon 8 Gen 2 mampu mendongkrak performa AI 4,35x dari generasi sebelumnya.

Walau memiliki performa tinggi, ternyata perusahaan dapat mengurangi konsumsi daya baterai hingga 60 persen.

Berbekal teknologi ini, Qualcomm mengklaim vendor ponsel dapat mengoptimalkan kemampuan kamera mereka dapat bersaing dengan chipset Tensor buatan Google di ponsel Pixel.

Lewat Snapdragon Sight baru, Qualcomm mampu mendefinisikan era baru memotret pakai HP Android layaknya menggunakan kamera profesional.

Melalui cognitive ISP (image signal processor) pertama di dunia yang dibuat oleh Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 dapat secara otomatis meningkatkan foto dan video secara real-time dengan apa yang disebut segmentasi semantik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu segmentasi semantik?

Judd Heape, Vice President, Product Management, Camera, Computer Vision and Video, QualcommIni menjelaskan, ini adalah proses di mana neural network AI dapat membuat kamera secara kontekstual menyadari wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, langit, dan faktor lainnya.

"Fitur ini juga mengoptimalkannya secara individual sehingga setiap detail menerima penyetelan gambar profesional yang disesuaikan," katanya.

Ambil contoh, ketika memotret seseorang menggunakan kacamata maka akan terlihat pantulan dari lensa mereka.

Dengan teknologi baru milik Qualcomm ini, pantulan di kacamata objek foto dapat dihilangkan secara natural sehingga terlihat lebih menarik.

Snapdragon 8 Gen 2 juga sudah mendukung sensor gambar baru, termasuk Sony yang merupakan yang pertama mengembangkan teknologi HDR overlay digital quad.

Chipset baru Qualcomm ini juga sudah mendukung Samsung ISOCELL HP3, sensor smartphone 200 megapiksel yang telah digembar-gemborkan setahun terakhir ini tetapi belum muncul di perangkat Samsung.

Dikombinasikan dengan Snapdragon 8 Gen 2, Qualcomm mengatakan sensor resolusi tinggi ini akan dapat memberikan foto dan video berkualitas profesional.

3 dari 4 halaman

Ini Daftar HP Android yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Tahun Depan

Qualcomm baru saja kehadiran chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, di Hawaii, Amerika Serikat Selasa 15 November 2022.

Tampil dengan peningkatan dalam hal teknologi AI, kamera, keamanan data, dan performa gaming, ponsel mana saja yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 di HP Android buatan mereka?

Sayangnya, tahun ini Qualcomm masih tutup mulut soal siapa vendor pertama yang akan memakai Snapdragon 8 Gen 2.

Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat itu mengungkap daftar HP Android yang akan pakai Snapdragon 8 Gen 2 tahun 2023 mendatang.

Lewat presentasinya di Snapdragon Summit 2022, PJ Jacobowitz, Staff Manager dan Product Marketing Qualcomm Technologies, ada 15 vendor ponsel yang siap memakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini.

- Asus ROG

- Honor

- iQOO

- Motorola

- Nubia

- OnePlus

- Oppo

- Redmagic

- Redmi

- Sharp

- Sony

- Vivo

- Xiaomi

- Xingji/Meizu

- ZTE

Walau belum ditentukan siapa, beberapa pihak masih meyakini Xiaomi akan menjadi ponsel pertama yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Xiaomi 13.

Lainnya berpendapat, Vivo X90 Pro+ yang akan dirilis dalam waktu dekat ini menjadi HP Android pertama dengan chipset baru milik Qualcomm ini.

Selain kedua perusahaan di atas, masih ada beberapa merek ponsel lain yang juga berpotensi pakai Snapdragon 8 Gen 2 ini, seperti Honor, Oppo, hingga iQOO dari daftar di atas.

Menurut kamu vendor apa yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini? Pantau terus informasinya di Liputan6.com.

(Ysl/isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.