Sukses

MIT Uji Kemampuan Otonom Satelit Mikro di Ruang Angkasa

AMS mengintegrasikan propulsi listrik dan navigasi otonom serta algoritme kontrol panduan yang mendorong banyak pengoperasian pendorong ke pesawat ruang angkasa--mirip seperti mobil otonom swakemudi

Liputan6.com, Jakarta - Pada Mei 2022, roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan misi Transporter-5 ke orbit. Misi itu antara lain berisi kumpulan satelit mikro dan nano dari industri dan pemerintah, termasuk satu dari Laboratorium MIT Lincoln yang disebut Agile MicroSat (AMS).

Misi utama AMS adalah menguji kemampuan manuver otomatis di lingkungan orbit sangat rendah (VLEO) yang penuh gejolak; mulai dari 525 kilometer di atas permukaan dan turun ke bawah.

VLEO adalah lokasi menantang untuk satelit karena kepadatan udara lebih tinggi, ditambah dengan cuaca antariksa yang bervariasi. Itu menyebabkan tarikan yang meningkat dan tidak dapat diprediksi yang memerlukan manuver yang sering dilakukan untuk mempertahankan posisinya.

Menggunakan sistem propulsi ion listrik komersial dan algoritme khusus, AMS sedang menguji seberapa baik ia dapat menjalankan navigasi dan kontrol otomatis selama periode misi awal enam bulan.

"AMS mengintegrasikan propulsi listrik dan navigasi otonom serta algoritme kontrol panduan yang mendorong banyak pengoperasian pendorong ke pesawat ruang angkasa--mirip seperti mobil otonom swakemudi," kata Andrew Stimac, peneliti utama untuk program AMS dan pemimpin laboratorium Integrated Systems and Concepts Group.

Stimac melihat AMS sebagai semacam misi pencari jalan untuk bidang otonomi bagi satelit mikro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya otonomi untuk satelit

Otonomi sangat penting untuk mendukung semakin banyaknya peluncuran satelit kecil untuk industri dan sains karena dapat mengurangi biaya dan tenaga kerja yang diperlukan untuk pemeliharaan, mengaktifkan misi yang membutuhkan respons cepat dan dadakan, dan membantu menghindari tabrakan di langit yang sudah ramai.

AMS adalah pengujian pertama mikrosatelit dengan jenis kemampuan manuver otomatis ini. Ia menggunakan pendorong propulsi elektrik yang dipilih untuk memenuhi batasan ukuran dan daya mikrosatelit sambil memberikan daya dorong dan daya tahan yang cukup untuk mengaktifkan misi multi-tahun yang beroperasi di VLEO.

Perangkat lunak penerbangan, yang disebut Bus Hosted Onboard Software Suite, dirancang untuk mengoperasikan pendorong secara mandiri untuk mengubah orbit pesawat ruang angkasa.

 

3 dari 4 halaman

Algoritme baru

Operator di darat dapat memberi AMS perintah tingkat tinggi, seperti turun ke dan mempertahankan orbit 300 kilometer, dan perangkat lunak akan menjadwalkan pembakaran pendorong untuk mencapai perintah tersebut secara mandiri, menggunakan pengukuran dari penerima GPS onboard sebagai umpan balik.

Perangkat lunak eksperimental ini terpisah dari perangkat lunak penerbangan bus, yang memungkinkan AMS menguji algoritme barunya dengan aman tanpa membahayakan pesawat ruang angkasa.

"Salah satu pendukung AMS adalah cara kami membuat sandbox perangkat lunak ini di pesawat ruang angkasa," kata Robert Legge, anggota lain dari tim AMS.

"Kami memiliki perangkat lunak host kami sendiri yang berjalan di komputer penerbangan utama, tetapi terpisah dari perangkat lunak avionik kesehatan dan keselamatan yang penting. Pada dasarnya, Anda dapat melihat ini sebagai lingkungan pengembangan kecil di pesawat ruang angkasa tempat kami dapat menguji algoritme yang berbeda," tutur Legge lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Infografis Apollo dan Jejak Manusia di Bulan. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.