Sukses

Harga Terbaru iPhone XR di Indonesia untuk 2023, Simak Spesifikasinya

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui harga terbaru iPhone XR yang dijual di Indonesia, berikut spesifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan iPhone XR pada 2018 bersama dengan iPhone XS dan iPhone XS Max. Meski sudah berusia hampir lima tahun, iPhone XR ternyata masih menarik untuk digunakan.

Terlebih, bagi kamu yang ingin mulai beralih menggunakan iPhone, model ini bisa menjadi salah satu pilihan. Sebab, selain harganya sudah jauh lebih murah, spesifikasi ditawarkan juga terbilang masih mumpuni.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (5/1/2023), unit iPhone XR baru memang sudah tidak bisa lagi ditemukan di distributor resmi Apple, seperti iBox atau Digimap. Namun, beberapa penjual di marketplace masih menjualnya dengan garansi distributor resmi Indonesia.

Dari penelusuran, harga iPhone XR untuk 2023 ada di kisaran Rp 6 jutaan untuk varian 64GB. Sementara untuk varian 128GB ditawarkan dengan harga mulai Rp 7,5 jutaan.

Selain harga lebih terjangkau dibandingkan saat pertama kali rilis, dukungan Apple untuk iPhone XR juga diprediksi masih cukup lama. Dengan usia hampir lima tahun, iPhone ini masih mendapatkan iOS terbaru, yakni iPhone 16.

Melihat kebiasaan Apple, iPhone XR juga kemungkinan masih bisa mendapatkan iOS baru hingga setidaknya dua hingga tiga tahun lagi. Belum lagi, desain iPhone ini terbilang lebih modern, ketimbang iPhone SE 2022 yang masih hadir dengan tombol fisik.

Bicara soal spesifikasi iPhone XR, ponsel ini dipersenjatai dengan chip A12 Bionic yang mendukung Neural Engine generasi kedua. Smartphone ini hadir dengan layar Liquid Retina berukuran 6,1 inci.

Beralih soal fotografi, Apple menyematkan kamera belakang 12MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kebutuhan selfie iPhone ini diserahkan pada kamera depan 7MP.

Apple juga telah membekali smartphone ini dengan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan cipratan, air, dan debu. Hanya perlu diingat, iPhone XR belum mendukung jaringan 5G.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya Penggantian Baterai iPhone dan iPad Naik Mulai 1 Maret 2023

Di sisi lain, Apple menaikkan biaya penggantian baterai iPhone, iPad, dan Mac mulai 1 Maret 2023. Perusahaan mengumumkan hal ini dalam teks berukuran kecil tentang estimasi harga servis perangkat.

Berapa tingkat kenaikan harga penggantian baterai? Semuanya tergantung pada perangkat apa yang dimiliki pengguna.

Mengutip The Verge, Selasa (3/1/2023), untuk iPhone, biaya layanan baterai di luar garansi akan dinaikkan sebesar USD 20 (setara Rp 311 ribuan) untuk semua model iPhone sebelum iPhone 14. Bagi iPhone dengan tombol Home, itu artinya harga penggantian baterai akan naik dari USD 49 menjadi USD 69.

Sementara bagi perangkat dengan FaceID, harga penggantian baterai iPhone naik dari USD 69 menjadi USD 89. Harga lama itu ditentukan pada 2019, setelah Apple menjalankan promosi setahun, di mana pengguna bisa mendapatkan penggantian baterai sebesar USD 29.

Lain lagi bagi seluruh model MacBook Air, kenaikan harga penggantian baterai adalah $30 (setara Rp467 ribuan), dengan begitu kenaikannya dari USD 129 menjadi USD 159.

Untuk MacBook (komputer 12 inci) yang diperkenalkan pada 2015, situs Apple hanya mencantumkan opsi layanan baterai untuk model 2016 dan 2017. Sementara model MacBook Pro harga penggantian baterainya naik USD 50 (setara Rp 778 ribu) tepatnya dari USD 199 menjadi USD 249.

iPad jadi perangkat paling tricky, pasalnya ada banyak versi iPad yang sudah dirilis Apple. Kenaikan harga penggantian baterainya adalah $20, namun hanya akan berlaku ke sejumlah model, yakni:

- iPad Pro 12,9 inci (generasi kelima atau sebelumnya), model terbaru saat ini adalah iPad Gen 6 yang dirilis 2022.

- iPad Pro 11 inci (generasi ketiga dan sebelumnya), model terbaru saat ini iPad Gen 4 yang dirilis 2022.

- iPad Pro 10,5 inci

- iPad Pro 9,7 inci

- Semua model iPad Mini

- Semua model iPad Air.

3 dari 4 halaman

Kenaikan Harga Tidak Mengejutkan

Kenaikan harga penggantian baterai ini mungkin tidak mengejutkan, pasalnya penggantian komponen iPhone terbaru pun pasti lebih mahal dari pendahulunya, begitu juga dengan iPad Pro.

Secara teori, perubahan biaya penggantian baterai seharusnya tidak memengaruhi orang yang telah membayar paket perpanjangan layanan Apple, yakni Apple Care+.

Lantas, kapankah pengguna iPhone perlu mempertimbangkan untuk mengganti baterai perangkat mereka? Laman Apple Toolbox menyebut, iPhone mempertahankan battery health hingga 80 persen dari kapasitas baterai aslinya setelah 500 siklus pengisian penuh. 

Lalu, setelah persentase battery health turun di bawah 80 persen, jumlah daya yang dapat ditahan baterai iPhone Anda mulai berkurang.

Hal ini tak berarti Anda harus buru-buru membeli dan mengganti baterai baru. Angka tersebut menjadi orientasi dan tidak ada keharusan mengganti baterai pada presentase tersebut.

Pasalnya, sebuah iPhone dengan battery health 70 atau 80 persen masih bisa bekerja baik seharian penuh, jika pengguna tak memakai perangkatnya untuk nonton video atau main games. Hal tersebut bergantung pada pola penggunaan perangkat.

Waktu paling tepat mengganti baterai iPhone adalah saat si pengguna sadar, baterai iPhone cepat habis dan tak bisa memenuhi kebutuhan harian.

4 dari 4 halaman

Apple Music Sing, Fitur Karaoke untuk Pengguna iPhone hingga iPad

Bersama dengan iOS 16.2 pula, Apple turut merilis Apple Music Sing, sebuah fitur di Apple Music, yang memungkinkan pengguna bernyanyi bersama atau melakukan karaoke bersama lagu-lagu favorit mereka.

Lewat fitur ini, vokal dalam lagu tersebut akan disesuaikan agar lebih pas untuk karaoke, serta menghadirkan lirik secara real-time.

Namun, patut diingat, vocal slider nantinya tidak benar-benar menghapus vokal dari lagu, hanya melakukan penyesuaian volume.

Mengutip laman resmi Apple, Kamis (8/12/2022), Apple Music Sing juga menawarkan beberapa tampilan lirik yang bisa membantu bernyanyi mulai dari duet, backup, dan lain-lain.

Apple Music Sing rencananya akan tersedia di akhir bulan Desember 2022 ini, untuk pelanggan Apple Music di seluruh dunia. Fitur ini disebut akan dirilis untuk perangkat iPhone, iPad, dan Apple TV 4K terbaru.

"Pengalaman lirik Apple Music secara konsisten menjadi salah satu fitur paling populer di layanan kami," kata Oliver Schusser, Vice President Apple untuk Apple Music and Beats.

Schusser mengatakan, Apple sudah tahu bahwa pengguna juga ingin mengikuti lagu favorit mereka.

"Jadi kami ingin mengembangkan penawaran ini lebih jauh untuk memungkinkan lebih banyak keterlibatan seputar musik melalui nyanyian," imbuhnya. 

Apple Music Sing menghadirkan beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berkaraoke.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.