Sukses

Sony Klaim PS5 Tak Langka Lagi dan Bakal Lebih Mudah Ditemukan

Bos Sony mengklaim, orang yang mencari PS5 di retailer global bakal lebih mudah untuk menemukannya saat ini

Liputan6.com, Jakarta - Sony mengklaim, seretnya pasokan PlayStation 5 (PS5) sudah berakhir. Hal ini seperti disebutkan oleh Jim Ryan, CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), dalam presentasinya di Consumer Electronics Show 2023.

Mengutip Polygon, dalam presentasinya di Las Vegas, Amerika Serikat itu, Ryan mengklaim suplai PS5 mengalami peningkatan di pengujung tahun 2022. "Pasokan PS5 meningkat menjelang akhir tahun lalu,” kata Ryan.

"Saya senang untuk berbagi, Desember adalah bulan terbesar untuk penjualan konsol PS5, dan kami sekarang telah menjual lebih dari 30 juta unit hingga ke konsumen di seluruh dunia."

"Setiap orang yang menginginkan PS5 akan lebih mudah menemukannya di retailer global, mulai saat ini," kata Ryan, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (6/1/2023).

Adapun, angka penjualan PlayStation 5 di bulan Desember yang diungkap Ryan, sekitar lima juta lebih banyak daripada data penjualan terakhir di bulan November.

Pertama kali dirilis di November 2020, PS5 sempat mengalami kelangkaan akibat seretnya rantai pasokan terdampak pandemi Covid-19. Baru pada Agustus 2022, perusahaan sempat menyebut konsol game itu "hampir mudah untuk dibeli."

Bulan Mei lalu, Sony kepada para investor mengatakan, mereka telah menjual 19,3 juta unit PS5. Namun perusahaan mengatakan mereka "sangat nyaman" untuk memproyeksikan pengiriman perangkat sebesar 18 juta untuk tahun fiskal mendatang, yang berakhir Maret ini.

Ryan juga mengucapkan terima kasih atas kesabaran para konsumen, karena Sony "mengelola permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di tengah tantangan global selama dua tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sony Ungkap Project Leonardo

Di ajang yang sama, Sony juga baru saja memamerkan sejumlah teknologi baru. Salah satu teknologi baru itu adalah sebuah kontroler PS5 dengan kode nama Project Leonardo.

Mengutip blog PlayStation, Jumat (6/1/2023), Project Leonardo adalah kontroler PS5 khusus untuk gamer penyandang disabilitas atau difabel.

Perusahaan menjelaskan, proses pembuatan kontroler PS5 ini sudah melalui konsultasi dengan advokat aksesibilitas gim, seperti AbleGamers dan SpecialEffect.

Hasilnya, Sony membuat sebuah kontroler yang dapat dikonfigurasi dengan bebas dan berfungsi dengan berbagai aksesoris difabel pihak ketiga lainnya.

Berdasarkan foto yang dibagikan, kontroler Leonardo memiliki bentuk bulat dengan berbagai tombol sekelilingnya, trigger, dan sebuah joystick. Karena bisa dikonfigurasi sesuai keinginan, gamer dapat mengatur posisi dan fungsi setiap tombol agar memudahkan mereka bermain.

"Kontroler ini memungkinkan gamer untuk menemukan pengaturan yang sesuai dengan kekuatan, rentang gerak, dan kebutuhan fisik," kata Sony designer So Morimoto.

Dijelaskan, Project Leonardo ini dapat digunakan secara sendiri atai dikombinasikan dengan perangkat tambahan lainnya, seperti kontroler DualSense.

Saat ini Project Leonardo masih dalam pengembangan, sehingga belum diketahui berapa harganya dan kapan akan meluncur ke gamer difabel yang memiliki konsol PS5.

3 dari 4 halaman

God of War: Ragnarok Game of the Year 2022 Versi PlayStation Blog

Di sisi lain, Sony Interactive Entertainment (SIE) baru-baru ini merilis sederet penghargaan PlayStation Blog Game of the Year bagi beberapa game yang rilis di tahun 2022 ini.

Melalui blog resminya, Jumat (30/12/2022), Gillen McAllister, Senior Specialist, Content Communication, SIE menyebutkan, pemenang dari 16 kategori yang ada di penghargaan ini, ditentukan oleh para gamer.

Dalam penghargaan ini, judul terbaru dari seri God of War, God of War Ragnarok, menyabet banyak penghargaan dari berbagai kategori termasuk PS4 Game of the Year dan PS5 Game of The Year.

Di kedua kategori Game of The Year (GOTY) tersebut, God of War Ragnarok mengalahkan sederet judul seperti Elden Ring, Horizon Forbidden West, dan Stray.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang 2022 PlayStation Blog Game of the Year

Nah, berikut ini daftar lengkap pemenang dari 2022 PlayStation Blog Game of the Year yang diumumkan oleh Sony.

  • Best New Character - Thor (God of War Ragnarok)
  • Best Story - God of War Ragnarok
  • Best Graphical Showcase - God of War Ragnarok
  • Best Art Direction - God of War Ragnarok
  • Best Audio Design - God of War Ragnarok
  • Soundtrack of the Year - God of War Ragnarok
  • Best Accessibility Features - God of War Ragnarok
  • Best Use of DualSense - God of War Ragnarok
  • Best Multiplayer Experience - Call of Duty: Modern Warfare II
  • Best Ongoing Game - Call of Duty: Warzone 2.0
  • Best Sports Game - Gran Turismo 7
  • Best Independent Game of the Year - Stray
  • Best Re-Release - Uncharted: Legacy of Thieves Collection
  • PS4 Game of the Year - God of War Ragnarok
  • PS5 Game of the Year - God of War Ragnarok
  • Most Anticipated Game of 2023 and Beyond - Hogwarts Legacy

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.