Sukses

Apple Dikabarkan Batal Rilis iPhone SE Generasi 4

Apple dikabarkan membatalkan peluncuran iPhone SE generasi keempat, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar Apple kemungkinan tak akan melihat peluncuran iPhone SE 2024. Demikian menurut analis Ming-Chi Kuo dari sumber di bidang rantai pasokan Apple.

Pada Jumat lalu, Kuo mengunggah tulisan di blognya yang menyebut Apple membatalkan produksi dan rencana pengapalan iPhone SE generasi keempat. Bulan lalu Kuo memprediksi, iPhone SE gen 4 mungkin dibatalkan atau ditunda produksinya.

Mengutip The Verge, Sabtu (7/1/2023), Kuo menyebut alasan ponsel ini dihentikan kemungkinan karena penjualan iPhone murah ini lebih buruk dari yang diharapkan perusahaan.

Sebelumnya pada September, Bloomberg melaporkan, ada lebih banyak permintaan untuk iPhone 14 Pro ketimbang iPhone 14.

Selain itu, karena kekhawatiran kenaikan harga bisa membuat iPhone SE kurang menarik bagi pembeli yang begitu sensitif terhadap harga.

Sebenarnya, bukan kejutan lagi Apple tidak merilis iPhone SE pada 2024. Karena Maret lalu, Kuo dan Nikkei Asia melaporkan, Apple telah menurunkan jumlah iPhone SE yang rencananya akan diproduksi, hanya beberapa minggu setelah ponsel tersebut dirilis.

Meski belum banyak mendengar tentang bagaimana penjualan iPhone SE gen 3, bisa dipahami Apple ogah buru-buru menindaklanjuti smartphone yang tidak terlalu menghasilkan banyak uang. Apalagi, tahun 2023 sepertinya bakal jadi tahun yang sulit bagi perusahaan teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Rahasia Lagi

Sekadar informasi, iPhone SE gen 3 dirilis dua tahun setelah iPhone SE gen 2, ada jeda empat tahun setelah model pertama dirilis. Yang disayangkan dari kehadiran iPhone SE gen 3 adalah, setelah bertahun-tahun, Apple tidak mengubah desain ponsel ini, dari sejak awal rilis.

Kalau iPhone SE gen 4 batal rilis, sepertinya banyak pihak memaklumi kecuali Qualcomm. Hal ini karena pada model iPhone SE gen 3, perusahaan menggunakan modem 5G dari Qualcomm.

Sebenarnya, menurut Kuo, Apple telah berencana menguji modem dan chip sendiri ke iPhone SE selanjutnya, sebelumnya membawa chip tersebut ke iPhone versi flagship.

Namun, kabar Apple mungkin tak merilis iPhone SE 2024 belum bisa dipastikan, apalagi perilisannya direncanakan pada 2024.

3 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi iPhone 15

Terlepas dari itu, Apple memang belum mengungkap informasi terkait iPhone 15, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Meski begitu, bocoran informasi tentang penerus iPhone 14 series pun banyak beredar di internet.

Terkini adalah bocoran spesifikasi iPhone 15, khususnya model Pro dan Pro Max dimana keduanya akan memiliki beberapa fitur baru. Adapun beberapa fitur baru itu, termasuk bingkai titanium, tombol solid-state dengan haptic feedback, dan RAM lebih tinggi.

Bocoran informasi ini diungkap oleh analis teknologi Jeff Pu dari Haitong International Securiteis. Dia mengungkap beberapa hal terkait iPhone 15 series ini.

Dilansir MacRumors, Jumat (6/1/2023), iPhone 15 dan 15 Pro memiliki layar berukuran 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus dan 15 Pro Max 6,7 inci.

Varian iPhone 15 Pro bakal memiliki bingkai titanium dan tombol volume dan daya solid-state dengan haptic feedback.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Sematkan ROM 8GB

Jeff juga memprediksi, Apple bakal menyematkan RAM 8GB di iPhone 15 Pro ketimbang model iPhone 14 Pro yang hanya pakai RAM 6GB.

Ketiga fitur ini sejalang dengan rumor iPhone 15 Pro sebelumnya yang diungkap oleh leaker ShrimpApplePro dan analis Ming-Chi Kuo.

Pu mengatakan, model iPhone 15 Pro akan ditenagai oleh chip A17 Bionic yang diproduksi dengan proses 3nm TSMC.

Sementara itu, untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dilengkapi dengan chip A16 Bionic dan RAM 6GB.

"Keempat model iPhone 15 akan memiliki port USB-C dan modem Qualcomm Snapdragon X70 untuk 5G dan LTE," katanya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.