Sukses

Samsung Tak Sengaja Konfirmasi Tanggal Rilis Galaxy S23 Series, Kapan?

Walau laman web itu sekarang telah dihapus, postingan tersebut secara jelas menunjukkan Galaxy Unpacked akan digelar pada 1 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran tentang tanggal rilis Samsung Galaxy S23 series memang sudah terdengar sejak bulan Desember 2022, dan kini informasi itu dikonfirmasi sendiri oleh perusahaan.

Baru-baru ini, cabang Samsung di Kolombia menguatkan tanggal peluncuran Galaxy S23 series pada acara Galaxy Unpacked di laman website mereka.

Walau laman web itu sekarang telah dihapus, postingan tersebut secara jelas menunjukkan Galaxy Unpacked akan digelar pada 1 Februari 2023.

Walau tidak secara terbuka menyebut Galaxy S23 series di postingan tersebut, namun gambar itu mengonfirmasi Samsung akan memamerkan ponsel barunya 1 Februari mendatang.

Informasi, Samsung disebut-sebut akan memperkenalkan tiga model Galaxy S23 series, yaitu Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra.

Perusahaan asal Korea itu memang belum mengungkap tabir misteri tentang HP Android terbarunya, namun berbagai bocoran tentang ponsel mereka sudah banyak beredar di internet.

Sebelumnya, ada laporan menyebutkan Samsung tidak akan menaikkan harga Galaxy S23 series.

Padahal dalam kondisi normal, besar kemungkinan Samsung akan menaikkan harga Galaxy S23 series dari pendahulunya untuk memaksimalkan keuntungan.

Mengutip Gizchina, perusahaan disebut-sebut memiliki kekhawatiran kenaikan harga justru akan membuat Galaxy S23 series jadi kurang kompetitif dari segi harga.

Kenaikan harga dianggap justru akan menihilkan keuntungan, jika hanya segelintir orang yang membeli perangkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Galaxy S23 Series Sama Seperti Generasi Sebelumnya?

<p>Foto dummy Galaxy S23 series. (Doc: Slashleak)</p>

Saat kehadirannya, Galaxy S22 dibanderol mulai dari Rp 11,9 juta untuk Galaxy S22 hingga Rp 20,9 juta untuk Galaxy S22 Ultra.

Jika tahun ini Samsung tak menaikkan harga, kemungkinan Samsung Galaxy S23 series bakal dibanderol dengan rentang harga seperti di atas.

Menurut sebuah laporan dari Korea Selatan, pendapatan divisi MX Samsung meningkat dari USD 22,3 miliar pada kuartal kedua 2022 menjadi USD 25,3 miliar pada kuartal ketiga 2022. Terdapat peningkatan pendapatan sebesar 13,3 persen.

Kendati demikian, laba operasi perusahaan turun dari USD 2,6 miliar pada kuartal kedua tahun 2022 menjadi USD 2,5 miliar pada kuartal ketiga tahun 2022. Itu artinya, ada penurunan sebesar 3,6 persen dalam hal laba operasional.

3 dari 4 halaman

Sesuaikan Strategi Penjualan Smartphone

Render HP Samsung Galaxy S23. (Doc: Ice Universe)

Merujuk laporan-laporan sebelumnya, Samsung Electronics pun akan menyesuaikan strategi penjualan smartphone-nya tahun ini dengan menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Itu artinya, Samsung akan fokus meningkatkan performansi chip untuk bersaing dengan iPhone milik Apple.

Model orientasi laba Samsung dalam beberapa tahun terakhir dianggap masih gagal mencapai hasil yang maksimal di pasaran, dibandingkan iPhone. Oleh karenanya, disebutkan Samsung kini tidak lagi fokus pada pengurangan biaya. 

4 dari 4 halaman

Fokus Bersaing dengan iPhone di Segmen Flagship

<p>Penampakan foto dummy Samsung Galaxy S23 series. (Doc: Slashleaks)</p>

Perusahaan digadang-gadang akan fokus meningkatkan fungsi yang diinginkan pengguna dengan memastikan chipnya bekerja dengan lebih baik.

Beberapa analis pun menduga, manajemen Samsung ingin mempersempit jarak dengan Apple di pasar ponsel kelas atas dan mendapatkan lagi kepercayaan konsumen. Pada strategi sebelumnya, menurut analis, Samsung hanya memastikan keuntungan dengan mengurangi biaya.

Itu sebabnya Samsung punya seri Galaxy A untuk pasar menengah dan bawah. Kendati demikian, strategi ini tampaknya kurang sukses, apalagi dengan banyaknya model smartphone Tiongkok yang menawarkan perangkat murah dengan performa lumayan.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.