Sukses

Apple Bakal Kembangkan Sendiri Chipset Seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth

Apple mengembangkan chipset untuk menggantikan chip koneksi seluluer, Wi-Fi dan Bluetooth yang saat ini terpasang diperangkat mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Apple saat ini sedang mengembangkan sendiri chipset koneksi seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth untuk perangkat mereka.

Dilansir laporan Bloomberg, Rabu (11/1/2023), Apple mengembangkan chipset untuk menggantikan chip Wi-Fi dan Bluetooth buatan Broadcom.

Laporan itu juga menyebutkan, chipset Apple ini akan mulai digunakan untuk berbagai perangkat perusahaan pada 2025 mendatang.

Bloomberg juga melaporkan, Apple juga berupaya mengembangkan sendiri modem seluler untuk menggantikan buatan Qualcomm.

Informasi, Qualcomm sendiri baru-baru ini saat pengumuman laporan pendapatan Q4 2022 berharap untuk merengkuh sebagian besar modem 5G untuk iPhone 2023.

Seperti hardware buatan Apple lainnya, besar kemungkinan perusahaan bermarkas di Cupertino ini akan mulai pasang modem buatannya di satu produk.

Setelah itu, kemungkinan perusahaan bakal transisi sepenuhnya ke modem buatan mereka sendiri dengan rentang waktu tiga tahun selanjutnya.

Jika memang Apple benar bakal memproduksi masal chipset, ini menambah deretan chip kustom milik perusahaan saat ini.

Informasi, Apple mengakuisisi "mayoritas" bisnis modem ponsel pintar Intel pada tahun 2019.

Nikkei melaporkan pada tahun 2021, Apple ingin menggunakan modem 5G miliknya sendiri mulai 2023.

Tetapi berdasarkan komentar terbaru Qualcomm, perusahaan rintisan Steve Jobs itu tidak akan beralih hingga tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Dikabarkan Batal Rilis iPhone SE Generasi 4

<p>Bocoran desain dan spesifikasi iPhone SE 4. (Doc: Jon Prosser x Ian Zelbo)</p>

Di sisi lain, penggemar Apple kemungkinan tak akan melihat peluncuran iPhone SE 2024. Demikian menurut analis Ming-Chi Kuo dari sumber di bidang rantai pasokan Apple.

Pada Jumat lalu, Kuo mengunggah tulisan di blognya yang menyebut Apple membatalkan produksi dan rencana pengapalan iPhone SE generasi keempat.

Bulan lalu Kuo memprediksi, iPhone SE gen 4 mungkin dibatalkan atau ditunda produksinya.

Mengutip The Verge, Sabtu (7/1/2023), Kuo menyebut alasan ponsel ini dihentikan kemungkinan karena penjualan iPhone murah ini lebih buruk dari yang diharapkan perusahaan.

Sebelumnya pada September, Bloomberg melaporkan, ada lebih banyak permintaan untuk iPhone 14 Pro ketimbang iPhone 14.

3 dari 4 halaman

Apple Turunkan Jumlah Produksi iPhone SE

Apple luncurkan iPhone SE 2022 dengan kemampuan 5G. (Doc: Apple)

Selain itu, karena kekhawatiran kenaikan harga bisa membuat iPhone SE kurang menarik bagi pembeli yang begitu sensitif terhadap harga.

Sebenarnya, bukan kejutan lagi Apple tidak merilis iPhone SE pada 2024. Karena Maret lalu, Kuo dan Nikkei Asia melaporkan, Apple telah menurunkan jumlah iPhone SE yang rencananya akan diproduksi, hanya beberapa minggu setelah ponsel tersebut dirilis.

Meski belum banyak mendengar tentang bagaimana penjualan iPhone SE gen 3, bisa dipahami Apple ogah buru-buru menindaklanjuti smartphone yang tidak terlalu menghasilkan banyak uang.

Apalagi, tahun 2023 sepertinya bakal jadi tahun yang sulit bagi perusahaan teknologi.

4 dari 4 halaman

Bukan Rahasia Lagi

iPhone SE 2022 mengusung desain yang sama dengan iPhone SE 2020, dengan dukungan Touch ID. (Foto: Apple Newsroom).

Sekadar informasi, iPhone SE gen 3 dirilis dua tahun setelah iPhone SE gen 2, ada jeda empat tahun setelah model pertama dirilis. Yang disayangkan dari kehadiran iPhone SE gen 3 adalah, setelah bertahun-tahun, Apple tidak mengubah desain ponsel ini, dari sejak awal rilis.

Kalau iPhone SE gen 4 batal rilis, sepertinya banyak pihak memaklumi kecuali Qualcomm. Hal ini karena pada model iPhone SE gen 3, perusahaan menggunakan modem 5G dari Qualcomm.

Sebenarnya, menurut Kuo, Apple telah berencana menguji modem dan chip sendiri ke iPhone SE selanjutnya, sebelumnya membawa chip tersebut ke iPhone versi flagship.

Namun, kabar Apple mungkin tak merilis iPhone SE 2024 belum bisa dipastikan, apalagi perilisannya direncanakan pada 2024.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.