Sukses

iPhone 14 Pro Warna Deep Purple Jauh Lebih Laris Ketimbang Hitam

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max warna Deep Purple ternyata lebih populer ketimbang warna Space Black. Padahal selama bertahun-tahun, iPhone warna standar seperti Black atau White selalu lebih laris.

Liputan6.com, Jakarta - Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) mengungkap warna iPhone paling populer di tiap lini smartphone Apple.

Menurut riset CIRP, pihaknya menanyakan kepada para konsumen Apple terkait warna perangkat yang mereka pilih dan menganalisanya.

Hasilnya, secara historis terungkap pelanggan Apple cenderung bertahan dengan warna dasar ketimbang memilih beberapa warna baru yang tidak biasa, ditampilkan saat Apple mengumumkan iPhone generasi baru. 

CIRP dalam hal ini menemukan, kebanyakan konsumen akan tetap memakai warna hitam atau abu-abu dan hitam. Namun, peluncuran iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, serta iPhone 14 Pro Max tampaknya mengubah tren tersebut.

Mengutip 9to5Mac, Minggu (5/3/2023), mayoritas pemilik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max rupanya tidak memilih warna Space Black, tetapi paling banyak justru memilih Deep Purple.

"Pemilik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max paling banyak memilih warna Deep Purple, dengan persentase 42 persen. Lalu, 24 persen dari mereka memilih warna Gold," tulis 9to5Mac.

Hal itu berarti 2/3 dari pemilik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max lebih memilih warna baru, dalam hal ini iPhone 14 Pro Deep Purple dan Gold ketimbang warna dasar seperti Space Black alias hitam.

Untuk warna yang dinilai standar seperti hitam (Space Black) dipilih oleh 23 persen konsumen. Kemudian untuk warna Silver dipilih oleh 11 persen pemilik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumen Lebih Pilih iPhone 14 Blue

Sementara itu, untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, mayoritas konsumen atau 27 persennya memilih warna Blue, 22 persen memilih Purple, dan 14 persen memilih Red.

Itu artinya, ada sekitar 63 persen dari pembeli iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang lebih memilih iPhone "berwarna" ketimbang memilih warna dasar seperti Midnight atau Starlight (hitam dan putih).

Warna Midnight, dipilih oleh sebanyak 26 persen konsumen iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Porsi paling rendah adalah konsumen yang memilih warna Starlight yakni 12 persen.

Black Jadi Warna Populer di iPhone 12 

Sementara, untuk iPhone 12 dan iPhone SE, mereka kebanyakan lebih memilih warna standar seperti Midnight alias hitam.

Pemilik iPhone 12, 56 persennya memilih untuk membeli iPhone 12 warna Black, diikuti dengan warna Blue dan Purple masing-masing 22 persen.

3 dari 4 halaman

iPhone SE Hitam juga Paling Populer

Pemilik iPhone SE, mayoritas atau sekitar 62 persen memilih warna hitam, 23 persen memilih warna Red, dan 15 persennya memilih warna White.

Warna Pink Populer di Kalangan Pembeli iPhone 13

Untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, warna Black dan Pink cukup populer di antara para konsumen. Sebanyak 38 persen konsumen yang disurvei memilih iPhone 13 dan iPhone 13 Mini warna Black dan 23 persennya memilih Pink yang merupakan warna baru.

4 dari 4 halaman

Warna Merah-nya iPhone 13 Kurang Populer

Di sisi lain, para pemilik iPhone 13 dan iPhone 13 mini 23 persennya memilih warna Blue, 13 persen memilih White, dan hanya 5 persen yang memilih (Product) Red.

Dari survei ini, CIRP menemukan hal unik dan mengejutkan, di mana Deep Purple jadi warna yang paling populer di lini iPhone 14, karena konsumen menyimpan perangkat mereka lebih lama.

"Kami berharap mereka (konsumen) membuat pilihan warna yang lebih konservatif (bukan warna standar seperti hitam atau putih)," kata periset di CIRP.

Kenapa warna Deep Purple paling banyak dipilih, kemungkinan karena Apple secara agresif mempromosikan model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus serta iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max warna ungu.

(Tin/Ysl)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.