Sukses

Instagram Down, Sejumlah Pengguna Keluhkan Postingan Hilang hingga Terblokir

Sejumlah pengguna mengeluhkan unggahan mereka di Instagram hilang atau bahkan akunnya terblokir. Hal ini pun membuat Instagram Down banyak dikicaukan di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Platform berbagi foto dan video milik Meta, Instagram, sempat dikeluhkan oleh sejumlah warganet di berbagai negara karena tidak bisa diakses. Belakangan diketahui Instagram down.

Gara-gara keluhan tersebut, tagar Instagram Down menjadi trending topic nomor 3 dan peringkat ke-13 secara world wide alias di seluruh dunia.

Instagram melalui akun Twitter-nya membenarkan kalau layanannya sempat down.

"Karena ada masalah teknis, sejumlah pengguna menghadapi masalah saat mengakses Instagram. Kami sedang memecahkan isu tersebut secepatnya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," kata Instagram di Twitter.

Layanan Instagram pun menjadi sulit diakses, bahkan sejumlah pengguna ada yang mengeluhkan unggahan mereka hilang atau terblokir.

<p>Pengguna mengeluhkan Instagram Down dan menyebut akun mereka terblokir dan unggahan hilang (Foto: Hasil capture Twitter)</p>

Pengguna Instagram berbahasa Inggris dengan akun @TheJoezilla di Twitter mengungkap, "Bagaimana dengan unggahan saya di Instagram yang lebih dari 100 konten hilang sama sekali, padahal semuanya terlihat di data saya."

Pengguna Instagram error lain, yakni pemilik akun @faelcarvalhoofc mengiyakan. "Benar," cuitnya.

Lain lagi dengan pengguna Instagram error yang berbahasa Inggris, pemilik akun Twitter @mespy. "Akun saya ditangguhkan tanpa ada peringatan atau alasan kenapa, akun saya diblokir. Saya mengikuti panduan komunitas dan mengunggah apa yang jutaan orang lainnya unggah. Tolong kembalikan akun (Instagram) saya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Teknis 1 Jam Telah Diperbaiki

Kendati demikian menurut Meta, masalah teknis yang berlangsung satu jam itu telah diperbaiki.

"Tadi malam, masalah teknis membuat banyak orang kesulitan mengakses Instagram. Kami memperbaiki masalah ini bagi semua orang, sesegera mungkin," cuit Instagram.

Sementara itu, laporan Reuters yang Tekno Liputan6.com kutip, Kamis (9/3/2023) menyebut, ada cukup banyak pengguna Instagram di seluruh dunia yang merasakan Instagram error dan tidak bisa diakses.

3 dari 4 halaman

Laporan Berangsur Menurun Usai Instagram Erorr Normal Lagi

Para pengguna yang mengeluhkan layanan Instagram down berasal dari Amerika Serikat, Inggris, India, Jepang, sampai ke Australia.

Masih data Reuters, laman pendeteksi situs gangguan, Downdetector, mengungkap terdapat lebih dari 53.000 laporan kejadian di mana pengguna tidak bisa mengakses Instagram.

Laporan status website down itu berasal dari banyak sumber, termasuk juga pengguna yang melaporkan dari platform Instagram.

Segera setelah layanan berangsur pulih, laporan di DownDetector tentang errornya Instagram mulai surut. Dari yang semua ada puluh ribu laporan di AS, jumlah tersebut turun signifikan hingga 1000 laporan dan 100 laporan di Inggris, India, Jepang, dan Australia.

 

4 dari 4 halaman

Statistik Tentang Instagram Error di DownDetector

Berdasarkan pantaun tim Tekno Liputan6.com di laman web Downdetector, Kamis (9/3/2023), Instagram down terjadi pada 9.52 WIB dengan laporan mencapai 46.436.

Dari laporan, 87 persen pengguna melaporkan tidak bisa membuka atau mengakses aplikasi Instagram di perangkat HP Android dan iOS mereka.

Sementara itu, 10 persen lainnya tidak bisa membuka Instagram versi browser. Terakhir, 3 persen pengguna bermasalah dengan login.

Melalu akun Twitter-nya, tim komunikasi Instagram mengakui layanan media sosial mereka memang sedang mengalami masalah teknis.

"Karena ada masalah teknis, sejumlah pengguna menghadapi masalah saat mengakses Instagram. Kami sedang memecahkan isu tersebut secepatnya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Instagram di Twitter.

Masih belum diketahui seperti apa akar penyebab Instagram down, namun saat ini layanan media sosial milik Meta itu sudah beroperasi secara normal.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.