Sukses

Desain Baru Tombol iPhone 15 Pro Kembali Terungkap dalam Bocoran Terbaru, Tak Ada Lagi Tombol Silent Geser

Pembaruan pada iPhone 15 Pro dikabarkan mencakup perubahan pada tombol volume dan tombol silent yang terungkap pada bocoran terbaru yang beredar.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan memperkenalkan sejumlah pembaruan desain penting untuk iPhone generasi berikutnya, yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Pembaruan tersebut mencakup perubahan tampilan pada satu set tombol kapasitif yang ada di iPhone.

Informasi tersebut turut diperkuat dengan bocoran terbaru yang beredar belum lama ini. Mengutip informasi dari 9to5Mac, Selasa (21/3/2023), ada video yang muncul menampilkan computer-aided design (CAD) dari iPhone 15 Pro.

Kehadiran video baru itu memperkuat rumor sebelumnya yang menyebut bahwa Phone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan hadir dengan tombol volume baru dan tombol mute dengan jenis yang berbeda. 

Menurut sumber yang berpengalaman dalam membuat aksesori bersertifikat untuk produk Apple, model iPhone 15 Pro akan membuang tombol volume atas dan volume bawah yang terpisah. Sebagai gantinya, kedua tombol tersebut akan digabungkan menjadi satu tombol yang berfungsi dua arah. 

Tak hanya itu, sumber tersebut juga menyatakan bahwa tombol mute klasik akan digantikan dengan tombol tekan. Jadi, pengguna perlu menekannya untuk membuat iPhone 15 Pro beralih ke mode silent (hening), bukan digeser seperti generasi iPhone sebelumnya.

2 dari 4 halaman

Bocoran Desain Bodi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Melalui akun Twitter-nya, seorang leakster yang memiliki rekam jejak cukup andal dalam membocorkan produk-produk Apple, ShrimpApplePro, membagikan gambar dan video CAD iPhone 15 Pro yang sebelumnya tidak terlihat.

Dalam video tersebut, dapat dilihat dengan jelas bahwa tombol volume telah berubah menjadi satu tombol terpadu yang kapasitif. Tombol silent geser juga digantikan dengan tombol tekan.

Nampaknya, tahun ini smartphone terbaru Apple ini akan mengadopsi tombol solid-slate baru dengan haptic feedback, mirip dengan tombol Home yang diperkenalkan pada iPhone 7. Dengan kata lain, tombol ini bekerja dengan mengidentifikasi tingkat tekanan yang diterima.

Tidak hanya itu, video tersebut juga menguatkan perkiraan tonjolan kamera yang lebih kecil pada iPhone 15 Pro Max. Beberapa laporan juga menunjukkan kemungkinan bezel yang lebih kecil dengan bingkai titanium pada bodi ponsel.

3 dari 4 halaman

Prediksi Penggunaan Port USB C pada iPhone 15 Pro

Perubahan port Lightning ke USB-C bisa jadi merupakan dampak dari adanya tekanan dari Uni Eropa yang mendorong produsen mengikuti standar pengisian daya umum pada semua jenis smartphone dan perangkat. 

Regulasi ini juga berlaku pada kamera digital, konsol video games, dan tablet yang mendukung teknologi pengisian baterai.

Pada aturan ini juga disebutkan bahwa setelah tanggal 28 Desember 2024, setiap produk yang dipasarkan di Uni Eropa wajib menggunakan port USB-C. Hal ini telah diresmikan dan dicatat dalam jurnal European Union Law 2022. 

Meskipun foto tersebut hanya menunjukkan bocoran untuk iPhone 15 Pro, pembaruan port akan hadir pada seluruh jajaran iPhone 15, termasuk iPhone 15 Plus dan Pro Max. Sementara itu, penyempurnaan desain pada seri ini akan mengikuti masing-masing model iPhone 15. 

4 dari 4 halaman

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Tidak Memiliki Perbedaan Tombol

Di sisi lain, berdasarkan file CAD yang dibagikan, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tampaknya tidak akan menambahkan desain tombol silent baru.

Perangkat ini diperkirakan akan mempertahankan model tombol lamanya, yaitu dengan jenis seperti saklar yang harus digeser. 

Namun, kemungkinan besar kedua ponsel ini akan hadir dengan Dynamic Island yang saat ini hanya terdapat di iPhone 14 seri Pro.

Melansir Phone Arena, Selasa (21/3/2023), sebagai referensi, jajaran iPhone 15 ini diprediksi akan debut sekitar bulan September. Karenanya, Apple masih memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai perubahan.