Sukses

Spesifikasi dan Harga Laptop Asus Vivobook 14 A1400 yang Baru Hadir di Indonesia

Berikut ini harga dan spesifikasi Asus Vivobook 14 (A1400) yang baru saja dirilis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Asus baru saja memboyong laptop terbaru mereka ke Indonesia, yaitu Asus Vivobook 14 (A1400), yang ditujukan untuk segmen consumer.

Perusahaan mengatakan, perangkat ini ditujukan untuk segmen mulai dari entry level, sampai ke pengguna yang membutuhkan laptop simpel tapi cukup bertenaga.

Asus pun menyebut, prosesor yang disematkan di Asus Vivobook 14 (A1400) tidak lagi menggunakan prosesor kelas bawah, sehingga akan menawarkan performa yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

Jimmy Lin, Regional Director Asus South East Asia mengungkapkan, sebelumnya laptop entry level mereka hadir dengan prosesor Intel Celeron, namun mereka sekarang sudah meningkatkan performanya.

Alasannya, saat ini pengguna membutuhkan perangkat laptop yang menawarkan performa lebih dari sebelumnya.

"Untuk itu, pada laptop mainstream generasi terbaru, prosesor yang kami sediakan mulai dari Intel Pentium Gold 7505 yang lebih bertenaga," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (10/4/2023).

Spesifik, laptop Asus yang satu ini menggunakan prosesor mulai dari Intel Pentium Gold 7505 sampai Intel Core Gen-11 i7-1165G7.

Asus juga menyedikan satu slot memori DDR4 SO-DIMM, sehingga laptop ini dapat menyokong memori yang lebih besar.

Penyimpanan juga dapat di-upgrade melalui satu slot SATA 2.5” yang dapat dimanfaatkan untuk menambah kapasitas penyimpanan menggunakan HDD atau SSD tambahan.

Asus Vivobook 14 (A1400) juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti USB 3.2 Type-C, port HDMI, USB 3.2 Type-A, dan 3.5mm combo audio jack.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Asus Vivobook 14 A1400

Berlanjut ke spesifikasi layarnya, perangkat ini telah memakai teknologi NanoEdge Display. Bezelnya juga tipis agar membuat ukuran layar terasa lebih luas. Screen-to-body ratio-nya sendiri sebesar 82 persen.

Asus selaint itu juga menyematkan layar dengan sudut penglihatan luas sebesar 178⁰ serta fitur anti-glare.

Desain perangkat, ada dua opsi warna yang bisa dipilih yaitu Indie Black dan Transparent Silver. Sementara bobotnya sebesar 1,6 kilogram dan ketebalan 1,99 cm.

Asus Vivobook 14 (A1400) juga masih menambahkan fitur pembaca sidik jari pada touchpad, untuk membantu pengguna masuk ke sistem tanpa harus mengetikkan password. Sementara untuk kamera, dihadirkan VGA Webcamera.

Laptop Asus Vivobook 14 (A1400) dilepas ke pasar Indonesia dengan harga mulai dari Rp 5.599.000. Perangkat ini juga hadir dengan Windows 11 Home.

3 dari 4 halaman

Asus Luncurkan Laptop Pertama yang Dibuat di Indonesia

Asus sebelumnya juga mengumumkan Asus ExpertBook P1 (P1412), jadi laptop pertama milik perusahaan asal Taiwan tersebut yang diproduksi di Indonesia.

ExpertBook P1 (P1412) menjadi laptop Asus dengan target segmen bisnis di pasar Indonesia, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), korporasi, serta untuk instansi pemerintahan.

Untuk spesifikasi Asus ExpertBook P1412, perusahaan mengungkapkan laptop Asus ini tersedia dalam pilihan spesifikasi yang beragam.

Berbeda dengan segmen consumer, produk untuk segmen B2B juga dinilai harus tersedia dalam kuantitas yang besar. Laptop ExpertBook P1 (P1412) menggunakan Intel Core Gen-11 yang bisa diproduksi dalam kuantitas besar.

Laptop ini hadir dalam pilihan prosesor Intel Core i3 sampai Intel Core i7. Layarnya menggunakan NanoEdge display, dengan sudut pandang sampai 178 derajat, lengkap dengan lapisan matte anti-glare.

Selain itu, laptop ini didukung RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24GB, yang juga dapat di-upgrade.

Untuk storage, digunakan dual-storage design, yang bisa menampung menampung SSD PCIe hingga kapasitas 1TB dan juga harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan berkapasitas hingga 1TB.

 

4 dari 4 halaman

Diklaim Kuat dari Sisi Keamanan

Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection. Meski tampilannya mirip dengan laptop seri consumer, namun fitur tersebut membuat daya tahan fisiknya jauh lebih kuat.

Untuk keamanan lainnya, dihadirkan pengamanan hardware TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk memastikan para penyerang tidak bisa menerobos sistem operasi dan melakukan pencurian data.

Sementara pada sisi keamanan fisik perangkat, tersedia pula security lock yang mencegah laptop dicuri, khususnya saat ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga dengan baik.

Fitur tambahan lainnya, laptop Asus ini juga membawa kamera yang mendukung 720p HD. Perangkat ini sendiri sudah dilepas ke pasar dengan harga mulai dari Rp 5.999.000.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.