Sukses

Samsung Galaxy S24 Ultra Bakal Hadir Tanpa Salah Satu Kamera Belakang

Berdasarkan tipster kenamaan Ice Universe, lini Galaxy S24 Ultra bakal tampil tanpa kamera telefoto.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memang belum mengungkap informasi apa pun tentang kehadiran Galaxy S24 series, namun beberapa bocoran tentang lini terbaru Galaxy S itu sudah beredar di internet.

Bocoran informasi terkini adalah tentang Galaxy S24 Ultra. Berdasarkan tipster kenamaan Ice Universe, lini Galaxy S paling premium ini bakal tampil tanpa kamera telefoto.

Sejak 2021, Samsung telah meluncurkan model Ultra di lini Galaxy S-nya menggunakan empat kamera belakang, dua di antaranya adalah unit telefoto - telefoto 3x digabungkan dengan unit telefoto periskop 10x.

Akan tetapi, untuk tahun ini perusahaan berbasis di Korea Selatan itu akan sedikit merubah pengaturan kamera di Galaxy S24 Ultra nanti.

Dilansir GSM Arena, Minggu (16/4/2023), Ice Universe mengklaim, Samsung memilih menghilangkan lensa telefoto 3x dan menggabungkannya ke telefoto periskop.

Sayang, Ice Universe tidak memberikan informasi lebih rinci tentang kemampuan lensa di HP Samsung paling premium tersebut nantinya.

Hanya saja dia mengatakan, telefoto itu bakal digantikan oleh lensa telefoto lipat dengan kemampuan zoom 3x hingga 10x.

Sebelumnya, Galaxy S24 Ultra bakal mengusung sensor telefoto baru ketimbang di generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, perusahaan asal Korea itu juga disebut-sebut bakal mengadopsi solusi baru untuk kemampuan kamera di HP Android tersebut.

Walau dia tidak menyebutkan Samsung akan pakai sensor telefoto apa, beberapa pihak meyakini ponsel itu akan menggunakan lensa periscope zoom.

Selain menggunakan sensor kamera baru, lensa utama Galaxy S24 Ultra mnasih tetap sama dengan di Galaxy S23 Ultra atau minim perbedaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samsung Disebut Lagi Garap Tablet Lipat Pertamanya, Galaxy Z Tab

Galaxy Tab S6 Lite yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. (Dok: Samsung Electronics Indonesia)

Di sisi lain, tablet Samsung generasi terbaru, seri Galaxy Tab S9, semakin mendekati status resminya. Tetapi, menurut seorang pengguna Twitter @Tech_Reve, tablet ini akan hadir bersamaan dengan tablet lipat pertama Samsung yang saat ini tengah dikembangkan perusahaan.

Usai meraih kesuksesan dengan smartphone seri Galaxy Z Flip dan Fold, bukan rahasia lagi kalau perusahaan teknologi Korea Selatan ini sedang giat-giatnya mengembangkan berbagai perangkat layar lipat.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (13/4/2023), perangkat lipat terbaru yang akan disebut Galaxy Z Tab ini bakal menjadi bagian dari seri lipat Galaxy Z. Sayangnya, tidak banyak rumor dan bocoran yang beredar terkait perangkat ini. Belum diketahui apakah tablet akan memiliki dua lipatan seperti rumor sebelumnya.

Berdasarkan gambar desain paten yang diajukan Samsung beberapa tahun lalu, ditunjukkan bahwa tablet membawa engsel ganda. Hal ini memungkinkan tablet dilipat ke depan atau ke belakang.

Nantinya, pengguna bisa memilih untuk menutup layar dengan lipatan ke depan, membuat tampilan layar yang lebih kecil dengan melipatnya ke belakang. 

Selain itu, rasio layar yang lebih lebar juga bisa dinikmati dengan membuka lipatan tablet untuk mendapatkan tampilan penuh.

Sebagai informasi, Samsung merupakan salah satu perusahaan pembuat ponsel yang telah lama mengembangkan rangkaian smartphone lipat. Kategori ponsel ini pun terus mengalami peningkatan peminat dan perluasan pasar dari tahun ke tahun.

3 dari 3 halaman

Desain Galaxy Z Tab Belum Dapat Dipastikan

Tiga tablet anyar Samsung Galaxy Tab S8 yang baru saja meluncur. (Dok: Samsung)

Meskipun telah beredar, gambar paten tidak selalu digunakan sebagai finalisasi produk. Bisa saja Samsung kembali membawa desain satu engsel seperti generasi Z Fold lainnya untuk menghemat ukuran tablet. 

Namun, dapat diperkirakan bahwa informasi lebih lanjut seputar perangkat ini akan hadir menjelang perilisan Galaxy Tab S9. 

Di sisi lain, Apple juga dikabarkan tengah menyiapkan perangkat lipat pertamanya yang lebih mungkin hadir di iPad dibandingkan iPhone.

Menurut seorang leaker (pembocor) Apple paling terkenal, Ming-Chi Kuo, perangkat ini akan diluncurkan pada sekitar tahun 2024.

Sementara itu, Samsung dilaporkan tengah menggarap tablet baru yang dipersiapkan meluncur tahun ini. Seperti tahun lalu, ada tiga model tablet yang diperkenalkan yakni Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, dan Galaxy Tab S9 Ultra.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (10/4/2023), meski belum terungkap seluruhnya, tablet Samsung ini sudah muncul dalam daftar Geekbench. Karenanya, informasi kunci mengenai tablet ini sudah mulai terungkap.

Salah satunya adalah ketiga tablet ini akan dipersenjatai chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Berdasarkan informasi yang diungkap dari Geekbench, Galaxy Tab S9 memiliki skor 1.929 untuk performa single-core dan 4.735 untuk performa multi-core.

Sementara Galaxy Tab S9+ memiliki performa yang lebih impresif, seperti skor 2.054 untuk single-core dan 5.426 untuk multi-score.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.