Sukses

Demi Rebut Medali SEA Games 2023 Kamboja, Timnas Esports CrossFire Indonesia Jalani Latihan di Tiongkok

Jelang SEA Games 2023 Kamboja, PBESI mengirim Timnas Esports CrossFire Indonesia, untuk menjalani training camp atau pemusatan latihan di Hangzhou, Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Mempersiapkan dan memantapkan diri jelang SEA Games 2023 Kamboja, Tim Nasional Esports CrossFire dikirim untuk menjalani training camp atau pemusatan latihan di Hangzhou, Tiongkok.

Mengutip siaran pers Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Rabu (26/4/2023), training camp digelar di hotel esports yang dioperasikan Tencent, di mana sudah dilengkapi juga dengan fasilitas latihan yang mumpuni.

Dalam pelatihan ini, Timnas juga akan melakukan latih tanding dengan tim-tim kuat asal Tiongkok, dalam rangka mengasah aspek-aspek teknis antara lain kecakapan bermain dan strategi, maupun non-teknis seperti kesiapan mental.

Sekretaris Jenderal PB ESI Frengky Ong mengungkapkan, seluruh Timnas Esports telah ditempa dengan serius melalui Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) yang digelar di The Bellezza, Jakarta.

Selain itu, PBESI juga telah memfasilitasi mereka dengan serangkaian kompetisi, untuk memperkuat semangat dan persiapan-persiapan non-teknis, demi kepentingan psikologi maupun kebugaran jasmani.

"Kegiatan training camp di Tiongkok untuk Timnas Crossfire merupakan bagian dari komitmen PB ESI, utamanya dalam terus mempertajam skill dan mengasah intuisi bertanding yang strategis," kata Frengky.

Diharapkan, semua persiapan yang dilakukan Timnas Esports dan didukung oleh para profesional dari berbagai bidang ini, dapat membuahkan prestasi yang optimal di SEA Games 2023 Kamboja.

Kepala Pelatih Timnas Yohannes Paraloan Siagian menambahkan, meski saat ini gim first-person shooter (FPS) CrossFire sudah tidak lagi dimainkan di Indonesia, kualitas atlet lokal masih terjaga.

"Buktinya, Timnas mampu menyumbang medali perunggu pada SEA Games ke-31 Vietnam 2021," kata Yohanes.

"Capaian ini meyakinkan kami bahwa dengan melakukan inovasi-inovasi terhadap persiapan tim, termasuk melalui training camp di Tiongkok, Timnas mampu menorehkan prestasi yang semakin tinggi pada putaran SEA Games kali ini."

 

2 dari 4 halaman

Roster Timnas CrossFire di SEA Games 2023

Untuk Timnas CrossFire Indonesia, akan terdiri dari tiga coach atau pelatih, serta enam atlet.

Berikut ini roster Timnas Esports CrossFire Indonesia, yang akan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja, seperti dikutip dari Instagram PBESI

Daftar Pelatih Timnas CrossFire SEA Games 2023

  • Andrew Joseph - Coach
  • Derry Alviano - Assistant Coach
  • Christian Indra Sudarsana - Assistant Coach

Roster Timnas CrossFire SEA Games 2023

  • Kautsar Faruqurrohman Ekatama
  • Ivan Supardi
  • Samuel Santosa
  • Muhammad Adrian Setiawan
  • Jason Adrian
  • Riddho Putra Muharam

Di SEA Games 2021 yang digelar 2022, Timnas Esports Indonesia berhasil meraih perunggu untuk nomor CrossFire. Tim Merah Putih kala itu diwakilkan oleh Kurniawan Yudi, Samuel Santosa, Evan Jordan, Derry Alviano, dan Gian Kurnadi.

SEA Games 2023 akan digelar pada 5 Mei hingga 17 Mei mendatang dengan negara Kamboja sebagai tuan rumahnya.

3 dari 4 halaman

Timnas Valorant Jalani Training Camp di Korea Selatan

Sebelumnya, dalam rangka mengoptimalkan latihan nomor gim first-person shooter (FPS) Valorant, pada Jumat malam 14 April 2023, timnas Indonesia dikirimkan ke Korea Selatan.

Rencananya, timnas Indonesia Valorant ini akan secara khusus mengikuti training camp atau pemusatan latihan komprehensif dan mutakhir.

Tak hanya itu, timnas Valorant Garuda juga berkesempatan berkesempatan untuk melakukan latih tanding dengan empat tim asal Korea Selatan.

Pada akhir kamp, evaluasi menyeluruh terhadap strategi yang disiapkan dan performa tim selama pelatihan akan menjadi bekal berharga menuju kejuaraan olahraga bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Frengky Ong menjelaskan, kegiatan training camp ini merupakan bentuk dari komitmen untuk meningkatkan rekam jejak esports sebagai olahraga prestasi, terutama dalam meraih prestasi tertinggi pada putaran SEA Games ke-32 di Kamboja pada tahun 2023.

"PB ESI sangat serius dalam visi dan misinya untuk mengembangkan esports sebagai cabang olahraga prestasi yang diakui baik di Indonesia maupun di dunia," kata Frengky di dalam keterangan resminya, Sabtu (15/4/2023).

4 dari 4 halaman

Jadi Nilai Tambah Bagi Pelatnas

Karena itu, PB ESI menetapkan target tinggi untuk SEA Games Kamboja pada tahun 2023.

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya, salah satunya melalui kerja sama dengan organisasi esports yang telah diakui secara internasional dalam mengadakan training camp untuk timnas Valorant," ujar Frengky.

Ketua Badan Tim Nasional Esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023, Tjahjono Prasetyanto, menambahkan program pelatihan di Korea Selatan akan menjadi nilai tambah bagi hasil pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

"Program di Korea Selatan ini akan menjadi nilai tambah bagi hasil Pelatnas yang telah berjalan dengan sangat optimal," kata Tjahjono.

Dia optimistis tim nasional Valorant akan mampu mencapai target yang telah dipercayakan kepada mereka.

(Dio/Ysl)