Sukses

Google Luncurkan Android 14 Beta 2, Intip Fitur Utama dan Daftar HP yang Kompatibel

Google menghadirkan berbagai peningkatan dengan Android 14 Beta 2, mulai dari kamera, medai, pengaturan privasi, hingga tampilan antarmuka, yang hanya bisa dijalankan pada sejumlah tipe hp tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Android 14 Beta 2 punya berbagai peningkatan yang signifikan di berbagai aspek, termasuk kamera, media, pengaturan privasi, dan lainnya. Pembaruan ini diumumkan selama konferensi Google I/O 2023.

Mengutip informasi dari Gizmochina, Senin (15/5/203), dukungan Ultra HDR 10-bit menjadi salah satu fitur utama yang ditambahkan. Fitur ini akan menghasilkan foto dengan warna-warna cerah dan kontras yang disempurnakan. 

Selain itu, Android 14 Beta 2 juga memungkinkan aplikasi dan extensions kamera untuk menjalani proses pengambilan gambar yang lebih panjang untuk meningkatkan kualitas foto low-light. 

Selanjutnya, Android 12 Beta 2 memperkenalkan dukungan untuk format audio lossless untuk headset berkabel USB. Artinya pengguna dapat terhubung ke headphone dan ampli audiophile tanpa mixing, penyesuaian volume, atau proses audio.

Lalu, Google juga membawa Health Connect ke fitur bawaan Android 14. Fitur ini menyimpan data kesehatan dan kebugaran pengguna dan memungkinkan user untuk mengelola data untuk dibagikan ke aplikasi kesehatan lainnya.

Pembaruan ini juga mencakup sistem antarmuka pengguna dan suatu alat bagi pengembang untuk meningkatkan produktivitas. 

Untuk fitur Android 14 Beta 2 lainnya, Google juga menghadirkan pengaturan izin runtime data lokasi baru yang akan memberi tahu pengguna tiap kali aplikasi ingin berbagi data dengan pihak ketiga. 

Dengan pembaruan ini, pengguna akan menerima notifikasi jika aplikasi mereka mengubah praktik berbagi data mereka. Halaman pembaruan ini akan tersedia di pengaturan perangkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembaruan untuk Pengembang

Untuk membuat transisi yang mulus antar aktivitas dalam aplikasi, Google juga memperkenalkan animasi dan komponen material animasi dan API baru.

Pembaruan ini memungkinkan pengembang atau developer membuat transisi dalam aplikasi Android khusus. Mereka juga dapat mengaktifkan animasi back sistem prediktif berdasarkan aktivitas pengguna. 

Android 14 Beta 3 diharapkan hadir pada Juni mendatang. Google kemudian akan menghadirkan dua rilis beta lanjutan sebelum meluncurkan versi finalnya. 

Sayangnya, versi Beta 2 dari sistem operasi terbaru ini tidak dapat dijalankan di semua perangkat Android. Untuk mengetahui HP apa saja yang kompatibel, simak daftar berikut.

3 dari 4 halaman

Daftar HP yang Mendukung Android 14 Beta 2

Update Android 14 Beta 2 akan tersedia untuk perangkat dari iQOO, Nothing, Lenovo, OnePlus, Oppo, realme, vivo, Xiaomi, Tecno, dan lainnya. 

Meskipun masih terbatas, Google terus memperluas jangkauan sistem operasi baru ini ke berbagai merek smartphone lainnya. Berikut ini daftar tipe HP yang kompatibel untuk menjalankan Android 14 Beta 2.

Daftar HP yang Mendukung Android 14 Beta 2

  • Pixel 4a
  • Pixel 5 and 5a
  • Pixel 6 and 6 Pro
  • Pixel 6a
  • Pixel 7 and 7 Pro
  • Pixel 7a
  • Pixel Fold
  • OnePlus 11
  • Nothing phone (1)
  • Xiaomi 12T, Xiaomi 13 and Xiaomi 13 Pro
  • iQOO 11
  • Vivo X90 series
  • Realme GT 2 Pro
  • Oppo Find N2 Flip
  • Lenovo Tab Extreme
  • Tecno Camon 20 series
4 dari 4 halaman

Deretan HP Samsung yang Bisa Update ke Android 14

Samsung akan mulai memperbarui model smartphone yang kompatibel dengan mengintegrasikan versi baru Android ke antarmuka One UI 6.0.

Adapun smartphone Samsung yang sudah pasti bakal dapat update Android 14 dan One UI 6.0 adalah Galaxy S21 Series termasuk Galaxy S21 FE dan setiap smartphone seri Galaxy S series yang masih memenuhi update yang dijanjikan hingga empat tahun ke depan.

Sementara itu, Galaxy A33, Galaxy A53, Galaxy A73 dan model-model selanjutnya juga masih bisa mendapatkan update One UI 6.0.

Namun, ada sederetan smartphone Samsung yang tidak akan mendapatkan update One UI 6.0 berbasis Android 14.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.