Sukses

Samsung Perbaiki Bug Lock Screen di One UI 5.1 yang Buat Layar Smartphone Mati Mendadak

Samsung telah mengatasi bug lock screen yanag membuatnya tidak berfungsi dengan baik setelah sistem operasi ponsel diperbarui ke One UI 5.1.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Samsung menanggapi keluhan pengguna perangkat Galaxy yang mengalami masalah di lock screen perangkat mereka. Menanggapi keluhan tersebut, perusahaan pun mengakui lock screen tidak berfungsi dengan baik setelah perangkat diperbarui ke One UI 5.1.

Melalui Twitter dan forum Reddit, beberapa pengguna HP Samsung melaporkan layar ponsel mereka kerap mendadak mati dan terkunci ketika sedang digunakan. Kemudian ketika pengguna mencoba membukanya kembali, layar akan menampilkan warna gelap.

Namun, itu bukanlah masalah satu-satunya. Pengguna lainnya menyatakan gaya jam digital di lock screen mereka kembali ke tampilan default setelah menerapkan wallpaper baru.

Selain itu, palet warna yang telah dikustomisasi juga tidak berfungsi di smartphone Samsung mereka. Parahnya, sejumlah pengguna bahkan tidak dapat mengakses UI edit lock screen yang menyulitkan mereka untuk mengubah tampilan layar kunci sesuai keinginan. 

Mengutip informasi dari Gizchina, Sabtu (27/5/2023), Samsung mengatakan bahwa sistem One UI 5.1 memiliki bug lock screen.

Untuk mengatasi hal ini, Samsung telah menggulirkan pembaruan guna memperbaiki bug. Samsung mengimbau pengguna agar memeriksa ketersediaan pembaruan dan segera melakukan update One UI 5.1 terbaru.

Untungnya, masalah ini dapat segera teratasi. Setelah menginstal pembaruan, pengguna melaporkan bug One UI 5.1 tersebut sudah bisa diatasi.

Kalau kamu menemukan masalah yang sama, cobalah untuk memperbarui sistem operasi kamu. Update dapat diakses melalui “Settings”, lalu pilih “Software Update”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

One UI 5.1 Memperlambat Kinerja HP dan Masa Pakai Baterai Berkurang

Selain masalah pada layar kunci, One UI 5.1 juga dikabarkan membuat kinerja ponsel menjadi lambat. 

Sementara itu, pengguna lainnya melaporkan masa pakai baterai turut menurun secara signifikan setelah OS Samsung ini diperbarui.

Hal ini tentu mengganggu aktivitas pengguna, terutama yang aktif memakai ponselnya untuk berbagai kegiatan.

Sayangnya, hingga saat ini Samsung belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa keluhan di atas. Karenanya, masalah ini belum mendapat panganan oleh perusahaan. 

Meskipun begitu, kemungkinan besar Samsung juga akan meluncurkan pembaruan lain untuk memperbaikinya dalam waktu dekat. Untuk itu, Pengguna dapat terus memantau update terkini agar masalah tidak kembali terjadi. 

3 dari 4 halaman

Tak Semua HP Samsung Galaxy Dapat Update One UI 6.0 dan Android 14

Di sisi lain, belum lama ini Samsung juga mengumumkan kehadiran Android 14, dalam beberapa waktu mendatang.

Samsung telah mempersiapkan untuk mengintegrasikan versi terbaru update One UI 6.0 ke Android 14. Perusahaan asal Korea Selatan ini bakal segera mendistribusikan Android 14 ke smartphone mereka yang kompatibel.

Mengutip Gizchina, Kamis (4/5/2023), Android 14 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Android. Versi OS ini diharapkan akan hadirkan beberapa fitur baru dan peningkatan pada perangkat Samsung.

Samsung menyebut pihaknya telah bekerja sama dengan Google untuk memastikan bahwa versi baru ini terintegrasi dengan mulus ke smartphone atau perangkatnya. One UI 6.0 juga diharapkan bisa hadirkan beberapa fitur baru dan peningkatan pada antarmuka pengguna.

Kendati demikian, tidak semua model HP Samsung akan menerima update One UI 6.0 berbasis Android 14.

4 dari 4 halaman

Deretan HP Samsung yang Bisa Update ke Android 14

Samsung akan mulai memperbarui model smartphone yang kompatibel dengan mengintegrasikan versi baru Android ke antarmuka One UI 6.0.

Adapun smartphone Samsung yang sudah pasti bakal dapat update Android 14 dan One UI 6.0 adalah Galaxy S21 Series termasuk Galaxy S21 FE dan setiap smartphone seri Galaxy S series yang masih memenuhi update yang dijanjikan hingga empat tahun ke depan.

Sementara itu, Galaxy A33, Galaxy A53, Galaxy A73 dan model-model selanjutnya juga masih bisa mendapatkan update One UI 6.0.

Namun, ada sederetan smartphone Samsung yang tidak akan mendapatkan update One UI 6.0 berbasis Android 14. Beberapa di antaranya adalah:

  • Galaxy S10 Lite
  • Galaxy S20 FE
  • Galaxy S20
  • Galaxy S20 Plus
  • Galaxy S20 Ultra
  • Galaxy Note 10 Lite
  • Galaxy Note 20
  • Galaxy Note 20 Ultra
  • Galaxy Z Flip
  • Galaxy Z Fold 2
  • Galaxy A22
  • Galaxy A32
  • Galaxy A51
  • Galaxy A71

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.