Sukses

Aplikasi ChatGPT iOS Mulai Dirilis ke Lebih Banyak Negara, Indonesia Mohon Bersabar

OpenAI mulai meluncurkan aplikasi ChatGPT untuk iOS iPhone ke lebih banyak negara. Namun tampaknya, pengguna di Indonesia masih harus sedikit lebih bersabar.

Liputan6.com, Jakarta - OpenAI mulai meluncurkan aplikasi iOS ChatGPT untuk iPhone, ke lebih banyak negara, setelah sebelumnya hanya dirilis di Amerika Serikat.

Pekan lalu, seperti dikutip dari akun Twitter resminya, Senin (29/5/2023), OpenAI mengumumkan bahwa aplikasi ChatGPT untuk iOS iPhone mulai dirilis ke lebih dari 30 negara.

Negara-negara tersebut adalah Algeria, Argentina, Azerbaijan, Bolivia, Brasil, Kanada, Chili, Kosta Rika, Ekuador, Estonia, Ghana, India, Irak, Israel, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Lebanon, Lithuania.

Lalu negara yang kebagian aplikasi ChatGPT iOS lainnya adalah Mauritania, Mauritius, Meksiko, Maroko, Namibia, Nauru, Oman, Pakistan, Peru, Polandia, Qatar, Slovenia, Tunisia, dan Uni Emirat Arab.

Sehari sebelumnya, aplikasi ChatGPT juga dirilis untuk 11 negara: Albania, Kroasia, Prancis, Jerman, Irlandia, Jamaika, Korea, Selandia Baru, Nicaragua, Nigeria, dan Britania Raya.

Sejauh ini, belum ada kabar kapan pengguna iPhone di Indonesia bakal bisa mulai mengunduh aplikasi resmi ChatGPT. Selain itu, OpenAI juga baru belum mengumumkan kapan aplikasi chatbot AI ini akan dirilis untuk pengguna Android.

Meski begitu, dilansir Tech Crunch, baru diluncurkan enam hari di Amerika Serikat atau sejak 18 Mei, peminat aplikasi ini dilaporkan tinggi, dengan tercatat setengah juta download menurut data.ai.

Aplikasi ChatGPT sendiri dirilis secara gratis, menjadikannya aplikasi smartphone resmi pertama untuk model bahasa viral ini, bersaing dengan aplikasi AI seluler pihak ketiga lain yang berbasis API GPT-3.5 dan GPT-4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Aplikasi ChatGPT

Dari segi fitur, aplikasi ini terlihat seperti ChatGPT versi web, dengan tambahan input perintah suara menggunakan pengenalan suara Whisper dari OpenAI.

Aplikasi ini juga memungkinkan peralihan antara model bahasa standar dan GPT-4 untuk pelanggan ChatGPT Plus, serta riwayat percakapan (disinkronkan dari desktop jika kamu masuk dengan akun sama).

Ditambah kemampuan untuk mengekspor data dan menghapus atau mengganti nama percakapan. Namun, plugin OpenAI yang baru diluncurkan, termasuk akses web langsung, belum tersedia.

Selain itu, versi App Store saat ini hanya dibuat untuk iPhone, jadi pengguna iPad harus tetap menggunakan situs web ChatGPT atau menggunakan aplikasi iOS yang ditingkatkan ke ukuran tablet.

3 dari 4 halaman

Pengertian ChatGPT

Buat yang belum familiar, ChatGPT adalah chatbot model mesin pembelajaran yang telah dilatih untuk memahami bahasa manusia dan menghasilkan teks manusia terstruktur dan dapat dimengerti.

ChatGPT menggunakan pendekatan deep learning untuk menghasilkan teks, dan bekerja dengan cara mempelajari pola bahasa manusia dari berbagai sumber data di internet, termasuk teks yang ada di situs web, buku, artikel, dan dokumen lainnya.

Setelah mempelajari pola bahasa manusia, chatbot ini dapat menghasilkan teks secara otomatis dengan cara memprediksi kata-kata berikutnya berdasarkan kata-kata sebelumnya dalam teks.

"Format ini memungkinkan Chat GPT menjawab pertanyaan, mengakui kesalahan, menantang premis salah, dan menolak permintaan tidak pantas," tulis OpenAI dalam unggahan saat ChatGPT rilis.

Meski memiliki kemampuan yang menjanjikan, bot ini tetap mempunyai batasan. Saalh satunya adalah informasi yang ditampilkan kadang tidak terlalu aktual.

Kendati demikian, ChatGPT saat ini belum bisa menjelajah internet atau mengakses informasi eksternal. Karenanya, sistem ini baru memberikan jawaban atau saran untuk pertanyaan yang lebih bersifat lokal, seperti rekomendasi restoran di kota tertentu.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan ChatGPT

Cara Daftar ChatGPT

ChatGPT ini sudah bisa dipakai oleh semua orang dan gratis. Pengguna pun tidak perlu instal aplikasi dari Google Play atau App Store. Bila tertarik, kamu dapat mengakses ChatGPT OpenAI ini melalui browser. Berikut cara pakainya:

  1. Buka situs https://chat.openai.com di PC/laptop atau smartphone.
  2. Setelah itu, kamu akan diminta untuk login sebelum menggunakan ChatGPT.
  3. Bila belum punya login, kamu dapat mendaftarkan diri menggunakan email atau langsung pakai akun Google atau Microsoft.
  4. Setelah registrasi, buka link di poin (1) menggunakan akun OpenAI yang sudah dibuat.
  5. Kamu akan dibawa ke laman dashboard dan bisa langsung chatting dengan ChatGPT menggunakan boks chat AI di bawah laman.

Cara Pakai ChatGPT

  1. Tulis pertanyaan atau topik yang ingin kamu bicarakan dengan ChatGPT di kotak chat.
  2. ChatGPT akan memberikan balasan atau jawaban atas pertanyaan atau topik yang kamu berikan.
  3. Kamu bisa terus berinteraksi dengan ChatGPT dengan mengetik pertanyaan atau topik lainnya yang ingin dibahas.
  4. Jika kamu ingin mengakhiri sesi chatting dengan ChatGPT, cukup tutup halaman chat atau tutup aplikasi yang kamu gunakan untuk chatting.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.