Sukses

Putri Ariani Balas Komentar Instagram Pakai Fitur Talkback, Warganet: Selama Ini Kirain Pakai Admin

Ramai video yang memperlihatkan Putri Ariani, penyanyi 17 tahun yang memukai Simon Cowell di ajagn America's Got Talent 2023 tengah membalas komentar warganet di Instagram meski dirinya memiliki keterbatasan. Putri Ariani menggunakan fitur Talkback dan mendapat pujian dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ariani, gadis 17 tahun asal Indonesia, langsung dikenal masyarakat Indonesia setelah penampilannya mendapatkan Golden Buzzer di America's Got Talent 2023 viral di internet.

Segala sesuatu mengenai remaja yang punya suara merdu ini menarik perhatian warganet. Mulai dari lantunan ayat Al-Quran yang menyentuh hati banyak orang, sampai ke profilnya yang bikin penasaran.

Terbaru, warganet bertanya-tanya bagaimana cara Putri Ariani membalas komentar di akun Instagramnya, mengingat ia adalah seorang tunanetra.

Salah satu cara Putri Ariani untuk membalas komentar warganet di kolom komentar Instagramnya adalah menggunakan fitur Talkback di smartphone Android.

Sekadar informasi, fitur Talkback merupakan fitur khusus untuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau difable, agar tetap dapat mengoperasikan Android dengan suara.

Pada dasarnya, Talkback adalah pembaca layar Google yang disertakan di perangkat Android. Dengan mengaktifkan fitur Talkback, pengguna memiliki kontrol atas perangkat, tanpa perlu melihatnya.

Menggunakan fitur Talkback pula, mereka yang memiliki keterbatasan, salah satunya penglihatan, seperti Putri Ariani bisa mengakses aplikasi media sosial dan membalas komentar-komentar dari warganet.

Putri Ariani pun memperlihatkan bagaimana caranya membalas komentar. Dalam video yang lagi-lagi viral itu, Putri Ariani menggunakan fitur Talkback untuk mendengarkan komentar yang ditulis warganet. Ia pun mengetikkan jawaban dengan tombol keyboard virtual di smartphonenya.

Rupanya, kemandirian Putri Ariani membalas komentar warganet tanpa bantuan orang lain membuat warganet kagum dan memujinya. Uniknya, ada pula warganet yang beranggapan kalau selama ini jawaban komentar di akun Instagram Putri Ariani dituliskan oleh orang lain.

Lihat videonya di sini

2 dari 4 halaman

Warganet Pikir Putri Ariani Balas Komentar Pakai Admin

"Setiap HP ada settingan yang namanya Talkback. Nah Talkback ini yang bisa buat HP bersuara kalau ada notifikasi, bacain tiap tulisan yang ada dengan cara diketuk di layar, nyebutin nama-nama aplikasi, dan lainnya," kata @Rev***.

"Di HP Android kan emang udah ada ya fitur-fitur buat membantu temen-temen difabel berkomunikasi menggunakan HP. Fitur voice to speech dan semacamnya itu yang bisa mentranslate ucapan kita jadi tulisan," kicau @bad***.

Pengguna internet lainnya memuji selain memiliki paras cantik, Putri Ariani juga multitalenta.

"Allah itu beneran sebaik itu, setiap orang pasti punya kelebihan masing-masing. Dia cantik, terus juga multitalenta, Sukses terus ya Putri," kicau @paw***.

3 dari 4 halaman

Punya Keterbatasan Tetapi Bisa Berkarya

Warganet yang lain menyebut, selain memiliki talenta di bidang tarik suara, Putri Ariani juga memiliki banyak bakat. "Putri Ariani ini emang banyak bakatnya termasuk ini, dia bisa ngelawak," kata @flk***.

Pengguna Twitter dengan akun @gtw*** pun menyemangati Putri Ariani yang memiliki keterbatasan tetapi tetap bisa berkarya.

"Difable not disable. Jangan pernah berhenti mencapai impianmu walaupun kamu punya kekurangan tapi itu bukan berarti dapat menjadi penghalangmu buat bersinar. You did well, Putri Ariani," kicaunya.

"Selain bertalenta nyanyi, dia juga good attitude. Sukses terus Putri, semoga bisa juara 1 ya," kicau @rac***.

Kemandirian Putri Ariani memanfaatkan fitur aksesibilitas di perangkat Android pun mendapat pujian dari pengguna Twitter. Pengguna dengan akun @qle*** menyebut Putri Ariani menginspirasi.

"MasyaAllah keren banget menginspirasi," kicaunya.

 

4 dari 4 halaman

Cara Aktifkan Fitur Talkback

Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur “Talkback” di HP Android Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Aktifkan Fitur Talkback:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android Anda.
  • Pilih menu Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Pilih menu Talkback atau Layanan Suara.
  • Aktifkan fitur Talkback dengan menggeser tombol ke kanan, dan mendengar suara memberitahukan fitur Talkback sudah aktif.
  • Anda juga akan mendengar suara yang memberikan instruksi tentang cara menggunakan fitur Talkback.
  • Anda bisa mengatur volume, kecepatan, bahasa, dan preferensi lainnya dari fitur Talkback sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah fitur Talkback aktif, Anda bisa menggunakan HP Android Anda dengan suara. Anda bisa menyentuh layar untuk mendengar informasi yang ada di layar.

Anda juga bisa menggeser jari Anda ke atas, bawah, kiri, atau kanan untuk berpindah antara item yang ada di layar. Anda juga bisa mengetuk dua kali layar untuk memilih atau membuka item yang ada di layar.