Sukses

MPL ID Season 12 Mulai Digelar 13 Juli 2023, Ini Jadwal dan Daftar Tim yang Bertanding

Berikut tim yang akan bertanding di MPL Indonesia Season 12, beserta jadwal MPL ID S12 yang akan digelar mulai Juli 2023 mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Moonton secara resmi mengumumkan tanggal, lokasi, dan skema penyelenggaraan Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia atau MPL ID Season 12.

Direncakan akan kembali digelar di MPL Arena, XO Hall, Jakarta Barat, MPL ID Season 12 bakal diselenggarakan pada 13 Juli sampai 24 September 2023 untuk Regular Season.

Mengutip siaran pers, Kamis (22/6/2023), akan ada sejumlah transfer pemain, perubahan schedule dan rulebook, prize pool, hingga tim baru yang berlaga di MPL musim ke-12 ini yaitu Dewa United Esports.

Kemudian, untuk jadwal MPL ID Season 12 babak Playoff akan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 15 Oktober 2023.

Moonton menyebut, dengan bergabungnya Dewa United, format MPL Indonesia akan sedikit berbeda, dengan total pertandingan di babak Regular Season akan jadi 72 pertandingan dengan 2-2-3-2 mulai dari hari Jumat sampai Minggu.

Daftar Tim MPL ID S12

Dengan bergabungnya Dewa United, berikut ini daftar 9 tim yang akan bertanding di MPL Indonesia Season 12:

  1. Alter Ego
  2. Aura Fire
  3. Bigetron Alpha
  4. Dewa United Esports
  5. Evos Legends
  6. Geek Slate
  7. Onic Esports
  8. Rebellion Zion
  9. RRQ

Seperti di turnamen sebelumnya, MPL ID S12 juga nantinya akan mencari tim Mobile Legends mana yang berhak menjadi wakil tim dari Indonesia, yang akan berlaga di kompetisi MLBB paling bergengsi di dunia, M5 World Championships di Filipina akhir 2023.

"Di Season ini, evolution atau evolusi menjadi salah satu payung kami pada musim ini Season 12 untuk membangkitkan musim kompetisi yang lebih kuat," ujar Azwin Nugraha, Marketing Communications Manager Esports Moonton Indonesia

Azwin mengatakan, beberapa hal yang jadi sorotan adalah topik perbincangan menarik mulai dari bergabungnya pemain baru atau pemain veteran di MPL ID S12 ini.

2 dari 4 halaman

Total Hadiah Setara Rp 5 Miliar

"Selain itu, prize pool MPL ID juga berbeda dari season sebelumnya menjadi USD 336.500 atau setara Rp 5 miliar," kata Azwin.

Penggemar esports MLBB pun juga sudah bisa membeli tiket MPL ID S12 melalui platform e-commerce Blibli mulai Rabu, 21 Juni 2023, dengan harga tiket mulai dari Rp 85.000.

Moonton juga menawarkan skin gratis dengan total nilai hingga Rp 184 juta, bagi 1.500 pembeli pertama tiket Regular Season.

3 dari 4 halaman

Dewa United Esports Resmi Gabung MPL ID Season 12

Sebelumnya, Moonton juga secara resmi mengumumkan bergabungnya Dewa United Esports sebagai tim ke-9 sekaligus pendatang baru dalam turnamen MPL Indonesia.

Ini pun menjadi debut dari Dewa United Esports dalam kompetisi MLBB profesional berskalan nasional tersebut.

"Turut bangga dengan potensi dan pencapaian yang diraih oleh para roster Dewa United Esports, apalagi kini bisa masuk ke MPL," kata David, CEO Dewa United Esports, mengutip siaran pers, Kamis (22/6/2023).

"Semoga apa yang diharapkan bisa terwujud dan MPL bisa menjadi awal yang baik bagi Dewa United Esports ke depannya," imbuhnya.

Dewa United Esports pun menyatakan bahwa mereka optimistis bisa menjadi tim esports MLBB yang dapat meraih torehan positif di turnamen MPL ID Season 12.

4 dari 4 halaman

Sudah Berkiprah di MDL ID

Dewa United Esports didirikan pada tahun 2021. Mereka sebelumnya telah berlaga di Mobile Legends: Development League atau MDL sejak musim ke-3, dengan performanya yang terbilang selalu meningkat.

Pada MDL ID Season 7 awal 2023 ini, mereka berhasil meraih posisi Runner-Up, setelah bertemu dengan EVOS Icon di babak Grand Final.

Di MPL ID S12, Dewa United pun akan bertemu dengan 8 tim yang sudah malang melintang di kompetisi ini yaitu Alter Ego Esports, AURA Fire, Bigetron Alpha, EVOS Legends, Geek Slate, RRQ, ONIC Esports, dan Rebellion Zion.

(Dio/Dam)