Sukses

Cuma Mampir di Indonesia, Kamera Oppo Find X6 Pro 5G Memang Secanggih Apa?

Berikut ini fitur dan teknologi yang dalam fitur kamera di Oppo Find X6 Pro 5G, yang sayangnya tidak masuk ke Indonesia

Liputan6.com, Bali - Meski hanya rilis di Tiongkok, namun Oppo rupanya tetap memamerkan kemampuan dan fitur-fitur fotografi dari Oppo Find X6 Pro 5G di Indonesia, kepada beberapa awak media dari negara-negara Asia Tenggara.

Bai Lan, Imaging Product Manager Oppo mengungkapkan, saat diluncurkan, kemampuan dari Oppo Find X6 Pro mendapatkan respons yang sangat positif, baik dari pengguna biasa maupun kalangan profesional.

"Kami ingin memberikan semua pengguna kemampuan untuk menghasilkan dan mengambil foto tanpa peduli kondisi terang atau gelap," kata Bai Lan dalam acara Oppo APAC Vitality Imaging Tour di Bali, Rabu (27/6/2023).

Jika menilik fitur fotografinya, Find X6 Pro membawa konsep tiga kamera utama pada bagian belakang.

Di sini, Oppo menempatkan sensor 50 MP SONY IMX 989 dengan sensor 1 inci berfitur OIS, 50 MP SONY IMX890 sebagai sensor kamera telefoto dengan fitur OIS, dan 50 MP SONY IMX890 untuk kamera sudut lebar yang juga dapat digunakan untuk fitur makro.

Sementara untuk perekaman, Oppo melengkapi perangkat ini dengan Dolby Vision 4K HDR video, dan kamera selfie diserahkan pada 32 MP SONY IMX709.

Yang menarik, terdapat kemampuan Telefoto di Find X6 Pro 5G, yang mendukung perbesaran hingga 3x optical zoom, 6x hybrid zoom, dan 120x zoom digital. Selain itu, Find X6 Pro 5G juga disematkan teknologi dari Hasselblad dan NPU MariSilicon X.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan Teleportrait dengan perbesaran hingga 3x, sehingga pengguna dapat mengambil gambar bokeh, di posisi yang lebih jauh daripada sebelumnya, namun tetap menghasilkan foto yang oke.

Kemampuan ini juga membuat Oppo Find X6 Pro 5G diganjar skor 153 pada tes kamera DXO Mark.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Kamera Tak Disimpan untuk Find X6 Pro Saja

Sayangnya, ponsel ini dipastikan tidak bakal hadir di Indonesia. Namun, menurut Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A., kemampuan yang ada di ponsel ini juga tak akan serta merta tetap disimpan di Oppo Find X6 Pro 5G.

Menurut Aryo, yang banyak diinginkan pengguna adalah handset dengan kelengkapan lensa seperti yang dipakai Find X6 yaitu telepotret.

"Karena telepotret populer, jadi kami berupaya memperkenalkan teknologi kamera ini kepada masyarakat," tutur Aryo.

Ia menuturkan, ke depan Oppo Indonesia akan memperkenalkan ponsel baru dengan teknologi yang ada di Find X6, tapi dengan harga lebih dijangkau.

"Ke depan, kami bisa memperkenalkan teknologi yang ada di Oppo Find X6 tapi dengan harga yang lebih bisa dijangkau banyak orang, sehingga teknologi tersebut bisa dinikmati banyak orang. Goals-nya untuk Indonesia seperti itu," Aryo memungkaskan.

Sementara, terkait absennya Oppo Find X6 Pro 5G di Indonesia, Aryo mengatakan pihak headquarter Oppo sebelum memutuskan sebuah perangkat masuk, akan melakukan survei terlebih dahulu.

"Nah, survei itu memang lebih condong dengan bentuk baru smartphone, di mana bentuk baru itu diwakili oleh Find N seperti Find N2 Flip, N3 Flip, N4 Flip, dan seterusnya," ungkap Aryo di Bali, Senin (26/6/2023).

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Oppo Find X6 Pro 5G

Untuk spesifikasi, Find X6 Pro 5G didukung prosesor Snapdragon 8 Gen 2, HP ini membawa peningkatan 45 persen dalam sisi penggunaan daya.

Selain itu, terdapat 3 pilihan konfigurasi RAM dan penyimpanan, 12GB + 256GB, 16GB + 256GB dan 16GB + 512GB.

Di antara pendahulunya, perangkat ini membawa kapasitas baterai yang paling besar di antara Find Series yang sudah ada, yaitu 5000mAh.

Baterai besar ini dilengkapi pengisian daya paling cepat diantara Find series yakni 100W SUPERVOOC yang disebut dapat mengisi penuh 100 perden dalam 28 menit.

Fitur lainnya adalah 50W AIRVOOC, pengisian daya nirkabel yang dapat mengisi penuh perangkat hanya dalam kurun waktu 52 menit.

Perangkat ini sudah hadir dengan  sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis Android 13, dan sudah mendapatkan versi beta ColorOS 14 berbasis Android 14. Sayangnya, Oppo Find X6 Pro 5G, hanya dirilis di Tiongkok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini